Rabu, 13 September 2017

Cara Merawat Gitar Akustik Agar Suara Tetap Enak dan Awet

Cara Merawat Gitar Akustik Agar Suara Tetap Enak dan Awet. Musik merupakan perpaduan dari beberapa nada sehingga mampu menghasilkan irama merdu dan sedap didengar. Dengan musik, manusia mampu menunjukkan ekspresi dan juga rasa yang terpendam di hati. Musik juga bisa menjadi representasi suasana hati dimana saat hati sedih maka alunan musik yang dipilih adalah sendu dan bernada lembut, sedangkan saat hati gembira, maka musik dengan tempo cepat dan bergairah sering dimainkan. Demi memberikan nuansa musik yang berbeda, maka instrumen musik juga dibutuhkan seperti gitar akustik, drum, piano dan masih banyak lagi.

Salah satu instrumen musik yang digemari banyak orang dan sumber dari terciptanya lagu-lagu populer adalah gitar jenis akustik. Gitar ini memberikan nuansa alunan nada yang tenang dan klasik sehingga tak heran jika banyak sekali orang yang gemar memainkannya. Apabila Anda adalah salah satu penggemar gitar ini, maka merawat gitar tentu harus Anda lakukan agar suaranya tetap enak dan nyaman saat dipakai serta lebih tahan lama lantaran bahan utamanya adalah dari kayu. Namun tentu saja, cara perawatan gitar jenis akustik tidak jauh berbeda dengan gitar jenis elektrik.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat gitar akustik dan elektrik agar lebih tahan lama dan tetap mampu menghasilkan suara merdu:

Gitar Akustik
Gitar Akustik
Menyimpan dengan posisi aman

Perlu diketahui bahwa gitar berjenis akustik lebih mudah rusak karena terbuat dari kayu. Untuk itulah penyimpanan dalam posisi yang benar menjadi salah satu alternatif menjaga gitar. Usahakan miliki stand gitar untuk mendudukkan gitar sehingga terhindar dari lecet dan rusak. Selain sebagai dudukan gitar, dengan stand gitar, maka Anda bisa memajang gitar kesayangan di kamar sehingga suasana kamar terlihat lebih apik. Peletakan gitar pun harus dilakukan dengan pelan agar gitar tidak patah. Untuk lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan hardcase gitar yang memiliki tekstur keras di luar dan lembut pada bagian dalamnya sehingga lebih aman. Harga hardcase gitar berkisar 500 ribuan.


Kendur kan senar

Ketika Anda memakai gitar, maka senar akan dikencangkan di beberapa bagian sehingga suara yang dikeluarkan lebih merdu. Namun bila Anda ingin mengistirahatkan gitar beberapa hari, usahakan untuk mengendurkan senarnya sehingga bagian leher gitar tidak tertarik senar yang membuatnya mudah melengkung.


Bersihkan secara berkala


Bagi yang suka kebersihan, maka membersihkan gitar dalam kurun waktu seminggu sekali adalah hal yang baik. Namun bagi yang sering malas, maka luangkan sedikit waktu untuk membersihkan gitar Anda dalam kurun waktu 1 bulan sekali. Kini pembersih khusus gitar telah banyak tersedia sehingga keamanan gitar bisa lebih terjaga. Jika Anda tidak memiliki pembersih gitar khusus, membersihkan dengan air pun bisa dilakukan. Pilihlah lap yang lembut sehingga gitar tidak tergores. Bagian senar juga harus dibersihkan dan gantilah senar jika memang sudah berkarat.

Itulah beberapa tips merawat alat musik dawai, khususnya gitar akustik kesayangan Anda. jauhkan gitar dari suhu ekstrim agar bahan kayu tidak cepat lapuk dan senar tidak mudah berkarat. Selain itu perubahan suhu ekstrim juga bisa membuat lem pada beberapa bagian gitar cepat pudar serta membuat suara gitar kurang nyaring. Segera lap gitar jika terkena percikan air agar lebih tahan lama. Agar gitar selalu memiliki performa bagus, maka selalu rawat dan perlakukan gitar Anda dengan baik. Mengingat harga gitar asli yang tidak murah, tentu perawatan yang dilakukan juga harus optimal sehingga gitar tetap memiliki kondisi baik meski sudah berumur cukup lama. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *