Sabtu, 06 Mei 2017

Lakukan Hal Ini Saat H-1 SBMPTN Demi Suksesnya Ujianmu

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tinggal menghitung hari. Seleksi untuk memperebutkan sisa kursi jenjang perguruan tinggi negeri ini rencananya akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 9 Juni 2015 mendatang. Jadi, kamu yang kemarin belum lolos pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan mencoba peruntunganmu lagi di seleksi yang berupa ujian tulis kali ini.

Nah, bagi kamu yang mengikuti SBMPTN nanti. Selain persiapan secara materi seperti serangkaian kursus di bimbingan belajar, dan latihan uji coba yang telah kamu lakukan. Sudah seharusnya kamu juga memperhatikan kesiapan mentalmu, dan fisikmu pula. Kamu harus memastikan semua persiapanmu untuk bertarung di SBMPTN itu matang. Sehingga bisa masuk di jurusan, dan universitas seperti yang kamu harapkan. Semakin dekat waktu menuju hari H rasanya hati semakin gugup tak karuan. Apalagi saat sudah H-1, itu tandanya kamu akan mengikuti serangkaian ujian mulai esok hari. Agar persiapanmu semakin mantap, yuk kita lihat apa saja yang pastinya harus kamu lakukan saat H-1 sebelum SBMPTN.

Lakukan Hal Ini Saat H-1 SBMPTN Demi Suksesnya Ujianmu
Lakukan Hal Ini Saat H-1 SBMPTN Demi Suksesnya Ujianmu
1. Melihat Ruang Ujian

Saat kamu mendaftar untuk mengikuti ujian SBMPTN melalui sistem online beberapa waktu yang lalu. Pada lembar tanda pendaftarannya pasti akan tertera tempat dimana kamu akan melaksanakan ujian tersebut. Pada H-1 sebelum SBMPTN inilah waktu yang paling tepat untuk mencari sekaligus memeriksa ruangan yang akan kamu gunakan untuk ujian SBMPTN esok hari. Kenapa harus pada H-1 dan bukanya beberapa hari sebelumnya? Itu karena biasanya panitia SBMPTN memang baru melakukan perisiapan fisik termasuk menempelkan denah ruangan, serta tanda ruangan-ruangan ujian pada H-1 itu. Jadi kalau hari-hari sebelumnya belum bisa diketahui. Jangan sampai salah lihat ruangan ya. Jangan lupa pula untuk meluangkan waktu untuk menengok ke dalam ruangan. Jika mejanya tidak terlalu lebar dan tidak rata, kan kamu nanti bisa persiapan membawa papan ujian sendiri. Kalau tidak ada jam, kamu kan bisa persiapan bawa jam sendiri.

Pastikan kamu tahu diruangan mana kamu akan mengikuti ujian. Harus sedetail itu. Karena akan tidak nyaman rasanya jika harus tergesa-gesa mencari ruangan ujian sesaat sebelum ujian dimulai. Kalau ternyata saat ujian hampir dimulai kamu belum menemukan ruanganmu bagaimana? Kan bisa berabe kalau gagal ujian hanya karena terlambat, atau tidak tahu dimana letak ruangannya. Untuk itu, dengan mencari letak ruangan ujianmu pada H-1 harapannya agar pikiranmu esok hari agar lebih tenang karena kamu paling tidak sudah sedikit lega karena sudah tahu disebelah mana kamu akan melaksanakan ujian esok hari.


2. Pahami Letak Tempat Penting Disekitar Tempat Ujian

Setelah kamu paham dimana ruanganmu ujian SBMPTN esok hari. Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menyisir area sekitar ruangan. Bukan, ini bukan menyisir untuk mencari kemungkinan ditanamkannya bom oleh para teroris untuk menggagalkan ujianmu esok hari. Itu bukan kapasitasmu untuk melakukan hal tersebut. Itu sudah urusan pemerintah. Tetapi menyisir disini maksudnya adalah kamu harus tahu pasti letak tempat-tempat penting dari ruangan ujianmu. Pastikan kamu dari ruanganmu disebelah mana kamar mandi, mushola, kantin, parkiran, bahkan toko alat tulis berada. Hal ini penting untuk memahami medan pertempuran sebelum benar-benar bertempur esok hari. Jadi kamu tahu jika ingin ke kamar mandi, dari ruanganmu estimasi waktunya berapa menit, dan ke arah mana kamu harus berjalan. Tanpa harus muter-muter mencari. Atau dari mushola, atau kantin ke ruanganmu membutuhkan waktu berapa menit. Ini demi efektifitas, dan efisiensi waktu esok hari.


3. Cari Tempat Menginap yang Lebih Dekat

Jika ternyata letak rumahmu cukup jauh dengan tempatmu ujian SBMPTN esok hari. Sebaiknya kamu mencari tempat menginap yang jaraknya lebih dekat dengan tempatmu ujian. Tak perlu tempat menginap yang berbayar. Kamu bisa menginap di tempatnya saudara yang rumahnya kebetulan dekat dengan tempatmu ujian. Atau nebeng temen yang nebeng saudaranya di dekat situ. Bisa juga menghubungi kakak tingkat yang kebetulan kos di dekat situ. Jika kamu cukup kreatif, dan cukup nekat, pasti ada banyak cara yang mungkin bisa kamu coba untuk memperoleh penginapan gratis, dan dekat barang dua malam selama SBMPTN berlangsung.

Dianjurkan untuk berangkat dari tempat yang jaraknya dekat dengan tempat ujian tujuannya adalah untuk menjaga kesiapan fisikmu. Jangan sampai kamu sudah lelah duluan karena perjalanan yang jauh. Atau sudah tidak fokus duluan karena sudah capek di jalan. Jangan sampai deh ya. Jadi, selamat berburu tempat penginapan!


4. Mencari Beberapa Jalur Alternatif

Ini yang tak kalah penting harus kamu lakukan. Pertama tentukan dulu kamu akan menggunakan alat transportasi apa esok hari. Apakah kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan umum, atau yang lainnya. Setelah itu, berhubung saat hari pelaksanaan SBMPTN pasti akan sangat ramai, dan bahkan macet. Kamu harus menemukan beberapa jalan alternatif yang dapat kamu tempuh untuk sampai ditempat ujianmu. Pertimbangkan pula tingkat kepadatan yang mungkin dapat terjadi pada jalur tersebut esok hari. Perhitungkan pula estimasi waktu tiap-tiap jalur alternatif itu dari tempat menginapmu, sampai lokasi ujianmu. Jangan lupa ditambah estimasi waktu keterlambatan 15-30 menit ya. Hal ini untuk menjagamu agar tidak terlambat sampai ke tempat ujian, dan harapannya masih memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap.


5. Pastikan Kelengkapan Alat Ujian

Setelah tahu dimana tempat ujianmu akan berlangsung, dan sudah mengetahui rute paling efektif menuju ke sana. Selanjutnya jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan tempurmu esok hari. Pastikan barang-barang seperti pensil 2B, pulpen, penghapus, rautan, clip board, dan penggaris ujian masuk ke dalam tasmu. Lebih baik lagi jika membawa beberapa pensil cadangan untuk berjaga-jaga. Jangan lupakan pula kartu peserta SBMPTN, kartu identitas, dan surat keterangan lulusmu. Masukkan semuanya ke dalam tas yang akan kamu bawa esok hari. Lebih baik mempersiapkannya pada H-1, takutnya nanti terlupa saat hari H ujian SBMPTN.


6. Siapkan Pakaian Terbaikmu Untuk Ujian

Jangan sampai salah kostum esok hari. Karenanya persiapkan pakaian terbaik yang akan kamu gunakan pada saat SBMPTN pada H-1. Hal ini untuk menghindari kamu yang tergesa-gesa memilih baju esok hari. Bukan apa-apa takutnya nanti tidak sesuai dengan peraturan panitia SBMPTN kan berabe. Pastikan pakaian yang kamu siapkan rapi, sopan, dan tertutup. Jangan lupa untuk mempersiapkan sepatu untuk esok hari. Jangan menggunakan sandal. Kamu bisa dikeluarkan dari ruang ujian karena menggunakan sandal.


7. Jangan Tidur Hingga Larut Malam

Saat semua persiapan sudah selesai kamu masih boleh kok mereview sedikit materi yang mungkin keluar esok hari, atau sekedar latihan soal guna memantapkan langkah esok hari. Tetapi, jangan tidur terlarut malam. Belajar saja sekenanya, persiapanmu habis-habisan sudah kamu lakukan kemarin-kemarin. Saat itu adalah saatnya kamu merehatkan semua panca inderamu agar pada hari H lebih fresh untuk menghadapi ujian. Nggak lucu juga kan jika kamu harus kesiangan bangun tidur saat akan ujian. Semua persiapanmu kemarin bisa berakhir sia-sia. Duh, jangan sampai ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *