Jumat, 10 November 2017

Tips Cepat Menghilangkan Noda Tinta Pada Dinding Rumah

Memiliki anak kecil yang aktif di rumah memang terkadang membuat khawatir akan kebersihan rumah, biasanya anak-anak senang sekali mencorat coret diding rumah dengan menggunakan apapun yang ia temukan. Noda tinta selalu bisa muncul meski Anda sudah berhati-hati. Misalnya, ada bolpen yang bocor lalu mengenai karpet atau spidol yang digunakan anak untuk menyoret-coret dinding.


Sebelum bersusah payah membersihkan noda, sebaiknya Anda kenali dulu jenis tintanya. Asal tahu saja, ada dua jenis tinta, yaitu yang berbahan dasar air dan tinta yang permanen berbahan dasar minyak. Dan keduanya memiliki perbedaan cara untuk menghilangkan nodanya. Yang pasti, Anda harus segera menghilangkan nodanya—jangan dibiarkan hingga berhari-hari—karena noda yang mengering akan sangat susah dihilangkan. Simak cara dari Rumah.com berikut!

Sebagian besar tinta yang digunakan untuk bolpen harian dan spidol mewarnai anak-anak menggunakan tinta berbahan dasar air. Tinta jenis ini lebih mudah dihilangkan dibandingkan yang permanen. Caranya?
Basahi bagian yang terkena noda dengan air bersih. Misal untuk dinding, baju, dan kain lainnya, basahi secukupnya, sedangkan untuk karpet gunakan air lebih banyak. Sementara untuk noda di sofa bahan kulit, gunakan air lebih sedikit agar tidak terjadi kerusakan.

Ambil handuk, lalu tempelkan pada bagian bernoda yang sudah ditambahkan air dan tepuk-tepuk. Jangan menggosoknya dengan kasar atau terlalu kuat, karena membuat nodanya semakin menyebar dan berisiko membuat warna asli karpet, kain, atau alat rumah tangga lainnya yang terpapar noda tersebut menjadi pudar.Ulangi langkah tersebut hingga noda hilang. Jika masih ada noda yang terlihat, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring cair yang sudah ditambahkan air lalu tempelkan di atasnya. Segera keringkan dengan handuk setelahnya.

Tinta permanen

Tinta permanen biasanya digunakan untuk spidol whiteboard. Tinta ini berbahan dasar minyak sehingga tidak akan bereaksi jika dihapus hanya dengan menggunakan air. Untuk mengatasinya?

Gunakan alhokol untuk membersihkan tinta. Basahi kain dengan alkohol lalu tempelkan bagian yang bernoda dengan kain ini. Cuka putih juga dapat digunakan untuk membersihkan noda, khususnya untuk noda pada karpet dan bahan logam. Campur cuka putih dengan air lalu celupkan kain yang akan digunakan untuk membasuh noda pada campuran cuka dan air ini. Setelahnya tempel dan tepuk-tepuk pada bagian yang bernoda.

Tara, dinding rumah anda kembali bersih seperti semula. kini anda tidak akan khawatir lagi jika anak anda mulai bereksplore dengan tinta.

Artikel asli : http://properti.liputan6.com/read/3158050/kiat-hilangkan-noda-tinta-di-dinding-dengan-cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *