IBX5A2F9222D4AE8

Sabtu, 21 Juli 2018

Benarkah Motif Zebra Berfungsi Menjaga Kestabilan Suhu Tubuh ?

Pola menarik pada setiap hewan di muka Bumi ini memang kadang mengundang tanya. Seperti motif hitam putih pada zebra yang hingga kini masih memusingkan para peneliti. Mengapa mereka bermotif demikian dan apa fungsinya? Sebuah teori yang tercetus menyebut jika zebra memiliki pola belang agar tetap dingin di bawah terik matahari. Gagasan ini didukung oleh temuan bahwa zebra yang hidup di iklim yang hangat memiliki lebih banyak garis yang menutupi seluruh tubuh mereka dibandingkan dengan zebra di daerah yang lebih dingin. Idenya adalah garis hitam dan putih pada zebra menyerap dan memantulkan panas yang berbeda. 

 Hasil gambar untuk zebra

Ini secara teori akan menciptakan pusaran kecil antara garis-garis ketika udara panas sehingga tubuh zebra menjadi lebih dingin. Akan tetapi, baru-baru ini hipotesis tersebut dibantah oleh Susanne Ã…kesson, ahli biologi dari Lund Univesity di Swedia. Ia dan timnya mencoba menguji teori tersebut dengan menyimulasikan tubuh zebra menggunakan tong air. Para peneliti kemudian menutupi tong dengan berbagai pola kulit imitasi, mulai dari garis-garis hitam dan putih, hitam polos, putih polos, coklat dan abu-abu. Tong kemudian ditempatkan di bawah sinar matahari dan diukur suhunya. Terlihat jika tong hitam adalah yang terpanas dan yang putih paling dingin. Begitu juga yang terjadi pada tabung bergaris serta abu-abu, suhunya tidak turun.

"Ini membuktikan jika garis tidak menurunkan suhu pada zebra," kata Susanne Akesson yang telah mempublikasikan studi ini dalam jurnal Scientific Reports. Dengan begitu, pola garis zebra tampaknya memang belum benar-benar terpecahkan. Sebelumnya, ada teori lain yang mengemukakan jika garis-garis terang dan gelap akan memantulkan cahaya terpolarisasi, cahaya yang muncul ketika sinar matahari terpantul pada permukaan gelap. Oleh karena itu, motif garis ini diduga dapat mencegah zebra dari lalat penghisap darah serta serangga lain yang gemar hinggap pada hewan itu. Namun, dugaan ini masih belum diuji secara ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *