IBX5A2F9222D4AE8

Rabu, 28 Februari 2018

Solusi Tepat Bagi Anda yang Sudah Kecanduan Gawai

Dewasa ini, merupakan hal yang wajar jika seseorang memakai setidaknya satu buah gadget atau gawai setiap harinya. Selain itu, bukan suatu pemandangan yang aneh jika dimana pun Anda pergi, pasti orang-orang disekitar Anda lebih berfokus atau terpaku pada gawai mereka. Baik dewasa sampai dengan anak-anak pada saat ini, semuanya sudah terbiasa memakai alat tersebut dan hampir tidak bisa lepas dari benda tersebut. Mereka menggunakannya untuk mengakses media sosial dan juga berselancar di internet. Meski alat tersebut sukses membuat orang yang jaraknya jauh dari kita terasa dekat, namun ternyata alat tersebut juga membuat kita menjauh dari orang-orang yang ada di dekat kita. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah candu bagi penggunanya. Untuk itu, jika Anda sudah mulai merasa kecanduan dan ingin melepasnya, maka hal inilah yang harus Anda lakukan:


  • Memperbanyak Kegiatan Luar
Jika seseorang sudah kecanduan gawai, maka biasanya mereka akan cenderung malas untuk pergi keluar dan hanya diam saja di dalam rumah. Hal tersebut membuat orang tersebut kehilangan kemampuan untuk bersosialisasi dengan sekitarnya dan membuat mereka menjadi seseorang yang pendiam. Jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan tersebut, akan lebih baik untuk memperbanyak kegiatan untuk pergi keluar. Misalnya, melakukan olahraga yang teratur atau olahraga yang dimainkan dengan banyak orang seperti basket, bulu tangkis, sepak bola, dan lain sebagainya.

  • Alihkan pada Kegiatan Lain
Bagi Anda yang sadar bahwa kecanduan gawai bukan hal yang baik dan ingin melepasnya, Anda pun bisa melakukannya secara perlahan. Pastinya jika Anda menjauhkan diri dari gawai, Anda pasti merasakan haus akan memainkannya kembali dan selalu ingin mengambilnya. Ketika merasakan hal tersebut, Anda bisa mengalihkannya dengan kegiatan yang lain. Seperti misalnya, saat ingin mengambil gawai, alihkan dengan cara menonton TV, membersihkan rumah, mencuci pakaian, mencuci piring, dan lain sebagainya.

  • Atur Jarak
Jika gawai tersebut selalu ada dalam pandangan Anda atau terletak di dekat Anda, pastinya keinginan atau hasrat ingin memainkan benda tersebut pasti akan tinggi. Untuk bisa melepaskan rasa kecanduan itu, Anda bisa memberikan jarak antara gawai dengan Anda. Akan lebih baik jika menempatkan gawai Anda pada tempat yang sulit untuk digapai atau di tempat yang tidak terlihat. Misalnya dalam lemari, laci, atau tempat yang jarang digunakan.

  • Atur Jadwal
Jika Anda ingin lepas dari kecanduan gawai pelan-pelan, maka Anda bisa menerapkan membuat jadwal untuk bisa bermain gawai. Memang akan sulit, namun Anda harus disiplin mengikuti jadwal tersebut. Buatlah jadwal yang dimana merupakan waktu luang Anda dan bisa digunakan untuk bersantai. Namun, jangan terlalu lama memberikan waktu untuk bermain alat tersebut. Anda bisa memberikannya waktu selama 2 jam untuk memainkan alat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *