Kamis, 04 Mei 2017

Aneka Posisi Yoga Untuk Memperbaiki Bentuk Postur Tubuh dan Menambah Tinggi Badanmu

Tinggi badan seseorang memang dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya genetika, nutrisi, serta riwayat penyakit keturunan dari kedua orang tua. Kita yang sudah melewati umur 17 tahun beberapa tahun ke belakang percaya bahwa saat ini hormon pertumbuhan sudah tidak lagi berproduksi dalam tubuh kita. Sehingga tidak memungkinkan untuk kita bertambah tinggi lagi. Meskipun sudah tidak mungkin lagi untuk memperpanjang struktur tulang. Ternyata ada beberapa faktor lain yang dapat turut mempengaruhi tinggi badan kita, yakni postur dan garis tubuh. Dengan memperbaiki postur, dan garis tubuh dapat membuat kita terlihat lebih tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Public Health pada 500 peserta kelas senam yoga yang dipilih dengan rentang umur, dan kondisi kesehatan yang acak, dimana para peserta diminta melakukan gerakan-gerakan yoga yang bertujuan untuk perbaikan postur, dan garis tubuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 63% dari peserta merasa tinggi badannya bertambah, dan berdiri lebih tegak. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun umur kita sudah tidak lagi pada rentang usia remaja, dengan melakukan beberapa gerakan yoga siapa saja ternyata tetap bisa memaksimalkan bentuk tubuhnya agar terlihat lebih tinggi. Penasaran apa saja gerakan yoga yang dapat mebuatmu lebih tinggi? Berikut kami berikan aneka posisi yoga yang untuk memperbaiki bentuk postur dan menambah tinggi badan kamu yang bisa kamu coba.


1. Posisi Gunung Berapi (Talasana)

Posisi yang terilhami karena dari gunung berapi yang tinggi menjulang ini sangat mudah dilakukan, dan bermanfaat untuk memperbaiki struktur tulang belakang, melatih kekuatan kaki, dan juga lengan. Pertama, berdirilah dengan tegak dengan kedua kaki tertutup rapat, dan telapak tangan menempel di paha. Kedua, satukan kedua tangan, dan tariklah nafas yang panjang. Ketiga, tariklah kedua tanganmu tanganmu lurus ke atas dengan kedua telapak tangan menghadap atas. Keempat, jinjitkan kedua kakimu, dan tarik seluruh tubuhmu hingga kamu merasa punggungmu tertarik. Setelah itu kembali ke posisi awal.

Posisi Gunung Berapi (Talasana)
Posisi Gunung Berapi (Talasana)

2. Posisi Tangan di Kaki (Hastapadasana)

Posisi yoga ini sangat efektif untuk menambah tinggi badanmu, terutama bagi kamu yang merasa tubuh bagian atasnya lebih pendek. Fokus dari gerakan ini adalah seluruh badan dari kepala hingga ujung kaki. Sehingga dapat berfungsi untuk meregangkan otot seluruh badan dengan satu gerakan sederhana. Pertama, berdirilah dengan tegak dengan kedua kaki tertutup rapat. Kedua, tarik nafas perlahan, dan angka kedua tangan ke atas. Ketiga, buang nafas kembali secara perlahan, dan tarik tangan ke depan lalu ke bawah. Keempat, injak kedua tangan yang menghadap lantai, dan tahan selama 20-30 detik. Kelima, kembali ke posisi awal secara perlahan. Jika kamu merasa sulit melakukannya kamu dapat meletakkan tanganmu di kaki saja. Tetapi, pastikan bahwa seluruh tubuhmu tertarik oleh gerakan ini.

Posisi Tangan di Kaki (Hastapadasana)
Posisi Tangan di Kaki (Hastapadasana)

3. Posisi Pohon (Vrksasana)

Posisi yoga yang mirip seperti pohon ini sangat bermanfaat untuk melenturkan otot-otot paha, memperbaiki keseimbangan, dan tentu saja memperbaiki postur kaki. Caranya cukup mudah, pertama berdirilah dengan tegak, dengan kedua telapak tangan saling bertemu dengan kedua tangan lurus di atas kepala. Kedua, angkat kaki kananmu, tekuk lututmu, kemudian letakkan telapak kakimu pada paha dalam kaki kirimu. Tetaplah bernafas secara normal, dan tahan posisi ini selama 30-45 detik. Lakukan hal yang sama pada kaki kirimu juga.

Posisi Pohon (Vrksasana)
Posisi Pohon (Vrksasana)

4. Posisi Roda (Chakrasana)

Disebut posisi roda karena bentuknya yang memang menyerupai roda. Posisi ini akan memperbaiki postur, dan menambah tinggi badan bagi siapa saja yang melakukannya secara rutin. Cara melakukan posisi ini, pertama rebahkan badanmu pada matras, dan tekuk kedua kakimu sebatas lutut. Kedua, letakkan kedua telapak tanganmu disamping telinga dengan ujung jari mengadap ke dalam. Ketiga, tarik nafas yang panjang, dan angkat badanmu ke atas hingga tubuhmu melengkung seperti roda. Tahan pada posisi ini 30-45 detik untuk kemudian kembali lagi ke posisi semula.

Posisi Roda (Chakrasana)
Posisi Roda (Chakrasana)

5. Posisi Kobra (Bhujangasana)

Posisi kobra adalah posisi yang sering sekali di pakai dalam setiap gerakan yoga. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot perut, punggung bagian atas, dan otot bagian bawah yang dapat membuatmu bertambah tinggi. Penelitian untuk posisi yang satu ini telah dilakukan oleh The Journal of Education and Practice pada tahun 2012 lalu menunjukan hasil bahwa efek dari melakukan posisi kobra, yang fokus pada otot punggung , dan tulang belakang lainnya selama tiga bulan ini menunjukkan dapat meningkatkan kekuatan otot punggung, dan memperbaiki struktur tulang belakang. Cara untuk melakukan gerakan ini sangat mudah. Pertama, tengkurapkan badan dengan kedua tangan berada di samping bahu, dan kedua ujung kaki menghadap lantai. Kedua, tarik nafas kemudian angkat bahumu perlahan, dan regangkan kedua lenganmu, tahan 30 detik. Tetapi ingat, untuk menghindari cidera angkat badanmu hanya sebatas perut, dan pinggul tetap dilantai. Setelah itu kembali ke posisi semula secara perlahan juga.

Posisi Kobra (Bhujangasana)
Posisi Kobra (Bhujangasana)

6. Posisi Segitiga (Trikonasana)

Posisi ini mengutamakan kekuatan kedua kaki, lengan, dan dada. Juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh kita terutama memperbaiki bentuk kaki agar semakin jenjang. Caranya, pertama berdirilah dengan masing-masing kaki berjarak 50-80 cm tegantung postur masing-masing. Kedua, luruskan kedua tanganmu lurus kesamping sejajar dengan bahu. Ketiga, bungkukkan badan ke kanan, dan sentuh ujung kaki kanan dengan tangan kanan. Keempat, angkat tangan kirimu ke atas, tahan posisi ini selama satu menit. Kemudian ulang posisi tersebut pada kaki yang satunya.

Posisi Segitiga (Trikonasana)
Posisi Segitiga (Trikonasana)

7. Posisi Segitiga Terbalik (Parivrtta Trikonasana)

Posisi ini merupakan kebalikan dari posisi sebelumnya. Manfaatnya pun sama yakni untuk memperbaiki postur tubuh terutama bagian kaki. Cara melakukannya, pertama berdirilah dengan masing-masing kaki berjarak 50-80 cm tegantung postur masing-masing. Kedua, luruskan kedua tanganmu lurus kesamping sejajar dengan bahu. Ketiga, bungkukkan badan ke kanan, dan sentuh ujung kaki kanan dengan tangan kiri. Keempat, angkat tangan kananmu ke atas, dan tahan posisi ini selama satu menit. Kemudian ulang posisi ini juga pada kaki yang satunya.

Posisi Segitiga Terbalik (Parivrtta Trikonasana)
Posisi Segitiga Terbalik (Parivrtta Trikonasana)

8. Posisi Dow (Adho-MukhaSvanasana)

Posisi ini sama populernya dengan posisi kobra sebelumnya sebagai gerakan yang akan membuat kita lebih tinggi. Posisi ini biasanya dilakukan setelah melakukan posisi kobra yang berfungsi untuk meregangkan otot, mengendurkan syaraf, dan melancarkan peredaran darah. Sehingga akan terasa lebih rileks setelahnya. Selain efektif memperbaiki postur tangan, dan kaki, posisi ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot lengan, otot perut, dan otot kaki. Caranya, pertama posisi kan tubuhmu seperti orang hendak merangkak. Kedua, letakkan kedua kakimu dibawah paha, dan kedua lengan di bawah bahu. Ketiga, lebarkan kedua jari-jarimu untuk keseimbangan, dan tarik nafas dalam. Keempat, angkat kedua lututmu sehingga saat ini kamu hanya bertumpu pada telapak tangan, dan telapak kaki sehingga kamu akan membentuk posisi seperti huruf V terbalik. Tahan selama 4-6 tarikan nafas. Kemudian turunkan perlahan.

Posisi Dow (Adho-MukhaSvanasana)
Posisi Dow (Adho-MukhaSvanasana)
Itu tadi 8 Ragam Posisi Yoga yang Dapat Membuatmu Lebih Tinggi yang dapat dicoba di rumah. Posisi-posisi tersebut dapat sangat efektif untuk menambah tinggi badan, dan manfaat tambahan yang dapat dirasakan. Seperti perasaan rileks, dan segar. Tetapi, untuk diingat bahwa gerakan-gerakan yoga tersebut sebaiknya jangan dilakukan jika kamu mengalami cidera punggung. Alih-alih memperbaiki postur tubuhmu, hal itu justru akan memperparah cidera punggungmu. Hasilnya juga dapat berbeda-beda untuk tiap orang tergantung kondisi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *