Sabtu, 29 April 2017

Tips Atasi Mata Lelah dan Mata Merah Akibat Terlalu Lama Bekerja Di Depan Layar Komputer / Laptop

Menikmati pekerjaan memang sudah menjadi prioritas bagi mereka yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan. Apalagi jika berstatus sebagai karyawan kantoran, pasti banyak aktivitas yang harus dilakukan di depan laptop. Jika sudah begitu, tentu menatap layar komputer atau laptop menjadi lebih intens. Seakan tak cukup, perangkat seperti tablet dan smartphone pun juga memberikan kontribusi yang kurang baik terhadap kesehatan mata. Jika mata sudah merah dan meradang, ujung-ujungnya Anda juga yang akan merasa rugi bukan?.

Salah satu ciri khas kondisi mata lelah adalah saat mata berwarna merah dan kering. Sangat penting bagi Anda yang setiap hari menatap layar monitor untuk merawat serta menjaga kesehatan mata. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tips mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar monitor komputer maupun laptop. Kira-kira apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi mata lelah dan mata merah serta dampak kerusakan mata saat bekerja?.

Tips Atasi Mata Lelah dan Mata Merah Akibat Terlalu Lama Bekerja Di Depan Layar Komputer / Laptop


1. Jaga Jarak Antara Mata dan Monitor

Pertama bisa dengan cara memberi jarak antara mata dengan layar monitor. Buat posisi ternyaman yang membuat kinerja Anda tidak terganggu akibat cahaya monitor terlalu cerah. Bahkan jika terlalu dekat dengan monitor akan membuat bagian leher tidak nyaman. Jadi usahakan untuk tidak terlalu redup dan tak terlalu terang agar mata tak cepat lelah.


2. Alihkan Fokus Mata

Terkadang kita tak menyadari bahwa menatap monitor dalam waktu lama bisa menyebabkan syaraf mata menjadi tegang. Biasakan berkedip selama 10 detik ataupun 20 detik agar syaraf mata tidak tegang. Ada juga cara lain yakni melihat sebuah benda dengan warna hijau yang dipercaya mampu memberikan kesegaran pada mata.


3. Kompres Mata

Cara lain juga terlihat mudah yakni mengkompres mata menggunakan air dingin ataupun air hangat. Fungsi dari mengkompres mata adalah memberikan rasa nyaman dan rileks kepada otot mata yang sudah lelah. Gunakan kain atau handuk lembut dan air hangat atau dingin sesuai selera.


4. Dinginkan Memakai Sendok

Cara ini terbilang cukup unik karena sendok bisa digunakan untuk mendinginkan mata. Caranya cukup memasukkan sendok bersih ke lemari es dalam beberapa menit lalu jika sudah dingin letakkan sendok pada bagian mata dengan kondisi terpejam. Jika suhu sendok kembali normal maka masukkan lagi ke lemari es dan ulangi prosesnya.


5. Manfaatkan Irisan Mentimun dan Kentang

Jika kondisi mata terlihat pucat ataupun bengkak maka manfaatkan dua bahan alami yakni mentimun dan kentang. Caranya mudah sekali, dari mentimun sendiri dipotong dengan bentuk biasa lalu simpan di dalam lemari es setelah itu tempelkan pada kelopak mata hingga 15-20 menit. Tak hanya mentimun, Anda juga bisa memanfaatkan parutan kentang yang sebelumnya melalui proses pendinginan di lemari es. Setelah diparut tempatkan pada kain tipis steril lalu gunakan untuk mengkompres.


6. Manfaatkan Kantong Teh Untuk Kompres Mata

Mungkin Anda sudah pernah mendengar manfaat dari kantong teh yang sangat baik untuk menenangkan mata lelah. Gunakan 2 kantong teh dan seduh di dalam rebusan air, jika sudah mendidih cepat matikan dan dinginkan. Jika sudah benar-benar dingin maka letakkan pada kelopak mata buat posisi lebih rileks.


7. Berikan Olahraga Pada Mata

Meski terdengar aneh, tetapi organ tubuh seperti mata juga membutuhkan olahraga. Gerakan mata secara perlahan dari arah samping, bawah, memutar, bahkan bisa membentuk 4 sudut agar otot mata bisa lebih rileks.


8. Pakailah Teknik Palming

Cara terakhir terbilang sangat sederhana yakni teknik palming dimana sangat simple yakni menggosokkan telapak tangan sampai muncul rasa panas lalu letakkan pada kelopak mata agar otot mata kembali relaksasi.

Kita semua tahu, organ mata sangatlah penting untuk melihat semuanya. Namun terkadang orang tak sadar bahwa mereka melakukan hal kurang menyehatkan bagi mata. Maka dari itu tips di atas bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *