Sabtu, 15 April 2017

Manfaat Ajaib Minum Air Putih Bagi Tubuh Ini Pasti Bikin Kamu Melongo!

Dulu air putih selalu dilihat sebelah mata oleh masyarakat. Rasanya yang tawar membuat orang lain lebih memilih minuman lain untuk menghilangkan dahaganya. Kepopulerannya kalah telak dengan para pesaingnya seperti minuman berkarbonasi, susu, jus, teh, ataupun kopi. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dimana orang-orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah bahaya radikal bebas, dan gaya hidup yang tidak sehat. Kepopuleran minuman paling alami karena disediakan langsung oleh alam ini perlahan mulai naik. Saat ini banyak orang sadar bahwa air putih adalah minuman terbaik dengan segala manfaatnya bagi tubuh kita. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan di Amerika pada tahun 2014 lalu, air putih kini menjadi minuman terpopuler nomor dua setelah minuman berkarbonasi di sana.

Sebesar dua per tiga dari tubuh kita memang terdiri air yang berperan seratus persen pada proses apapun yang terjadi pada tubuh kita. Itu sebabnya tanpa penjelasan ilmiahpun kita selalu merasa lebih baik setelah meminum air putih yang cukup. Agar semakin memahami bagaimana sebenarnya air putih tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena turut berperan penting menjaga tubuh kita agar selalu bugar, dan fit. Berikut kami berikan ulasannya.

Manfaat Ajaib Minum Air Putih Bagi Tubuh Ini Pasti Bikin Kamu Melongo!
Manfaat Ajaib Minum Air Putih Bagi Tubuh (sumber: internet)

1. Memperbaiki Suasana Hati

Seperti penelitian yang dilakukan Lawrence E. Amstrong salah satu ahli gizi dari University of Connecticut dan timnya yang dimuat dalam The Journal of Nutrition Ingestive Behavior and Neurosciences menunjukkan bahwa seberapa baik kita terdehidrasi dapat mempengaruhi suasana hati kita terutama pada wanita muda. Amstrong beserta timnya melakukan penelitian pada 25 orang perempuan sehat berusia muda berumur sekitar 23 tahun. Dimana para partisipan tersebut diminta untuk melakukan olahraga berkekuatan sedang dengan tingkat dehidrasi yang berbeda-beda pada tiap harinya. Para peneliti menemukan fakta bahwa saat para partisipan tidak terhidrasi dengan baik sebagian besar dari mereka langsung memiliki suasana hati yang buruk, meragukan kemampuan diri sendiri (merasa kesulitan), kehilangan konsentrasi, dan juga mengalami sakit kepala. 

Oleh karena itu, agar terhindar dari suasana hati yang buruk ditengah padatnya jadwal sehari-hari pastikan untuk selalu cukup mengkonsumsi air putih ya. Kamu bisa membawa botol air minum kecil di dalam tasmu yang dapat kamu ambil kapanpun kamu membutuhkannya.


2. Menghindarkanmu dari Sakit Kepala

Kekurangan cairan atau kurang minum sering kali membuat orang lain merasa pusing. Kurangnya konsumsi air putih juga sering kali dianggap sebagai pemicu sakit kepala sebelah (migrain). Hal ini turut diperkuat oleh penelitan yang termuat dalam The US National Library of Medicine National Institute of Health. Para peneliti mewawancarai 95 orang yang memiliki penyakit sakit kepala sebelah tentang apakah kurang minum air putih membuat mereka membuat penyakit mereka kambuh atau tidak. Hasilnya, sebanyak 34 orang mengatakan ‘ya’, sebanyak 23 orang mengatakan ‘tidak’, sedangkan sebanyak 7 orang lainnya mengatakan ‘mungkin saja’.

Sedangkan saat sakit kepala sudah menyerang, kita dapat menyembuhkannya dengan meminum air putih yang cukup. Para peneliti dari The European Journal of Neurology melakukan penelitian terhadap 9 orang pengidap penyakit sakit kepala sebelah selama dua minggu. Hasilnya, sebagian dari mereka yang minum 1,5 liter air putih sembuh dalam kurun waktu kurang dari 21 jam, dibandingkan mereka yang meminum obat sakit kepala sebelah. Oleh karena itu, agar selalu terhindar dari sakit kepala yang mengganggu. Sebaiknya minumlah dua hingga empat gelas air putih tiap dua jam sekali. Untuk menghindari bahaya dehidrasi.


3. Menjaga Ginjalmu Tetap Baik


Ginjal memiliki peran yang penting terhadap tubuh kita. Meski bentuknya kecil dia memiliki tugas yang bisa dibilang cukup berat dalam menjaga tubuh tetap sehat. Fungsi ginjal diantaranya adalah menghilangkan kotoran dalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga tekanan darah, hingga mengatur produksi sel darah merah. Pada intinya, ginjal berjasa membuat tubuh kita bekerja sebagaimana mestinya. Bisa dibayangkan bila ginjalmu harus sakit?

Untuk menjaganya tetap sehat, kita harus rajin-rajin mengkonsumsi air putih. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Profesor Ivan Tack, MD. PhD dari Toulouse Hospital And University menunjukkan bahwa peningkatan asupan air pada objek penelitian menyebabkan penurunan yang signifikan dari resiko batu ginjal.


4. Membuatmu Tetap Fokus dan Berpikir Jernih

Kurang minum mengakibatkan kurang konsentrasi. Ada Aq**? Begitu kalimat yang sering kali kita dengar dari iklan di televise setiap hari. Tetapi, kenyataannya iklan tersebut bukan hanya isapan jempol biasa. Kenyataannya, jika tubuh kita mengalami dehidrasi dapat mengganggu kemampuan mengingat, dan kemampuan motorik kita. Pendapat ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh The US National Library of Medicine National Institutes of Health yang memberikan hasil saat tubuh mengalami dehidrasi maka metabolisme otak akan menurun. Akibatnya, kemampuan otakpun turut menurun.


5. Melindungi Sendi dan Tulang Rawan

Air menjaga tulang rawan, dan persendian kita tetap lentur karena perannya yang melumasi sendi. Dengan cukup minum air putih berarti kita turut melindungi sumsum tulang belakang, dan jaringan tulang pada tubuh kita. Tulang-tulang kita itu ibarat mesin, sedangkan air yang kita minum ibarat oli. Jika tidak sering-sering dilumasi tidak akan bekerja dengan baik. Akan seret, dan akhirnya justru merusak mesin itu sendiri. Jaga tulangmu tetap sehat dengan cukup minum air putih ya.


6. Menjagamu dari Kanker

Siapa bilang melawan kanker ditengah berbagai macam makanan serba instan, teknologi, dan gaya hidup yang tidak sehat itu sulit. Pada dasarnya salah satu pemicu kanker sendiri adalah berbagai bahan kimia karsinogenik yang terkadung dalam berbagai jenis makanan yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh kita. Saat kita cukup minum air putih, bahan-bahan yang bersifat karsinogenik tersebut akan ikut terbawa oleh air dan dibuang melalui keringat ataupun air seni. Dengan selalu mencukupi kebutuhan air tubuh kita, paling tidak kamu telah menghindarkan diri dari bahaya kanker usus besar dan kanker payudara.


7. Membantumu Menurunkan Berat Badan


Sudah banyak penelitian mengenai peran air putih untuk menurunkan berat badan kita. Salah satu penelitiannya adalah penelitian dari Brenda Davy, PhD berserta tim ahli gizi dari Virginia Tech yang melakukan pengamatan pada 48 orang yang mengalami obesitas. Mereka yang mengalami obesitas tersebut diminta untuk melakukan diet rendah kalori yakni sebesar 1200 kalori untuk perempuan, dan 1500 kalori untuk laki-laki per hari. Setengah dari mereka diminta untuk minum 16 ounce air putih, atau sekitar 473 ml sebelum makan. Setelah beberapa bulan, hasil menunjukkan bahwa mereka yang diminta minum air putih sebelum makan kehilangan 15,5 pon berat badannya, atau sekitar 7,5 kg. Hal ini lebih besar jumlahnya jika dibandingkan mereka yang tidak diminta minum air putih yang hanya kehilangan rata-rata 5,5 kg berat badannya.

Para peneliti tersebut berkesimpulan bahwa minum air putih sebelum makan membantu mengisi perut kita. Sehingga kita menjadi tidak terlalu lapar, dan saat makan tidak akan kalap. Selain itu, minum air putih menekan keinginanmu untuk menenggak soda, atau jus kemasan yang tinggi kalori. Minum air putih sebelum makan juga membuat berat badanmu yang telah turun tidak mudah melonjak kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *