Selasa, 11 April 2017

Katakan 7 Hal Ini Ke Diri Kamu Sendiri Saat Merasa Rendah Diri

Pernah kah kamu merasa tidak lebih baik dari orang lain. Kamu merasa tidak bisa diandalkan, dan tidak bisa melakukan berbagai macam hal sebaik orang lain. Dari sudut pandangmu, orang lain seakan mengganggapmu tidak bisa melakukan hal yang mereka percayakan padamu dengan baik. Kamu pun meragukan kemampuanmu sendiri.

Atau justru sebaliknya, pernahkah kamu merasa terbebani oleh harapan orang lain terhadapmu yang kamu anggap terlalu tinggi. Kamu seringkali merasa tidak seharusnya pimpinanmu, keluargamu, dosenmu, atau orang disekitarmu yang lain memberikan ekspektasi berlebihan terhadap kemampuan yang kamu miliki. Kamu merasa tidak pantas mendapatkannya.

Perasaan-perasaan negatif macam itu dapat membuatmu semakin minder, dan tidak percaya diri. Jadi, saat kamu merasa pada kondisi tersebut kamu harus segera mengubah pemikiranmu yang keliru itu. Saatnya untuk mencari motivasi agar kembali bangkit dari keterpurukan.

Motivasi itu bisa dari mana saja. Tetapi, bagaimana jika kamu tidak menemukan motivasi diluar dirimu? Tenang, kamu tetap bisa menemukan motivasi itu dari dalam dirimu sendiri agar tidak lagi rendah diri. Berikut 7 Hal yang Harus Kamu Katakan Pada Diri Sendiri Saat Merasa Rendah Diri.

Katakan 7 Hal Ini Ke Diri Kamu Sendiri Saat Merasa Rendah Diri


1. Jangan Berprasangka Buruk

Prasangka buruk itu muncul akibat kamu selalu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Selama ini kamu mungkin terlalu lama melihart kepada orang lain dibandingkan melihat kedalam diri kamu sendiri. Jadi yang tampak olehmu hanyalah kebaikan-kebaikan orang lain, sedangkan kamu lupa bahwa kamu juga memiliki kemampuan pula. Kamu salah jika menilai orang lain hanya berdasarkan seberapa besar atau seberapa tinggi pencapaiannya. Sekali lagi, bukankah Tuhan telah menciptakan manusia dengan kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Tiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya yang tidak untuk dibanding-bandingkan. Jadi, kamu sebenarnya sama seperti orang lain. Sama-sama dapat memberikan usaha terbaikmu dalam berbagai hal yang kamu ragu atas kemampuanmu sendiri. Berikan kepercayaan pada diri sendiri untuk melakukan usaha terbaiknya, dan kamu akan kaget dengan hasilnya.


2. Kamu Tidak Sendirian

Kamu merasa rendah diri bisa jadi karena kamu sudah membayangkan bahwa hal tersebut harus kamu selesaikan sendirian. Kamu sudah pusing membayangkan bagaimana sulitnya mengerjakan semuanya. Tetapi, salah besar pemahaman seperti itu. Siapa bilang semau harus kamu lakukan sendirian. Kamu tidak sendirian. Diluar sana ada banyak orang yang akan dengan senang hati membantumu. Ada banyak komunitas yang dapat kamu ikuti, dan bertemu orang-orang hebat didalamnya yang dari mereka kamu bisa memperdalam ilmumu. Atau teman-temanmu yang kamu anggap lebih mumpuni juga pasti dengan senang hati akan memantumu. Ada banyak bantuan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan kapasitas diri.

Mengakui bahwa kamu belum menguasai hal tertentu dengan baik jangan membuatmu rendah diri. Sebaliknya, itu adalah tanda bahwa kamu ingin belajar, dan berkembang. Orang lain juga pasti tidak melihatmu seperti itu. Kamu saja yang selama ini berprasangka buruk pada diri sendiri. Jadi, jangan takut, kamu tidak sendirian.


3. Semua Orang Menghadapi Hal yang Sama

Sebenarnya bukan hanya kamu yang menghadapi krisis kepercayaan pada diri sendiri seperti sekarang ini. Orang lain juga kerap kali menghadapinya. Bahkan orang-orang yang kamu anggap lebih mumpuni sekalipun. Tetapi, tidak seharunya kita terus menerus terpuruk, dan memiliki rasa rendah diri. Walau bagaimanapun kamu juga memiliki kesempatan juga. Tinggal apakah kamu ingin terus terpuruk dalam kerendah dirian. Atau justru sebaliknya, kamu memberikan kesempatan pada dirimu sendiri untuk berkembang, dan menghadapi tantangan.


4. Masalah Ini Akan Membuatmu Lebih Kuat

Apapun masalah yang memicumu menjadi rendah diri. Jangan menghindar, dan lari darinya. Walau bagaimanapun itu harus kamu hadapi. Tetapi percayalah, besama kesulitan pasti ada kemudahan. Lewat masalah tersebut Tuhan sedang mengajarimu suatu pelajaran tertentu. Itu pasti. Mungkin saat ini kamu tidak memahaminya. Tetapi, nanti setelah berhasil melewati masalah tersebut, kamu akan paham pelajaran apa itu. Yang pasti, masalah tersebut akan membuatmu lebih kuat dari sebelumnya. Bukan dari fisik tentunya, lebih kepada kuat secara mental, dan pemikiran. Mungkin saat menghadapi masalah tersebut kamu akan terluka, atau tergores lah paling tidak. Tetapi, setelah luka itu sembuh, kamu akan menjadi lebih kuat, lebih berani, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apapun itu masalahnya.


5. Sebelumnya Kamu Bisa Melakukannya

Kamu yang sekarang sedang merasa rendah diri. Ingatlah kembali bahwa sebelumnya kamu juga pernah mengalami masalah-masalah yang pada akhirnya kamu berhasil melaluinya. Misalnya, saat ini kamu rendah diri karena belum memperoleh pekerjaan impian. Bukankah kamu pernah melalui fase yang kamu anggap sulit seperti ini? Ingatkah kamu, saat masih duduk di bangku SMA, kamu pernah berjuang melahap berbagai macam soal latihan siang dan malam hanya untuk memperoleh satu bangku di jurusan yang kamu impikan. Pada akhirnya, kamu pun berhasil menyandang predikat mahasiswa di kampus impianmu. Ingatkah kamu beberapa waktu yang lalu kamu harus jatuh bangun untuk menyelesaikan skripsimu. Revisi berkali-kali, coret sana-sini, harus mengulang bab sebelumnya. Saat mengalaminya seakan rasanya sulit sekali. Tetapi, lihatlah sekarang, kamu berhasil melaluinya kan? Kamu berhasil membuat kedua orangtuamu tersenyum bangga dengan pakaian togamu.

Belajar dari keberhasilan-keberhasilanmu sebelumnya. Begitu pula saat ini, kamu pasti bisa menghadapi tantangan apapun yang menghadang dihadapanmu kembali. Ingat kembali jalan yang harus kamu tempuh untuk sampai pada tempatmu saat ini. Lihatlah dirimu dari sudut pandang yang lainnya, dan ingat lagi betapa banyak hal yang sudah berhasil kamu taklukan. Meskipun untuk melalui hal tersebut rasanya tidak menyenangkan, tetapi pada akhirnya kamu berhasil juga kan. Begitu pula saat ini.


6. Kegagalan adalah Sebaik-Baiknya Guru

Kamu merasa rendah diri bisa jadi karena kamu terlalu takut jika harus gagal. Kamu takut mengecewakan orang lain. Benar? Tetapi, ingatlah bahwa pada setiap kegagalan, atau kejadian yang membuat kita kecewa karenanya, pasti akan selalu ada hal untuk dijadikan pelajaran. Jadi jangan takut gagal. Kesampingkan rasa takutmu. Orang-orang mungkin akan kecewa padamu saat kamu gagal. Tetapi, itu hanya sebentar. Selanjutnya, mereka akan kembali melanjutkan hidup, dan begitu pula denganmu. Duniamu tidak akan berakhir hanya karena kamu melakukan kegagalan. Justru setelah kamu pernah mengecap kegagalan dan dari kegagalan tersebut kamu belajar. Langkah selanjutnya kamu tidak akan takut gagal lagi.


7. Kamu Memang Tidak Sempurna

Kenyataannya kamu memang tidak sempurna, dan tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan dengan segala kesempurnaanNya. Jadi, terimalah dirimu apa adanya. Kamu tidak perlu menjadi sangat sangat pandai, dan menguasai hal tertentu untuk mencobanya. Tetapi dari mencoba itulah kamu akan semakin menguasainya. Jika kamu berpikir kamu tidak pantas, selamanya kamu tidak akan pantas. Terkadang kamu harus menerima kenyataan, dan melangkah tanpa rasa takut. You are perfectly imperfect, and that makes you you. Cheers!.

Saat kamu merasa rendah diri, sebenarnya dikarenakan cara berpikirmulah yang kurang tepat. Semoga dengan mengatakan kalimat-kalimat diatas pada diri sendiri. Akan mengubah pemikiranmu, dan memotivasimu agar tidak rendah diri. Kamu juga berharga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *