Jumat, 23 Desember 2016

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Kamu Terhindar Dari Istilah 'Salah Ambil Jurusan'

Setelah lepas dari seragam berwarna putih dan abu-abu, apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya? Ada yang memilih untuk langsung masuk ke dunia kerja. Tetapi, pasti ada pula sebagian besar dari kamu yang memilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dahulu, saat mengenakan masih mengenakan pakaian sekolah menengah, rasanya iri sekali melihat kakak-kakak angkatan yang sudah lulus mengenakan pakaian bebas, dan menyandang gelar mentereng sebagai mahasiswa.

Namun, saat kamu mendapatkan giliran untuk menjajal gelar mahasiswa seperti yang selama ini kamu idam-idamkan. Apakah kamu sudah mantab menentukan ilmu apa yang ingin kamu dalami selanjutnya? Karena seperti yang kita ketahui, ilmu yang dipelajari di bangku SMA dan bangku kuliah itu berbeda. Saat di bangku sekolah menengah kita hanya memiliki dua jenis penjurusan, yakni ilmu pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan sosial.

Sedangkan di bangku kuliah, ilmu yang akan kamu pelajari akan lebih spesifik lagi. Ada banyak sekali jurusan yang ditawarkan. Matematika, ekonomi, seni tari, geologi, sastra, dan masih banyak lagi. Agar perjalananmu selama beberapa tahun kedepan di bangku kuliah terasa mantab kamu harus memilih ilmu mana yang ingin kamu dalami dengan tepat. Nah, untuk membantumu membidik jurusan mana yang tepat untukmu. Berikut hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Kamu Terhindar Dari Istilah 'Salah Ambil Jurusan'


Pahami Bakat, dan Minatmu


Ini adalah hal pertama yang harus kamu ketahui. Kenali siapakah kamu yang sesungguhnya. Gali pengetahuan tentang dirimu sendiri mengenai bakat dan minatmu. Bakat adalah hal yang paling kamu kuasai diantara kemampuan-kemampuanmu yang lainnya. Sedangkan, minat adalah hal yang paling kamu sukai diantara ilmu-ilmu yang lain. Mengetahui bakat, dan minat, kemudian menggabungkan keduanya adalah titik awal penentuan jurusan yang tepat untukmu. Kenapa? Karena kamu pasti akan dengan senang hati memperdalam ilmu yang menjadi kegemaranmu, sekaligus yang paling kamu kuasa. Pasti sangat menyenangkan.


Aji Mumpung? Big No!


Jangan memilih jurusan hanya karena kamu merasa jurusan tersebut memiliki prospek yang bagus di masa depan. Se-prospek apapun jurusan tersebut, tetapi jika kamu tidak menyukainya sehingga tidak bisa mengikuti ritme kuliahnya nanti, ya sama aja bohong. Misalnya, kamu merasa prospek jurusan Teknik Informatika adalah yang paling baik beberapa tahun ke depan. Tetapi, kamu tidak mau memberkutat didepan layar laptop berjam-jam hanya untuk mencari satu algoritma yang salah. Ya, prospek yang baik di jurusan Teknik Informatika tersebut tidak berlaku untukmu.

Ingat saja bahwa semua jurusan itu memiliki prospek yang baik di masa depan. Tergantung seberapa dalam kamu mau menekuninya, dan bagaimana kamu nanti akan berproses selama di bangku kuliah. Bukankah nanti kita akan memetik apa yang kita tanam hari ini?


Gali Seluk Beluk Jurusan yang Sesuai Bakat Minatmu


Saat kamu sudah memiliki daftar calon jurusan yang akan kamu ambil. Jangan hanya melihat alumni jurusan tersebut akhirnya menjadi apa, atau bekerja dimana saja. Tetapi, cari tahu apa-apa saja yang akan kamu pelajari ketika memutuskan untuk mengambil jurusan tersebut nantinya. Kamu bisa bertanya kepada mahasiswa yang lebih dahulu telah mendalami ilmu di jurusan itu. Atau jika perlu, kamu bisa membuka situs jurusan tersebut, dan melihat mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari selama beberapa tahun ke depan. Dengan mengetahui sedetail mungkin mengenai jurusan yang hendak kamu pilih, akan membuka wawasanmu terhadap jurusan tersebut. Jadi, kamu tidak seperti sedang membeli kucing dalam karung. Tidak akan salah pilih. Selanjutnya, tinggal disesuaikan dengan bakat, dan minatmu.


Jangan Memilih Kampus / Jurusan Hanya Karena Gengsi


Apapun jurusannya, kalau tidak di Universitas X, pokoknya enggak. Ini nih yang sering terjadi pada calon mahasiswa. Apakah kamu termasuk yang demikian? Jika iya, berarti saatnya kamu sedikit mengubah pemikiranmu. Jangan memilih jurusan hanya karena melihat jurusan itu mentereng, dan berada di kampus bergengsi. Sah-sah saja sih bercita-cita untuk kuliah di kampus bergengsi seperti yang selama ini kamu impikan saat berseragam putih abu-abu. Tetapi, jangan menutup mata pada setiap kemungkinan yang ada. Karena bisa jadi, misalnya jurusan sastra inggris di Universitas Y lebih bagus daripada jurusan yang sama di Universitas X.

Lagi pula untuk apa gelar universitas mentereng, tetapi kamu tidak menyukai jurusan yang kamu ambil. Alih-alih meniti jalan menuju sukses, kamu besar kemungkinan malah justru malas-malasan untuk ikut kuliah. Kasihan orang tua yang sudah bersusah payah membiayaimu kuliah lah. Jadi, teliti sebelum memilih ya.


Sesuaikan Keinginanmu dan Keinginan Orangtua


Seringkali dilemanya calon mahasiswa ada di sini nih. Saat kamu mengetahui bakat, dan minatmu adalah mendalami ilmu biologi misalnya. Tetapi, kedua orangtuamu ingin kamu kuliah teknik arsitektur. Kamu pun galau. Belajar dari mahsiswa yang sudah lebih dahulu mengambil jurusan kuliah hanya karena keinginan orang tua. Sebagian dari mereka akan merasakan sedikit penyesalan dihati mereka. Karena urung menjemput jurusan idaman, hanya karena orang tua menginginkannya mendalami ilmu yang berbeda.

Belajar dari hal tersebut, seharusnya kamu bisa menyesuaikan keinginanmu dan keinginan orang tua. Jika kamu tahu mana yang menjadi bakat, dan minatmu, berikanlah pengertian pada kedua orangtuamu sedikit demi sedikit. Tunjukkanlah rasa antusiasmu pada jurusan tersebut, Perlihatkanlah bahwa kamu akan bahagia jika mengambil jurusan tersebut dengan segala konsekuensinya. Lama-lama orangtuamu pasti akan luluh, dan akan merestui pilihanmu itu.


Pertimbangkan Suasana Kota Tempat Kampus Tujuanmu


Hal ini juga perlu jadi pertimbangan tersendiri. Karena di kota itulah kamu akan menghabiskan waktumu beberapa tahun kedepan. Kota itu akan menjadi rumah kedua bagimu. Jika kamu tidak menyukai kebisingan, dan hiruk pikuk kota besar. Memilih kampus di kota yang lebih tenang akan memudahkanmu untuk berkonsentrasi pada kuliahmu. Kamu bisa mencari informasi mengenai kota-kota tempat kampus itu berada. Gali informasi mengenai kultur masyarakatnya, keadaan kotanya, suasananya, dan sebagainya. Karena hal tersebut secara tidak langsung juga turut mempengaruhi studimu selama di kota tersebut. (baca: Tips Memilih Kos Kosan Untuk Mahasiswa dan Pekerja Kantoran)


Ketika Harus Memilih, Tentukan Dua Jurusan


Ketika sudah menggali informasi tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan jurusan, kampus, dan kota tempatmu akan menimba ilmu di jenjang yang lebih tinggi. Serta sudah mengantongi restu kedua orangtuamu. Saatnya kamu menentukan sikap, dan memantapkan pilihan. Ambilah dua jurusan yang paling sesuai dengan bakat, minat, serta ridho kedua orangtuamu. Jika jurusan yang pertama gagal, kamu masih memiliki rencana yang lainnya.

Ketika nama-nama jurusan sudah ada di kantong, dan kamu sudah mantab dengan pilihanmu. Sekarang saatnya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untu menjemput predikat mahasiswa di jurusan tersebut. Akan berhasil, atau gagal menjadi mahasiswa di jurusan yang kamu impikan semuanya kembali kepada usahamu dan tentunya kehendak Tuhan yang Maha Esa. Jadi, tetap berdoa semoga jalanmu menuju kesana dimudahkan olehNya. Selamat berjuang! ☺

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *