Rabu, 03 Mei 2017

Tips Sukses Ujian Dengan Lakukan Persiapan Ini

Saat kamu melihat para mahasiswa sepertimu memilih nongkrong lebih lama di tukang fotokopi sekitaran kampus, dibandingkan menyeruput kopi di kantin Ketika orang-orang sepertimu terlihat berjalan tergopoh sambil menjinjing laporan berpuluh bahkan beratus halaman kemana pun mereka pergi.

Di waktu kamu mendapati teman-temanmu pergi ke kampus dengan mata lebih sembab, dan kantung mata menggelayut manja dibawah kelopak mata tanda baru beranjak tidur lepas adzan subuh tadi. Sesungguhnya kamu telah membaca tanda-tanda alam bahwa waktu ujian akhir semester sudah semakin dekat.

Bagaimana kabarmu sejauh ini? Masih hidup? Haha, momen mendekati ujian akhir semester adalah momen paling menjengkelkan bagi setiap mereka yang pernah mengalaminya. Semua tugas yang malas-malasan dikerjakan selama satu semester ini, semua seakan menuntut haknya untuk segera diselesaikan demi memperoleh izin untuk dapat mengikuti ujian.

Lalu, bagaimana dengan persiapan ujianmu? Ditengah sibuknya mengerjakan laporan ini dan itu, jangan sampai terlupa juga mempersiapkan diri untuk ujian. Walau bagaimanapun, ujian besok juga turut berperan penting pada kelanjutan nasibmu semester selanjutnya. Kamu harus melaluinya dengan sebaik-baiknya usahamu. So, inilah tips sukses ujian yang bisa kamu lakukan dengan persiapan berikut.

Tips Sukses Ujian Dengan Lakukan Persiapan Ini


1. Luruskan Niatmu, Kumpulkan Semangatmu

Meskipun tengah mengerjakan berbagai tugas akhir semester yang tenggatnya sebentar lagi. Jangan melupakan bahwa kamu memiliki agenda besar setelah ini. Kamu pasti tidak ingin berangkat ujian tanpa persiapan. Bangun kesiangan, pikiranmu kosong, perutmu keroncongan. Yakin bisa mengerjakan soal? Untuk itu, kumpulkan kembali semangatmu yang hilang, dan luruskan kembali niatmu. Kamu harus sadar bahwa sebaik apapun laporan yang kamu buat tetapi nilai ujian akhir semestermu buruk hal tersebut tidak dapat membantu. Jadi kumpulkan serpihan semangat yang terselip, dan katakan pada diri sendiri bahwa kamu akan mempersiapkannya dengan baik.

Jangan remehkan niat loh, niat adalah hal yang membawa kita untuk sampai kepada tujuan yang kita inginkan. Jadi akan sampai atau tidak kamu kepada tujuanmu nanti itu tergantung bagaimana niat dihatimu itu.


2. Berikan Hak Tubuhmu untuk Mendapatkan Jatah Tidur yang Cukup

Meskipun harus digempur tugas pra-ujian, jangan lupa untuk memberikan kesempatan pada tubuhmu untuk istirahat. Hal tersebut sangat penting agar kamu tetap sehat hingga masa ujian berakhir. Karena pasti akan sangat mengganggu sekali jika kamu harus sakit saat waktu ujian sudah semakin dekat. Apalagi saat harus sakit diwaktu ujian tengah berlangsung. Berhentilah dari segala rutinitasmu yang padat saat tubuhmu membutuhkan jeda waktu untuk istirahat. Tercukupi atau tidaknya kamu tidur juga mempengaruhi peroduktivitasmu pada hari berikutnya. Para pakar kesehatan menyarankan orang dewasa seperti kita untuk tidur setidaknya selama 8 jam pada malam hari agar tubuh tidak merasa kelelahan keesokan harinya.


3. Konsumsilah Makanan yang Bergizi

Hal penting lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu dalam menghadapi ujian tentu saja dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Jangan karena stres duluan, kamu justru mengkonsumsi makanan apapun yang kami inginkan. Jika ingin sesuatu yang manis, pertimbangkan untuk mengkonsumsi buah dibandingkan jus kemasan, atau produk manis lainnya. Begitu pula saat merasa lapar, pilihlah menu sehat yang tercukupi kebutuhan gizinya seperti gado-gado, dibandingkan seporsi makanan yang isinya hanya karbohidrat saja. Pilihlah makanan yang kaya serat, tinggi protein, dan rendah lemak, sehingga kamu akan tetap fokus dan tidak mengantuk untuk menghadapi sisa hari.

Selain itu pastikan kamu cukup minum air putih setiap harinya. Jangan karena sangat sibuk menghadapi pra-ujian kamu jadi terdehidrasi karena lupa minum air putih. Siapkan sebotol kecil air putih didalam tasmu yang dapat kamu minum saat kamu membutuhkannya. Meskipun bentuknya yang tidak berwarna dan tidak berasa, air putih juga memberikan kebaikan untuk tubuhmu. Dengan minum minimal 8 gelas sehari dapat membantumu untuk tetap sehat, segar, dan fokus sepanjang hari. Sebaliknya, kurang minum dapat membuatmu mudah sakit kepala, dan terganggu aktivitasmu. Tentu saja kamu tidak mau aktivitasmu yang padat menjelang ujian itu turut terganggu kan?


4. Buatlah Jadwal Kegiatan

Langkahmu akan semakin jelas jika ditengah padatnya aktivitas tersebut kamu dapat mengatur waktumu dengan baik. Kamu bisa membuat jadwal harian dalam rangka menyongsong ujian akhir. Alokasikan waktu masing-masing untuk mengerjakan tugas, belajar, dan untuk tidur. Hal ini akan memudahkanmu mendisiplinkan diri untuk menepati jadwal yang telah kamu buat. Kamu tinggal menyesuaikan kegiatanmu itu sesuai rencana yang sudah dibuat. Termasuk kamu juga memiliki waktu untuk belajar dan mempersiapkan ujianmu nanti.


5. Kerja Cerdas Jangan Kerja Keras

Bekerja cerdas artinya bekerja sesuai dengan kebutuhan, dan keadaan diri sendiri. Untuk menyongsong ujian kali ini, kamu bisa mulai mengumpulkan silabus-silabus untuk tiap mata kuliah yang kamu ikuti semester ini. Gunakan silabus tersebut sebagai panduanmu belajar. Karena waktumu yang tak lagi banyak, lebih baik mempelajari apa-apa yang sekiranya akan diujikan, dibanding membacanya secara keseluruhan. Jangan lupa pula untuk memberikan skala prioritas pada setiap mata kuliah yang akan diuji. Dengan begitu kamu dapat memberikan waktumu lebih banyak pada pelajaran yang kamu pikir membutuhkan persiapan yang lebih.

Selain itu, kamu bisa bekerja cerdas dengan menyesuaikan diri dengan gayamu belajar yang paling efektif. Jika kamu merasa yang paling efektif adalah belajar dengan cara mendengarkan materi, maka rekam suaramu saat memperlajari materi itu. Agar kamu dapat memperdengarkannya kembali nanti. Atau jika kamu merasa membaca saja sudah cukup efektif untuk menguasai materi, maka buatlah catatan-catatan kecil atau coretan disana sini yang dapat mengingatkanmu bagian-bagian mana yang penting untuk dibaca.


6. Temukan Strategi Mengerjakan Soal

Hal ini juga tidak kalah pentingnya. Kamu harus tahu trik-trik jitu dalam mengerjakan soal agar waktu yang terbatas dapat kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pengerjaan soal dalam bentuk pilihan ganda, tentu strateginya akan berbeda dibanding saat mengerjakan soal esai. Kamu dapat melakukannya dengan memperbanyak latihan soal-soal. Sehingga kamu dapat menemukan strategimu sendiri untuk mengerjakan masing-masing jenis soal yang mungkin muncul pada saat ujian nanti.


7. Tantang Diri Sendiri

Agar semakin menyemangatimu, kamu bisa menantang dirimu sendiri. Misalnya jika matakuliah A dapat kamu kerjakan dengan sebaik mungkin, maka kamu akan membelikan es krim favoritmu di kantin selepas ujian. Atau jika matakuliah B berhasil memperoleh nilai A, maka kamu akan mudik dengan kereta eksekutif, atau yang lainnya. Pada intinya, tantang dirimu sendiri untuk membuktikan pada dirimu sendiri bahwa seberapa sulit ujian yang akan kamu lalu. Kamu akan mampu melewatinya.

Tetapi, yang perlu diperhatikan, akankah kamu nanti akhirnya berhasil mengerjakan soal tersebut atau tidak, kamu sebaiknya tetap memberikan hadiah itu pada dirimu sendiri. Karena hasil itu dipengaruhi banyak faktor, dan tidak hanya berasal dari dalam dirimu sendiri. Jadi, berikan hadiah itu sebagai tanda apresiasi pada diri sendiri bahwa kamu berhasil memberikan yang terbaik yang kamu bisa lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *