Minggu, 16 April 2017

Kebiasaan Menabung Tak Lagi Jadi Wacana Dengan Mengikuti 12 Cara Berhemat Yang Kreatif Ini

Jika kamu pernah mendengar kisah sebagian besar orang sukses. Mereka pasti sudah terbiasa untuk menabung sejak mereka memperoleh gaji pertamanya. Ada sebagian dari mereka yang akhirnya menggunakan tabungan tersebut untuk modal usaha, memenuhi kebutuhan yang mendadak, atau justru disumbangkan untuk mereka yang lebih membutuhkan. Terlepas digunakan untuk apa uang yang mereka sisihkan dari gaji bulanan tersebut. Dari kebiasaan menabung tersebut pada akhirnya mereka terbiasa untuk mengatur keuangan, dan membelanjakan uangnya dengan bijak.

Sebenarnya menabung itu mudah saja kok. Tidak perlu menunggu sampai mempunyai jabatan tinggi diperusahaan, atau berpenghasilan tinggi untuk dapat menabung. Kamu yang baru saja jadi pekerja fresh graduated juga bisa mulai membiasakan diri untuk menabung. Seperti yang dilakukan oleh mereka yang telah lebih dahulu sukses, kebiasaan menabung tersebut pada akhirnya akan membiasakanmu untuk mengatur keuangan. 12 Cara Kreatif dalam Berhemat Agar Menabung Tidak Hanya Sekedar Wacana yang dapat kamu lancarkan.

Kebiasaan Menabung Tak Lagi Jadi Wacana Dengan Mengikuti 12 Cara Berhemat Yang Kreatif Ini
Ilustrasi Menabung (sumber: internet)

1. Rencanakan Anggaranan Bulanan

Setelah menerima gaji rencanakanlah anggaran belanjamu selama sebulan. Bedakan antara uang makan, uang servis kendaraan, uang habis pakai sebulan, uang bensin, uang pulsa, dan kebutuhanmu lainnya. Jangan lupa anggarkan pula dana untuk keadaan tidak terduga, atau emergency. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita selama sebulan kedepan. Setelah melakukan perencanaan, usahakan untuk selalu disiplin dalam menjalankan perencanaan tersebut. Jangan tergoda dengan segala godaan diluar sana yang akan membengkakkan anggaranmu.

Hal ini akan menjadi bagian paling susah, tapi kamu pasti dapat melalukannya. Untuk memudahkanmu dalam mengontrol anggaran, kamu dapat memanfaatkan berbagi macam aplikasi perencanaan keuangan yang ada dalam smartphonemu. Seperti Wallet, Digit, Mint, Personal Capital, dan berbagai macam aplikasi lainnya.


2. Beli Paket Kuota di Awal Bulan

Agar lebih menghemat pengeluaran, maka belilah paket kuota internet di awal bulan untuk smartphonemu. Perhatikan baik-baik tawaran berbagai macam provider, dan temukan yang paling sesuai dengan kantong, dan kebutuhanmu. Beberapa provider ada yang memberikan paket antara 3-12 GB selama satu bulan penuh dengan harga tidak lebih dari Rp. 100.000,00.

Setelah itu manfaatkan komunikasimu dengan teman-temanmu melalui layanan Whatsapp, BBM, dan Line untuk aplikasi pesan. Atau melalui layanan viber, dan skype jika kamu membutuhkan layanan telpon, dan video call gratisan. Dengan begitu kamu hanya akan mengeluarkan uang sebesar Rp. 100.000,00 itu untuk kebutuhan komunikasimu dalam sebulan tanpa perlu membeli pulsa reguler. Lebih hemat kan?

Jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan untuk WiFi gratisan di kantor, perpustakaan, atau tempat keramaian lainnya yang memberikan layanan WiFi cuma-cuma. Gunakan semaksimal mungkin untuk mendownload aplikasi, mengupdate, atau kegiatan lain yang akan membutuhkan kuota yang besar. Dengan begitu kamu dapat menghemat kuota internetmu.


3. Saat Berbelanja Bawalah Daftar Belanjaan

Untuk menghindari belanja yang sifatnya impuls, atau tanpa berpikir panjang. Bawalah selalu daftar barang yang hendak dibeli saat pergi ke supermarket. Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak ada di daftar. Karena membeli barang yang tidak ada didaftar sama artinya dengan membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Tidak peduli seberapa besar diskon yang ditawarkan.


4. Buat Menu Makananmu Setiap Hari

Kamu dapat merencanakan makananmu sendiri yang sesuai dengan kaidah 4 sehat 5 sempurna setiap harinya. Saat makan siang jangan malu untuk membawa bekal makan siangmu. Mengkonsumsi sekepal nasi merah, tumis kangkung, beberapa potong tempe goreng, dan sebuah apel jelas-jelas lebih baik untuk tubuhmu. Daripada menghabiskan puluhan ribu untuk membeli sepotong ayam goreng, nasi, dan softdrink yang jelas-jelas isinya hanya berupa karbohidrat. Menu sehat yang dapat kamu buat sendiri jelas-jelas lebih mencukupi kebutuhan gizi harianmu, dan yang pasti lebih ramah dikantong.


5. Perbanyaklah Mengkonsumsi Air Putih

Banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi air putih. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya dapat meningkatkan konsentrasi, dan metabolisme tubuh. Selain lebih menyehatkan badan ternyata air putih juga bermanfaat untuk menghemat pengeluaranmu lho.

Dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih setiap harinya, akan menyisihkan pengeluaranmu untuk membeli jus dalam kemasan, atau sebotol soda yang jelas-jelas harganya lebih mahal dibanding air putih. Mengkonsumsi air putih juga dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga menekan keinginanmu untuk ngemil makanan ringan, atau gorengan. Jelas bisa lebih irit.


6. Beli Barang-Barang Refill dengan Ukuran Besar

Kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, shampo, pasta gigi, pembersih wajah, deterjen, body lotion dan lainnya adalah kebutuhan yang diperlukan dalam keseharian kita. Akan lebih baik lagi jika kamu membeli segala kebutuhan harian itu dalam ukuran besar, atau refillnya. Memang, harga belinya akan jauh lebih mahal jika dibanding dengan membeli yang ukuran kecil. Tetapi jika dihitung dengan cermat, pengeluaranmu untuk satu barang berukuran besar akan lebih murah dibandingkan pengeluaran barang yang sama untuk beberapa barang ukuran kecil. Lagipula, misal barang tersebut tidak habis dalam waktu satu bulan, toh tanggal kadaluarsanya pasti masih jauh. Jadi, dapat kamu gunakan untuk bulan berikutnya. Cerdas!


7. Beli Barang yang Berkualitas

Jika ingin belanja barang-barang seperti sepatu, tas, atau barang yang akan digunakan dalam waktu yang lama. Pastikan untuk membeli barang yang berkualitas. Mending beli sepatu dengan harga Rp.900.000,00 tetapi tetap bisa dipakai bahkan setelah 5 tahun mendatang. Dibandingkan membeli sepatu KW harga dibawah Rp.200.000,00 tetapi baru beberapa bulan dipakai sudah rusak. Dengan begitu kedepannya daripada membelanjakannya, kamu dapat menyimpan danamu untuk membeli kebutuhan semacam itu.


8. Lebih Baik Merawat/Memperbaiki daripada Beli Baru

Meski terkesan sepele, jangan lupa untuk mengganti oli, dan servis kendaraanmu agar mesinnya tetap awet. Begitu pula dengan barang-barang lain yang membutuhkan perawatan. Walau bagaimanapun merawat setiap bulannya akan lebih murah daripada harus membeli yang baru nantinya.

Selain itu, saat barang-barangmu sudah sedikit rusak. Sebelum memutuskan untuk membeli yang baru, periksa lagi apakah barang tersebut masih dapat diperbaiki atau tidak. Jika masih dapat diperbaiki, dan harga jasa perbaikan lebih murah daripada harus membeli yang baru, maka perbaikilah. Hal ini dapat menekan pengeluaranmu juga.


9. Tukar Tambah Selalu Lebih Baik


Saat kamu merasa bosan dengan salah satu barangmu seperti gadget misalnya. Jangan langsung memutuskan untuk membeli yang baru. Tengok lagi anggaran danamu, dan pertimbangkan harga jual gadgetmu itu dipasaran. Jika kamu memang menganggarkan untuk membeli gadget bulan ini. Dan harga jual gadgetmu yang lama masih lumayan tinggi dipasaran. Kamu dapat melakuan tukar tambah antara gadget lamamu, dan gadget baru yang kamu inginkan. Tapi, pertimbangkan baik-baik gadget baru yang ingin kamu beli. Apakah sesuai dengan kebutuhanmu? Sebaiknya jangan laper mata, asal gaya, atau mengikuti trend semata. Sehingga pengeluaranmu tetap aman.


10.Tantang Diri Sendiri untuk Mengubah Kebiasaan

Kita paling suka jika diberi tantangan. Tantangan-tantangan kecil dalam usahamu berhemat dapat mengobarkan semangatmu untuk terus mengatur keuanganmu. Kamu bisa menantang diri sendiri dengan berbagai macam cara. Misalnya, kamu harus bisa menyisihkan uang sebesar minimal Rp. 50.000.00 tiap minggu untuk ditabung. Atau kamu menantang dirimu sendiri untuk hanya menghabiskan sebungkus rokok dalam satu minggu. Bisa juga kamu menantang dirimu sendiri untuk makan lebih banyak sayuran, daripada junk food.

Dengan tantangan-tantangan kecil setiap minggunya lama-lama tanpa kamu sadari akan merubah kebiasaanmu. Yang tadinya susah sekali menyisihkan uang, sekarang jadi bisa. Yang awalnya aktif sebagai perokok, lama-lama akan berhenti merokok. Yang tadinya suka sekali mengkonsumsi junk food, bisa lebih sehat karena akhirnya terbiasa mengkonsumsi sayuran. Banyak hal positif yang dapat diperoleh, selain menghemat anggaran tentunya. 


11.Jangan Remehkan Uang Recehan


Penduduk Indonesia memang sering kali tidak menghargai uang recehan. Bahkan saat belanja di supermarket uang tidak lebih dari seribu rupiah pasti akan ditukar dengan koin, atau diminta agar disumbangkan saja. Di negara maju seperti Jerman misalnya, uang kembalian sebesar satu sen pun pasti akan dikembalikan kepada pelanggannya.

Jika kamu saat ini termasuk mereka yang belum menghargai uang recehan. Mulai sekarang kamu harus belajar menghargainya. Suatu saat pasti akan bermanfaat. Toh, uang 99.900 rupiah tidak akan menjadi 100.000 rupiah tanpa recehan sebesar 100 rupiah kan?

Baca juga: Tips Hidup Hemat dan Cara Efektif Menghemat Uang


12.Cuci Sendiri Pakaian Kotormu

Bagi kamu yang masih sendiri, dan sibuk dengan rutinitas setiap hari. Biasanya akan memilih untuk memasukkan pakaian kotormu ke laundry. Memang sih lebih simpel, dan terkesan tidak merepotkan. Tetapi, akan lebih hemat jika kamu bisa sedikit mengakalinya. Kamu bisa mencuci sendiri pakaian kotormu. Selain harga detergen yang pasti lebih murah, mencuci bisa membakar kalori dalam tubuhmu. Nah, jika kamu memang tidak punya waktu banyak untuk menyetrika baju. Barulah setelah cucianmu kering, kamu dapat memasukkannya ke laundry untuk di setrika saja. Paling tidak kamu hanya perlu membayar setengah dari harga laundrymu biasanya untuk jasa setrika saja. Brilian!

Pada dasarnya esensi dari berhemat, agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung bukan ingin mengubahmu menjadi pribadi yang pelit, dan tidak mau berbagi. Melainkan membiasakanmu untuk membelanjakan uangmu untuk memenuhi kebutuhan hidupmu, bukan keinginanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *