IBX5A2F9222D4AE8

Sabtu, 10 Desember 2016

Tips Merawat Furniture & Mebel Kayu Jati

Tips Merawat Furniture & Mebel Kayu Jati. Untuk mempercantik rumah, tentu tak bisa membiarkan ruangan kosong melompong begitu saja. Agar penampilan rumah Anda menjadi lebih indah, harus dilengkapi dengan hiasan serta berbagai interior yang sesuai dengan tema yang Anda usung untuk rumah Anda.

Harus ada beberapa jenis furniture wajib yang dipasang didalamnya. Termasuk diantaranya adalah kursi dan juga meja. Furniture ini berfungsi sebagai pelengkap ruangan yang fungsional untuk menyambut tamu sehingga tamu yang datang tak hanya bisa duduk lesehan beralaskan tikar semata. Selain 2 jenis tersebut tentunya masih ada banyak lagi furniture lain yang bisa Anda kombinasikan agar ruangan rumah Anda semakin ciamik.

Pemilihan furniture merupakan salah satu hal penting yang tak boleh sembarangan, karena selain berguna dari sisi fungsi, furniture tersebut sejatinya juga bisa menjadi dekorasi yang indah dalam rumah. Inilah mengapa banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Salah satu faktor penting selain bahan yang digunakan, tentunya adalah adalah dari sisi desainnya. Jadi pilah dan pilih desain furniture terbaik yang paling sesuai dengan konsep serta tema rumah Anda.


Belakangan ini bentuk yang paling banyak diminati adalah gaya minimalis. Hal ini senada dengan bentuk arsitektur rumah modern minimalis yang tengah populer. Rumah minimalis pada dasarnya dikarenakan ukuran tanah yang sangat terbatas namun dari sisi pemanfaatannya ingin semaksimal mungkin namun tetap memberikan kesan yang longgar dalam rumah tersebut. Dari sisi bahan, furniture minimalis tergolong cukup banyak. Mulai dari bahan yang paling banyak digunakan seperti kayu dan besi hingga produk furniture bahan plastik.

Banyak diantara furniture yang mengaplikasikan kayu jati sebagai bahan dasar utama. Apalagi memang permintaan dari konsumen juga sangat tinggi terkait dengan produk furniture berbahan dasar kayu premium tersebut, terutama untuk dijadikan kursi café atau kursi restoran. Bahan kayu jati juga harganya jauh lebih mahal karena lebih unggul jika dibandingkan bahan kayu lain baik dari segi kekuatan maupun seratnya yang artistic, sehingga sangat cocok untuk dibuat model vintage atau klasik.

Tips Merawat Furniture & Mebel Kayu Jati


Dalam penggunaannya, tentu sama dengan bahan lainnya ada masa dimana ia akan mudah rusak, khususnya jika tak dirawat dengan tepat. Untuk itu ketahuilah beberapa tips perawatannya berikut ini:


1. Tempatkan di ruangan yang kering

Sebaiknya furniture dari kayu jati ditempatkan di tempat yang kering dan hindari tempat-tempat yang lembab. Kayu jati pada dasarnya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan kayu-kayu lainnya, yaitu memiliki masalah dengan suhu ruangan yang tak stabil. Kondisi lembab akan membuatnya mudah sekali berjamur dan lapuk. Sementara panas matahari langsung bisa menyebabkan kayu tersebut melengkung. Jadi hati-hati dalam menempatkannya, taruh hanya di ruangan yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.


2. Bersihkan dari debu dan kotoran yang menempel

Selalu bersihkan furniture kayu jati dari kotoran dan debu yang menempel, namun jangan menggunakan air. Proses membersihkan tersebut cukup dengan melakukan pengelapan di bagian permukaan saja. Cara ini sangat mudah, namun harus dilakukan secara rutin agar debu-debu yang menempel tak kian menebal. Jangan lupa area-area yang sulit dijangkau juga harus Anda bersihkan.


3. Rajin memplitur

Jika plitur pada permukaan furniture Anda sudah mulai buram, menipis atau bahkan hilang, maka untuk mengembalikan penampilannya bisa dengan mempliturnya. Plitur memiliki fungsi yang sangat baik untuk mengkilapkan permukaan kayu serta menjaga kayu agar tak mudah dimakan rayap. Ini bisa dilakukan secara berkala minimal 1 kali dalam 1 tahun.


4. Gunakan cairan pembersih khusus

Gunakan cairan yang memang khusus untuk furniture kayu untuk menghilangkan noda yang menempel khususnya noda yang sulit hilang seperti cat dan sejenisnya. Hal ini diupayakan agar dalam prosesnya Anda tak menggores bagian permukaan kayu. Cairan tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko bahan bangunan dengan harga murah.


5. Perhatikan kebersihan dari kain dan juga busa pelapis

Biasanya untuk kursi sofa selalu menggunakan kain atau busa pelapis. Jaga selalu kebersihannya agar furniture Anda tetap awet dan cantik dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Ingin Beli Kursi Untuk Bisnis Cafe? Inilah Beberapa Pertimbangannya!

Demikianlah beberapa cara mudah dalam merawat furniture yang terbuat dari kayu jati. Bagaimana, mudah bukan?. Dengan perawatan yang benar, furniture dari kayu jati bisa awet dan tahan hingga puluhan tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *