Rabu, 08 November 2017

Inilah Efek Samping Jika Mengkonsumsi Kopi di Sore Hari, Mitos atau Fakta?

Bagi penikmat kopi, minum kopi kapan saja itu sangat biasa di lakukan meskipun pada sore dan malam hari. Tapi menurut penelitian yang ada, jika ingin tidur dengan waktu yang baik maka kita harus menghilangkan kebiasaan menikmati kopi pada sore dan malam hari. Penelitian sederhana tersebut melakukan percobaan dengan menggunakan pil kafein yang kandungannya sama dengan dua hingga tiga cangkir kopi atau mengandung 400 mg kafein. Hasilnya, ketika mengkonsumsi pil tersebut enam jam sebelum tidur maka akan mengakibatkan kesulitan tidur.

"Minum secangkir besar kopi saat pulang kerja memberikan efek negatif pada tidur," ujar ketua studi Christopher Drake, peneliti dari Henry Ford Sleep Disorder and Research Center di Detroit, Amerika Serikat. Menurut Drake, keadaan tersebut agak membaik ketika seseorang minum kopi di siang hari. Pasalnya ada jarak waktu yang cukup jauh antara siang dan malam menjelang tidur.

Studi yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine tersebut melibatkan 12 orang sehat yang memiliki pola tidur normal. Saat ikut serta dalam studi, peserta diminta untuk melanjutkan waktu tidur normal mereka. Mereka juga diminta untuk mengkonsumsi pil kafein tiga kali sehari selama empat hari. Pil diminum pada tiga interval selama sehari: enam jam, tiga jam, dan sesaat sebelum tidur.



Faktanya, peneliti hanya memberikan satu pil kafein, sementara dua lagi adalah plasebo. Dan dari empat hari, satu harinya mereka benar-benar hanya memberikan pil plasebo saja. Para peneliti menemukan, tidur peserta terganggu saat mereka meminum pil kafein, kapan pun waktunya. Bahkan saat meminumnya enam jam sebelum tidur, mereka paling tidak kehilangan tidur lebih dari satu jam. Drake dan timnya mengatakan, studi ini adalah studi pertama yang melacak efek kafein dosis tertentu pada beberapa waktu sebelum tidur. Mereka mengatakan, orang perlu menghindari kafein setelah jam 17.00 untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Dr Len Horovitz, pakar penyakit dalam di Lenox Hill Hospital di New York City mengaku tidak terkejut dengan hasil penelitian ini. Pasalnya, kebanyakan orang mengeluhkan mengalami insomnia setelah minum kopi di malam hari. "Namun studi ini mampu membuktikan, minum kopi di sore hari pun memiliki dampak negatif pada kualitas dan kuantitas tidur malam," ujarnya. Kita bahkan tahu jika tidur merupakan aktivitas yang penting untuk pemulihan fungsi tubuh. Kekurangan tidur dapat memicu banyak gangguan di hari setelahnya, dari mulai gangguan konsentrasi hingga penyakit kronis.

Artikel asli : http://hai.grid.id/Self-Improvement/Health/Ngopi-Di-Sore-Hari-Bikin-Susah-Tidur-Mitos-Atau-Fakta-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *