IBX5A2F9222D4AE8

Senin, 07 Mei 2018

Panda Di Pusat Penelitian Di China Kehilangan Lingkaran Hitam DIkedua Matanya

12 panda yang tinggal di Pusat Penelitian dan Penangkaran Panda di Chengdu, Sichuan, China dilaporkan kehilangan lingkaran hitam pada kedua matanya. Lingkaran hitam pada mata panda adalah ciri paling khas yang digunakan mereka untuk mengenali sesamanya. Liu Qinglin, dokter hewan yang memeriksa kondisi panda tersebut mengatakan, ke-12 panda tidak hanya kehilangan lingkaran hitam di matanya tetapi juga menderita ulkus atau luka di sekitar mata. 12 panda yang terdampak ini kini sudah di karantina di penangkaran.


Dilaporkan Quartz, Jumat (4/5/2018), Liu bersama dokter kulit Ran Yuping telah memeriksa ke-12 panda sejak Januari, setelah beberapa foto panda viral di media sosial China. Sayangnya mereka belum menemukan penyebab dari perubahan bentuk fisik panda hingga saat ini.

Para ilmuwan pun telah mengesampingkan dugaan uveoencephalitis, penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan atau pemutihan rambut. Pada Januari, pusat penangkaran mengeluarkan pernyataan ada 10 panda yang terinfeksi tungau, kemudian jumlahnya bertambah menjadi 12. Menurut pernyataan tersebut, tungau dan parasit menyebabkan kerontokan. Tungau dan bakteri ini berkembang karena lingkungan Sichuan yang lembab. Namun, pengobatan untuk mengusir tungau terbukti tidak efektif. Pihak penangkaran kini sedang mempertimbangkan pengobatan lain.

Bukan kasus pertama Hal seperti ini juga pernah menimpa sepasang panda bersaudara yang tinggal di kebun binatang Hangzhou, China. Saat itu kebun binatang mengatakan lunturnya lingkaran hitam di mata panda disebabkan oleh tungau. Hal ini tidak berakibat fatal dan keduanya dikembalikan ke tempat kelahiran mereka di penangkaran Chengdu pada 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *