Rabu, 19 April 2017

Tips Aman Kopdar Dengan Teman Dunia Maya Dan Jejaring Sosial

Kopi darat yang biasa disingkat dengan kata kopdar, pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu kan?. Terlebih lagi di era sosial media pada saat ini. Satu orang di dunia sebelah timur misalnya, dengan mudah bisa mengenal orang lain di belahan dunia lainnya. Atau dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Bahkan tak jarang, dikarenakan seringnya berkomunikasi di dunia maya, menumbuhkan keinginan untuk bertemu muka di dunia nyata.

Emang gak salah sih, peranan media sosial yang saat ini memang tak lagi hanya sebagai ajang untuk update status saja, akan tetapi juga menjadi ajang untuk mencari jodoh. Hal itu tentu telah menjadi hal yang lumrah mengingat kesibukan yang begitu menyita waktu dan tenaga, maka pelarian untuk menemukan jodoh pun beralih ke media sosial. Simple, cukup buka aplikasi di smartphone-mu dan kamu pun bisa langsung ngobrol dengan 'masyarakat' dunia maya.

Rasa ingin bertatap muka secara langsung sah-sah saja. Namun jangan langsung termakan oleh kata-kata yang keluar dari mulut manis teman kamu di dunia maya. Kamu tetap harus hati-hati dan waspada sebab pertemuan inilah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggungjawab untuk melakukan tindak kriminalitas. Lagi pula, keakraban kalian kan baru hanya sebatas di medsos. Kalian pernah dengar gak, seorang teman yang ponselnya hilang karena ditipu teman kopdarnya? Atau membaca berita tentang perempuan yang di culik dan diperkosa oleh teman laki-laki yang baru dikenalnya di sosmed? Hii... mengerikan!

Tips Aman Kopdar Dengan Teman Dari Dunia Maya Dan Jejaring Sosial
Kopdar (foto: topwebsearch.net)

Tentunya kamu gak mau dong, mengalami hal serupa? Karena itu, buat kamu yang berencana kopdar dengan salah satu teman dunia maya-mu, ada baiknya baca baik-baik tips berikut :


1. Talking

Simple. Kamu perlu banyak mengobrol dengan teman dunia maya-mu, lewat telepon atau video call misalnya, sebelum tatap muka secara langsung. Sedikitnya kamu bisa mendengar caranya berbicara. Syukur-syukur, kalau kamu bisa mengamati caranya bercerita tentang dirinya. Apakah dia jujur atau terdengar ada yang ditutup-tutupi. Jika memang jujur, jawabannya selalu konsisten, tidak membingungkan.


2. Stalking

Istilah itu mungkin berkonotasi negatif. Tetapi gak selamanya loh, stalking dilakukan untuk niat buruk. Sebelum kamu kopdaran, penting untuk stalking-in sosmed dia. Mulai dari biodata, foto, status, sampai komentar teman-temannya. Perhatikan apa ada yang aneh di sana, apa semua yang dia ceritakan selama ini sudah sesuai, bagaimana interaksinya dengan teman-teman dan sebagainya. Sedikit banyak, isi dalam sosmed kita mencerminkan kepribadian kita. Dari situ, paling tidak kamu bisa memiliki gambaran tentang dia, ya gak?.

3. Zona Aman

Sebagai cewek, kita harus ekstra hati-hati. Terlebih, banyaknya orang yang berniat jahat di luar sana. Mungkin, teman dunia maya-mu terlihat menyenangkan, tetapi bagaimanapun kamu belum benar-benar mengenalnya, kan? So, jika kalian berencana kopdar, tentukan tempat yang termasuk dalam zona aman kamu. Sah-sah aja kan, kalau cewek yang menentukan tempat ketemuan?!

Misalnya, di kostan kamu. Seandainya dia macam-macam, kamu tinggal panggil pasukan cewek dari dalam kost, kan? Mereka siap menyerang dengan sapu, wajan, roll rambut dan sejenisnya.

4. Ajak Teman

Kalau dia ngotot ngajak kopdaran di tempat umum, yang notabene bukan zona aman kamu, jangan pernah pergi sendirian! Ajak orang untuk menemani. Gak perlu khawatir, kalau dia memang gak berniat jahat, pasti dia gak akan keberatan kamu bawa teman. Bisa jadi, dia juga bawa teman. Nah, jodohin tuh teman kamu sama temannya. Kalian bisa double date, deh!

Gimana? Siap kopdaran sekarang? Yang paling penting dari semuanya, jangan lupa berdoa sebelum berangkat. Berdoa semoga kamu selamat. Berdoa semoga teman kopdar kamu gak pake aplikasi camera 360 di foto-fotonya. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *