IBX5A2F9222D4AE8

Jumat, 29 Desember 2017

Fenomena Menakjubkan yang Akan Mengawali Tahun 2018

Dengan hanya hitungan hari saja sudah mencapai penghujung ditahun 2017. Pada tahun 2017 banyak sekali hal dan fenomena yang menarik serta menakjubkan. Beberapa diantaranya ada pada tanggal 14 Desember yang lalu bahwa adanya hujan meteor geminids yang terjadi pada pukul 20.00 hingga pukul 04.00 pagi di hari berikutnya, kemudian pada tanggal 3 Desember terjadi fenomena alam yang lain yaitu terjadinya supermoon penuh. Peristiwa tersebut adalah peristwa pertama dan terakhir di tahun 2017. Banyak fenomena alam yang terjadi pada langit yang dapat di saksikan pada tahun 2018 mendatang. Salah satunya adalah fenomena yang akan menjadi fenomena langka yang sangat menakjubkan.

Bulan yang terbit pada malam 31 Januari 2018 adalah bulan purnama, bulan biru, bulan super alias supermoon, sekaligua bulan yang akan mengalami gerhana. Empat fenomena sekaligus itu jarang terjadi. Bulan purnama terjadi setiap 29,5 hari sekali. Pada jarak terdekatnya dengan bumi (titik perigee), bulan tampak lebih besar.Itulah penyebab munculnya fenomena supermoon. Karena siklusnya setiap 29,5 hari sekali, dalam satu bulan kalander masehi bisa terjadi dua kali bulan purnama. Pada Januari 2018, bulan purnama pertama jatuh pada tanggal 1 Januari 2018 dan yang kedua pada 31 Januari 2018.

Purnama kedua dalam bulan yang sama secara populer disebut bulan biru. Meskipun demikian, warna bulan tentu tidak menjadi biru. Saat bulan purnama kedua tersebut, posisi bumi berada antara matahari dan bulan. Pada akhirnya, bulan menghalangi bulan dari matahari, menyebabkan gerhana. Saat gerhana, bulanakan berwarna merah menyerupai darah. Berdasarkan analisis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), fenomena gerhana sekaligus tiga lainnya itu bisa disaksikan dari Indonesia.

Awal gerhana terjadi pada pukul 17.51 WIB. Wilayah Indonesia bagian barat akan melewatkan tahap awal ini. Namun, saat puncak gerhana sekitar pukul 20.51 WIB, seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikannya. Karena langka, jangan sampai melewatkan empat fenomena bulan sekaligus ini. Semoga malam itu juga cuaca Indonesia cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *