Jumat, 23 Desember 2016

Tips Memilih Kos Kosan (Kost) Untuk Mahasiswa dan Pekerja Kantoran Yang Kamu Perlu Tau

Merantau jauh dari orangtua untuk menimba ilmu, atau mencari peruntungan demi sesuap nasi mungkin kini menjadi hal yang mau tak mau harus kamu tempuh. Kamu harus belajar hidup mandiri, dan menjalankan semuanya sendiri.

Orangtuamu tidak bisa selama 24 jam penuh mengawasimu seperti sebelumnya. Mereka hanya dapat memataumu dari jauh. Jadi mulai dari sekarang semua keputusan ada di tanganmu sendiri. Saat jauh dari keluarga, dan tanpa sanak saudara biasanya hal pertama yang harus kamu lakukan begitu tiba di kota tersebut adalah mencari tempat kos atau kos kosan.

Ada banyak sekali ragam macam kos-kosan yang ditawarkan. Pertanyaannya sekarang adalah kos seperti apa yang cocok untuk kebutuhan, dan kondisimu saat ini. Mencari tempat kos itu ibarat mencari jodoh, kalau tidak cocok denganmu justru akan menyusahkan dirimu sendiri. Kamu bisa menjadi terganggu, tertekan, galau, dan mengalami perasaan negatif lainnya. Tidak nyaman sekali bukan?.

Nanti kamu malah jutru menjadi tidak fokus dengan studimu, atau kerjaanmu gara-gara tempat kos yang tidak cocok ini. Tempat kos yang baik sebaiknya hendaknya mendukung semangatmu untuk meraih cita-cita, dan membuatmu produktif dalam bekerja. Untuk itu, perhatikan beberapa tips memilih tempat kos kosan untuk mahasiswa dan pekerja kantoran berikut ini sebelum memutuskan untuk menempati tempat kos.



Sesuaikan Jenis Kos dengan Anggaran / Biaya


Sebelum memilih tempat kos tentukan dulu besaran anggaran biaya yang kamu alokasikan untuk kos ini. Tentukan pula jenis kos yang kamu inginkan. Apakah memilih kos dengan sistem pembayaran bulanan, trimesteran, semestertan, atau tahunan. Tentu semuanya memiliki kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Hal ini perlu diperhatikan, dan disesuaikan dengan keadaan keuanganmu saat ini. Setelah itu, tentukan fasilitas yang kamu butuhkan ada di kamar kost tersebut. Kamar kos dengan kamar mandi dalam, atau luar. Harga kos sudah termasuk uang listrik, atau belum. Semua kebutuhanmu harus kamu definisikan sebelumnya. Inilah nanti yang akan menjadi salah satu pedomanmu untuk menentukan tempat kos mana yang akan kamu tempati.


Perhatikan Fasilitas yang Disediakan


Saat menemukan salah satu calon tempat kos yang dirasa cocok dikantong . Jangan terburu-buru memutuskan untuk menempatinya. Tanyakan pada pemilik kos tersebut dengan harga yang telah kamu bayarkan, fasilitas apa yang telah kamu dapatkan. Apakah kamu harus membayar lagi uang listrik, air, gas, dan kebersihan? Perikasa pula apakah air di kosmu lancar, apakah listriknya tidak sering mati, dan apakah sinyal di dalam kamar kosmu tersebut bagus. Hal ini penting untuk keberlangsungan hidupmu kedepannya. Susah juga kan rasanya jika harus terganggu dengan air yang keruh, atau sering kali mati, listrik yang sering kali mati, atau sinyal yang susah didapatkan dari dalam kamarmu. Duh, itu kamar kos apa gua, kok sinyalnya nggak ada?


Ukur Jarak Kos dengan Kampus / Kantor


Perhatikan pula kondisimu, dan moda transportasi yang kamu gunakan selama merantau. Jika kamu ternyata tidak menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya kamu memilih tempat kos yang dekat dengan kampus atau tempatmu bekerja agar jarak tempuhmu semakin dekat. Akan berbeda halnya jika kamu menggunakan kendaraan bermotor sebagai moda transportasimu. Tentu memilih tempat yang sedikit lebih jauh tentu tidak akan masalah. Tetapi, tentu saja kamu harus menganggarkan biaya yang lebih untuk keperluan bahan bakar kendaraanmu itu.

Sebenarnya memilih tempat kos yang jaraknya dekat, atau jauh sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tempat kos yang biasanya dekat dengan kampus, atau tempat kerja biasanya harganya lebih mahal. Jika dibandingkan dengan tempat kos dengan jenis yang sama yang letaknya lebih jauh, atau berada di pinggiran. Apalagi jika tempatnya cukup strategis, misalnya dekat dengan pusat perbelanjaan, bioskop, sekolahan, rumah sakit, pos polisi dan lain sebagainya. Jadi, pertimbangkan baik-baik hal ini.

Kenali Keadaan dan Suasana Kos dan Sekitarnya


Mengenali keadaan kos, dan suasana sekitar calon tempat kosmu adalah hal wajib yang perlu kamu perhatikan selanjutnya. Demi memperoleh tempat kos yang cocok denganmu, wajib hukumnya mengobservasi keadaan kos tersebut, dan area sekitar tempat kos. Hal ini berkaitan erat dengan kenyamanan, keamanan, dan kondusifitas tempat kosmu. Tentu hal ini menjadi penting karena senyaman, dan semurah apapun calon tempat kosmu itu tetapi marak kasus pencurian, dan warga masyaratnya tidak cocok dengan kebiasaanmu. Misalnya gemar mabuk-mabukan, banyak preman, dan marak perkelahian tentu kamu harus memikir ulang untuk memilih tempat itu. Alih-alih fokus dengan pekerjaanmu, kamu justru bisa jadi sasaran para pencuri saat kamu lengah, atau korban empuk para preman untuk dipalak. Duh, menakutkan sekali.


Perhatikan Peraturan Kos yang Ada


Selain menyesuaikan anggaran biaya, fasilitas, jarak tempuh, dan keadaan sekitar kos. Kamu juga perlu memperhatikan daftar peraturan kos sebelum memutuskan untuk menempati tempat itu. Pastikan peraturan tersebut tidak memberatkan kondisimu. Jika kamu tidak suka ada lawan jenis yang masuk ke dalam kos, berarti pilihlah kamar kos yang mengharuskan teman yang lawan jenis untuk menunggu di luar kos. Jika kamu harus sering lembur malam karena urusan kerjaan, berarti pilihlah kos yang tidak memiliki jadwal jam malam, atau para penghuni kosnya dibekali dengan kunci gerbang kos masing-masing. Sesuaikan peraturan kos ini dengan kondisimu, dan pastikan peraturannya sesuai dengan prinsipmu, pun kamu tidak merasa keberatan menjalankannya. Jadi, sama-sama enakkan untuk dijalani kedepannya.


Observasi Keadaan Teman-Teman Satu Kos


Sebelum memutuskan untuk menempati tempat kos ada baiknya kamu berkenalan dulu dengan salah satu calon teman kosmu disana. Korek keterangan dari mereka mengenai tempat kos tersebut. Suka dukanya, manis asamnya, tentu mereka yang lebih dulu tinggal di tempat itu jauh lebih paham tentang seluk beluk tempat tersebut. Hal ini perlu untuk memantapkanmu dalam memilih tempat kos. Dari sanalah setidaknya kamu memiliki gambaran bagaimana calon teman kosmu kelak. Jika kamu orangnya periang, dan teman-teman kosmu justru saling egois sibuk sendiri-sendiri tentu akan membuatmu stress. Sebaliknya jika kamu membutuhkan kos yang tenang, dan tidak saling mengganggu, tentu menempati tempat kos yang warganya terlewat berisik juga bukan hal yang menyenangkan. Untuk itu, diharapkan dari wawancara singkatmu dengan penghuni calon tempat kosmu dapat menjadi pertimbangan tersendiri sebelum memutuskan pilihan.


Minta Pendapat Warga Sekitar Kos Tersebut


Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan dalam memilih tempat kos adalah dengan menanyakan perihal tempat kosmu tersebut kepada warga sekitar. Warga sekitar tempat kos biasanya lebih memahami bagaimana calon tempat kosmu yang sesungguhnya. Berbeda dengan ibu kos yang ketiak awal datang melihat tempat kos selalu mengatakan hal yang baik-baik saja tentang calon tempat kos tersebut. Warga disekitar tempat kos tersebut justru sebaliknya mengatakan hal yang jujur apa adanya. Hal ini perlu dilakukan untuk memantapkan hatimu agar tidak seperti membeli kucing dalam karung. Tidak asyik sekali rasanya jika ternyata begitu kamu menempatinya, warga sekitar tempat kosmu baru memberitahumu bahwa tempat kosmu itu dulunya bekas tempat mahasiswa frustasi yang mengakhiri hidupnya beberapa bulan yang lalu. Atau tempat itu angker dengan segala kejadian menakutkannya. Jadi, merinding disko deh, ampun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *