Rabu, 31 Mei 2017

Tips Tetap Produktif dan Semangat Beraktivitas Meski Sedang Berpuasa di Bulan Ramadhan

Berjibaku.com - Ramadhan adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Pintu – pintu langit dibukakan, pintu - pintu neraka ditutup rapat - rapat. Setan - setan dibelenggu. Manusia hanya melawan, dan menahan hawa nafsunya sendiri. Untuk mengendalikan hawa nafsu sebagai umat muslim kita diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Sehingga harapannya kita dapat kembali fitri terlepas dari jeratan hawa nafsu, dan meraih kemenangan di hari raya. Itu adalah esensi dari puasa Ramadhan itu sendiri. Bukan hanya ritual menahan lapar, dan dahaga tanpa makna.

Setelah mengetahui esensi dari puasa yang kita jalani ini. Jadi, bukan lagi alasan untuk tidak produktif meski tengah menahan lapar sepanjang hari. Rasa lapar, haus, dan kantuk yang menyerang seharusnya tidak bisa melunturkan semangat kita untuk tetap produktif di bulan yang penuh berkah ini. Walau bagaimanapun rasa lapar, haus, malas, lemas, letih, dan rasa negatif lainnya berasal dari dalam diri kita sendiri. Rasa itu bersumber dari hawa nafsu yang memang seharusnya harus kita lawan. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara melawan diri kita sendiri, dan menjadi lebih produktif selama Ramadhan. Berikut kiat - kiat yang dapat kamu terapkan agar tetap produktif dan semangat beraktivitas meski sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Tips Tetap Produktif dan Semangat Beraktivitas Meski Sedang Puasa di Bulan Ramadhan

Buatlah Targetmu Bulan Ini, dan Kejarlah!

Sebutkan hal – hal yang menjadi targetmu sebulan yang kebetulan bertepatan dengan bulan Ramadhan ini. Ingin khatam Al-Quran, ingin menyelesaikan skripsimu, atau yang lainnya. Tulislah dibuku catatan besar-besar agar kamu tidak lupa. Itu adalah target yang harus kamu capai dibulan ini. Setelah itu, bagilah targetmu menjadi target yang lebih kecil lagi. Target per minggu, atau target per hari jika ingin lebih detail. Jadi kamu tahu pasti apa yang harus kamu kejar pada hari itu. Misalnya, kamu harus membaca Al-Quran sebanyak satu jus untuk setiap harinya, atau kamu harus berhasil mengumpulkan bimbingan dengan dosen hari itu.

Dari target yang terlihat kecil – kecil itu akan tetap membuatmu berpikir bahwa targetmu realistis, dan mungkin untuk diwujudkan. Dengan mencapai target tiap hari ini akan membuat semangatmu tetap menyala, dan membawamu lebih dekat dengan targetmu bulan ini tanpa sempat kamu sadari. Percaya deh!


Disiplin dengan Waktu Makan, dan Tidur

Agar tetap produktif saat puasa kamu harus benar-benar menjaga kondisi tubuhmu baik-baik. Perhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu, dan pola tidurmu. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat produktivitasmu selama Ramadhan. Tepatilah waktu makanmu dengan bijaksana. Selalu sempatkan diri untuk makan sahur. Selain mendapatkan pahala, makan sahur juga menjagamu tetap memiliki tenaga yang cukup untuk melalui hari. Saat makan sahur pilihlah makanan yang kaya serat, dan tinggi protein seperti sayur mayur, daging, telur, tahu, dan tempe. Serat, dan protein akan diserap lebih lama oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat. Sehingga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Kemudian berbukalah dengan yang manis, dan makanlah makanan yang berat selepas sholat tarawih agar kamu tidak kekenyangan duluan.

Meski berpuasa jangan tidur terlalu malam, berikan tubuhmu hak untuk memiliki tidur yang cukup. Karena tidur yang cukup akan membuat kamu tetap semangat beraktivitas keesokan harinya. Jangan terbiasa bergadang pada malam hari saat tidak berpuasa, dan tidur seharian penuh saat siang hari. Alih-alih ingin produktif, kamu malah jadi tidak melakukan apa-apa.


Lakukan Hal-Hal Penting Pada Pagi Hari

Saat berpuasa tubuh kita terkadang terasa lemas, atau lesu saat waktu sudah semakin siang. Hal ini wajar karena tubuh kita dipaksa untuk tidak dimasuki makanan sebagai sumber tenaga dari terbitnya sang fajar hingga terbenamnya matahari. Jika sudah tahu kondisimu yang sering kali merasa lemas saat siang hari. Agar lebih tetap produktif selama Ramadhan kamu bisa mengakalinya dengan melakukan hal-hal terpenting hari itu saat pagi hari. Karena saat masih pagi tubuhmu masih cukup segar, dan konsentrasimu masih cukup bagus karena belum terlalu lama sejak waktu terakhir mendapatkan asupan makanan. Hal ini tentu dapat memudahkanmu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sulit hari itu. Sehingga saat siang datang menjelang yang tersisa hanya tinggal hal-hal yang lebih mudah yang harus kamu lakukan. Hal ini tentu tidak akan terlalu memberatkanmu, dan sesuai dengan kondisi tubuhmu.


Berikan Tubuhmu Kesempatan Istirahat di Siang Hari

Saat matahari semakin meninggi di ubun – ubun kepala. Sedangkan kondisi tubuh semakin terasa lemas karena puasa. Tidak ada salahnya jika kamu memberikan waktu tubuhmu untuk istirahat sejenak. Tenang, dengan istirahat yang tepat tidak akan mengganggu produktivitasmu disisa hari itu. Bukankah untuk berjalan dua langkah terkadang kita harus mundur satu langkah? Kamu bisa memberikan tubuhmu waktu selama 30 menit untuk memejamkan mata sejenak, atau sekedar melemaskan otot-otot yang tegang. Biarkan tubuhmu segar kembali karenanya. Setelah 30 menit berlalu, rasakan kondisi yang kamu rasakan. Pasti badanmu akan merasa lebih segar dari sebelumnya.


Agendakan Waktu Berolahraga

Salah besar jika kamu menganggap bahwa saat puasa Ramadhan kamu merasa lemas sehingga tidak perlu olahraga. Justru dengan berolahraga saat puasa akan membuat tubuhmu merasa lebih segar, dan bersemangat. Karena saat berolahraga tubuh kita akan melepaskan hormon kebahagiaan berupa endorphin ke dalam aliran darah kita yang menyebabkan aliran darah kita lancar, dan tekanan darah kita menjadi normal. Sehingga segala stress menjadi hilang, dan tentu kita akan menjadi lebih produktif. Jadi, agar tetap produktif selama bulan Ramadhan tetap agendakan waktu sebentar untuk berolahraga ya. Tidak perlu lama-lama. Luangkan waktu barang sejam duajam sebelum waktu berbuka untuk melakukan olahraga ringan, dan tergolong mudah. Seperti melakukan yoga, pilates, renang, bersepeda, jogging, atau jalan santai. Yang penting biarkan beberapa kalori terbakar dari dalam tubuhmu, dan segala stress hilang dari pikiranmu tergantikan dengan semangat.


Jangan Menonton TV Saat Setelah Berbuka dan Sebelum Tarawih

Di bulan Ramadhan, malam biasanya menjadi waktu yang paling tepat untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Saat siang hari kita disibukkan dengan puasa sambil melakukan berbagai rutinitas. Sedangkan malam hari kita disunnahkan untuk mendirikan sholat tarawih, dan menyempatkan diri untuk membaca Al-Quran. Allah sendiri berjanji akan melipatgandakan pahala saat kita mendirikan sholat, dan memberikan kebaikan untuk setiap huruf yang kita baca dari Al-Quran. Tentu semua ingin mendapatkannya.

Oleh karena itu, jika kamu ingin tetap produktif saat malam hari selama bulan Ramadhan. Salah satu kunci sederhananya adalah jangan melihat tayangan TV saat waktu antara sehabis berbuka puasa, dan sebelum sholat tarawih tiba. Karena setelah bersusah payah menahan hawa nafsu seharian. Bersantai sejenak dengan melihat tayangan TV biasanya akan membuat kita lupa waktu. Selain itu, saat sudah terlanjut nyaman dengan posisi kita saat menonton TV, tentu akan terasa semakin berat rasanya untuk beranjak untuk melanjutkan misi selanjutnya yakni sholat tarawih. Jadi, alangkah lebih baik kamu mengisi jeda waktu ini dengan bertilawah Al-Quran, berbincang dengan anggota keluarga, atau membantu ibu membersihkan piring kotor yang digunakan untuk buka puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *