Senin, 28 Agustus 2017

Lakukan 4 Persiapan Ini Sebelum Berqurban

Menjelang tanggal 10 Dzulhijah pada kalender Hijriyah, tentu umat muslim sudah menyiapkan berbagai hal di hari raya Idul Adha pada hari tersebut. Ya, setiap tahun tepatnya tanggal 10 di bulan Dzulhijah umat muslim menyambut hari raya terbesar kedua setelah Idul Fitri. Sebutan lain untuk mengungkapkan Idul Adha adalah hari raya qurban sebab disinilah kita akan menjumpai banyak hewan qurban disembelih di halaman masjid atau lapangan.

Menyembelih hewan untuk ibadah qurban memang menjadi ibadah sunnah yang baiknya memang ditunaikan umat muslim, terlebih jika sudah mampu secara finansial. Meski menjelang Idul Adha harga hewan-hewan yang cocok dijadikan qurban akan melambung tinggi, misal sapi atau kambing. Tentunya ketika sudah memiliki niat tidak akan sulit dan sudah ikhlas melepas beberapa Rupiah di rekening tabungan untuk dipindahkan ke saldo tabungan akhirat. Tentunya ragam persiapan sebelum berqurban penting untuk disusun satu per satu.


Rangkaian Persiapan Sebelum Berqurban

Bagi Anda yang memang merasa sudah mampu dan sudah ikhlas untuk berqurban di tahun ini maka usahakan untuk menyiapkan segala hal yang diperlukan. Agar niat di dalam hati mengenai ibadah sunnah ini bisa ditunaikan sesuai dengan rencana, yakni Idul Adha tahun ini. Supaya lancar dan Anda pun merasa bahagia luar biasa usai berqurban maka alangkah baiknya sudah melakukan serangkaian persiapan, adapun persiapan yang bisa Anda lakukan satu per satu antara lain:

  • Menyiapkan dana untuk membeli qurban, 

Persiapan utama selain niat adalah sejumlah dana, sebab hewan qurban tentu tidak bisa dibeli dengan sejumput niat. Anda perlu menabung untuk bisa memiliki uang dalam jumlah mencukupi membawa pulang kambing atau mungkin sapi. Ketika niat untuk berqurban sudah muncul mulailah menabung, kalau tahun ini tabungan belum genap setidaknya akan sukses di tahun depan. Beberapa orang bahkan sudah mulai menabung sejak setahun sebelumnya bahkan lebih, maka mulailah menabung dana qurban sejak dini. 

  • Memilih qurban yang terbaik,

Ada beberapa pilihan hewan ternak yang bisa dijadikan qurban, di Indonesia sendiri lumrahnya adalah sapi dan kambing. Beberapa daerah di nusantara juga memilih domba, sementara muslim di negara lain bisa memilih unta. Pilihan antara kambing dan sapi menjadi jenis qurban yang bisa diambil sebagai tunggangan kelak di akhirat. Pilih qurban terbaik Anda, jika dananya terbatas maka satu ekor kambing sudah lebih dari cukup, siapa tahu tahun depan Anda bisa berqurban sapi gemuk.

  • Mintalah dukungan dari keluarga dan teman dekat, 

Persiapan selanjutnya adalah meminta dukungan, sehingga merasa niat untuk berqurban sudah lebih tebal. Dukungan keluarga dan teman dekat akan membantu Anda berqurban yang terbaik di tahun ini. misalnya memberi dukungan untuk rutin menabung sehingga Idul Adha tahun ini memang mampu melaksanakan ibadah qurban. Selain itu bisa menentukan apakah sudah tepat berqurban di tahun ini, mengingat ada pandangan berbeda di beberapa daerah terkait qurban dengan akikah.

  • Mentukan tempat menunaikan ibadah qurban, 

Persiapan selanjutnya adalah menentukan tempat dilaksanakannya ibadah qurban, mengapa perlu ditentukan? Rupanya penyembelihan qurban perlu dipilih dengan bijak sebab perlu diakui ada beberapa daerah yang tidak ada qurban sama sekali atau sangat sedikit. Jikalau tempat tinggal sudah banyak yang berqurban tentu daging qurban kuantitasnya melimpah. Sangat disayangkan jika daerah sebelah justru tidak ada atau hanya sedikit yang mendapat daging hewan qurban, maka pilih daerah tersebut sebagai solidaritas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *