Sabtu, 06 Mei 2017

Fungsi dan Manfaat Drone di Berbagai Bidang Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Beberapa waktu belakangan teknologi drone atau pesawat tanpa awak/nir-awak begitu viral di bahas di berbagai media. Saking viralnya, bahkan kini banyak orang tertarik dengan drone meskipun hanya sekedar untuk hiburan semata tanpa tau apa manfaat yang sebenarnya. Hingga saat ini bisa kita jumpai berbagai jenis drone dengan desain yang berbeda-beda serta dengan penambahan fungsi kemampuan jelajahnya yang semakin baik.

Tidak hanya sekedar mengusung teknologi terbaru saja yang membuat drone memiliki harga yang mahal, akan tetapi juga dari sisi kerumitan desainnya. Bahkan sekarang sudah ada drone dengan ukuran terkecil di dunia bernama SKEYE Nano 2 FPV Drone yang ukurannya hanya sebesar capung. Memang sangat menarik mengulas perangkat drone berteknologi canggih, meskipun begitu sampai sekarang ternyata masih belum banyak orang memahami seperti apa fungsi dari sebuah drone di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu kali ini kita akan melihat sebenarnya apa aja sih fungsi dan manfaat drone di berbagai bidang yang mungkin belum kamu tahu.

Fungsi dan Manfaat Drone di Berbagai Bidang Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Pesawat drone
Menjangkau Daerah Pelosok

Perangkat drone sangat fleksibel beberapa hal, misalnya memiliki daya jelajah yang lebih baik dibandingkan pesawat remote control, dari sisi harga lebih murah, tidak memerlukan landasan pacu yang luas, dan banyak lagi macamnya. Maka dari itu banyak teknologi drone yang kemudian dimanfaatkan untuk mengantar peralatan medis atau pun bantuan obat-obatan ke daerah-daerah terpencil, misalnya ke wilayah yang terkena musibah atau masyarakat yang masih tinggal di pedalaman hutan. Untuk daerah yang masih sulit untuk dilalui oleh alat transportasi darat, drone menjadi sarana yang efektif dan efisien dalam hal pengiriman ke daerah pelosok.


Mempercepat Proses Pengiriman


Seperti yang sudah kita ulas di manfaat pertama tadi, drone terbukti mampu untuk mempercepat pelayanan pengiriman barang. Salah satu situs toko online ternama di dunia, yakni Amazon saat ini sudah memanfaatkan drone untuk mengirim barang pesanan ke pelanggan. Meskipun baru mencakup wilayah-wilayah tertentu, namun Amazon berani menjamin proses pengirimannya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.


Meningkatkan Hasil Panen di Bidang Pertanian

Mungkin kamu belum banyak mendengar mengenai berita tentang perangkat drone yang bisa membantu proses pertanian di berbagai negara. Drone  sangat berperan penting dalam melakukan pemantauan lahan pertanian serta memberikan proteksi pada tanaman siap panen dari hama pengganggu seperti burung. Sebagaimana kita ketahui, bagi petani dengan luas lahan yang berhektar-hektar tentu merasa kesulitan untuk mengawasi maupun memproteksi hasil panennya. Dengan drone, maka kebutuhan mereka akan dua hal itu dapat terpenuhi.


Membantu Di Bidang Militer

Sudah bukan hal asing lagi jika drone memiliki peran strategis untuk kepentingan militer. Pesawat nir-awak ini kerap menjadi sarana pengintaian di udara. Misalnya saja, Israel dan Amerika Serikat yang telah menggunakan drone untuk hal tersebut. Selain itu, drone untuk militer biasanya telah dilengkapi dengan sinar laser yang mampu memberikan akurasi untuk sasaran rudal.


Mengantar Pizza

Tidak hanya untuk kepentingan militer saja, perangkat drone juga mampu memberikan fungsi unik, yakni mengantar pizza. Banyak restoran pizza yang kini telah memakai perangkat drone karena dinilai jauh lebih efisien dan cepat dibandingkan lewat jalur darat. Salah satu negara yang telah mengaplikasikan metode ini adalah beberapa pengusaha di Selandia Baru mulai melakukan proses pengantaran pizza dengan menggunakan drone, meskipun masih dalam jumlah yang terbatas.


Perangkat Fotografi

Mungkin fungsi ini yang paling sering kamu jumpai. Ya, di Indonesia, drone memang kerap digunakan untuk kepentingan fotografi udara. Selain melakukan pengambilan foto, drone yang dilengkapi dengan kamera juga bisa merekam dari udara. Kini, hampir semua stasiun televisi menggunakan drone untuk proses peliputan berita dan pengambilan gambar di udara. Yang paling sering adalah peliputan kemacetan jalanan saat arus mudik Lebaran.


Pemantau Bencana Alam

Salah satu negara yakni Filipina sudah memakai drone untuk memantau keadaan warganya ketika bencana topan Haiyan terjadi. Drone sangat efektif dalam menemukan korban jiwa yang tertimbun reruntuhan lewat udara.


Membantu Dunia Medis


Salah satu fungsi drone yang tak kalah hebatnya adalah manfaat drone bagi dunia medis. Salah satu universitas di Kanada yaitu Universitas Toronto sekarang mampu membuat sebuah drone yang bisa bekerja untuk dunia medis, yaitu dengan menggunakan Fitur Automated External Defibrillators (AEDs) mampu menyelamatkan hidup seseorang dari serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *