Rabu, 07 Desember 2016

Obat Batuk Tradisional Dari Herbal Untuk Batuk dan Gangguan Tenggorokan

Berjibaku.com - Obat Batuk Tradisional Dari Herbal Untuk Batuk dan Gangguan Tenggorokan. Diantara semua penyakit, mungkin penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling populer. Meskipun terbilang penyakit ringan, namun penyakit yang menyerang sebagian besar orang ini cukup menyebalkan dan kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini tidak pandang bulu, anak kecil maupun orang dewasa bisa terjangkit penyakit ini.

Penyakit ini tergolong penyakit yang cepat sekali penularannya karena virus penyebab batuk bisa menyebar lewat udara dan menyerang orang yang menghirupnya. Batuk sebenarnya merupakan gangguan dari gejala berbagai macam penyakit, diantaranya seperti radang tenggorokan, bronchitis dan asma. Walaupun penyakit batuk ini tampak sepele, namun jika terus dibiarkan berpotensi dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

Bagi Anda yang pada saat ini tengah tersiksa oleh batuk, sesungguhnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan dan mengobatinya. Beristirahat, banyak minum air putih serta menghindari perubahan cuaca dan tidak memakan-makanan yang berminyak adalah cara lazim bisa Anda lakukan untuk meminimalisirnya. Banyak mengkonsumsi air putih bertujuan untuk menghindari tenggorokan agar tidak kering dan tidak menjadi lecet. Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung kadar air yang tinggi serta kaya akan vitamin C. Berikut ini beberapa buah dan sayuran yang bisa Anda coba untuk meredakan batuk, diantaranya sebagai berikut:



Asam Jawa

Asam jawa, susuai dengan namanya, buah ini rasanya sangat asam. Buah ini bisanya kerap diolah menjadi permen atau manisan. Terkadang juga dibuat sebagai bumbu pelengkap masakan khususnya sayur asem. Dikarenakan rasanya yang asam, asam jawa dapat melonggarkan serak dan mengencerkan dahak pada tenggorokan sehingga bisa dijadikan sebagai obat batuk yang ampuh. Bagi yang menderita batuk, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah ini dan rasakan khasiatnya. Untuk dijadikan sebagai obat batuk, caranya adalah dengan mencampur asam jawa bersama dengan gula merah secukupnya menggunakan gelas. Siram dengan air panas, kemudian di aduk-aduk hingga asam jawa larut di dalam air. Minum selagi hangat.



Belimbing

Buah belimbing dengan bentuknya yang indah bak bintang ini mempunyai rasa asam di sela-sela rasanya yang manis. Ini sangat baik untuk meredakan dahak pada tenggorokan dan bisa dijadikan obat batuk.


Delima

Buah delima kaya akan kandungan zat gizi dan fitonutrien yang sangat baik untuk kesehatan. Delima bagus dikonsumsi bagi Anda yang menderita batuk. Dan tidak hanya sebatas untuk batuk saja, buah berwarna merah ini juga baik untuk menjaga stamina agar tetap bugar dan sehat.


Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan obat batuk tradisional yang kerap digunakan untuk meredakan batuk. Untuk mengobati batuk, jeruk nipis kerap dicampur dengan kecap kemudian dihisap-hisap. Selain dengan metode tersebut, mengkonsumsi jeruk nipis juga bisa dengan cara memerasnya pada sebuah gelas kemudian baru dicampurkan dengan kecap manis. Setelah mengkonsumsi jeruk nipis, biasanya batuk akan langsung mereda seketika dan tenggorokan akan terasa ringan.

Kelapa

Kelapa adalah buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Air buah kelapa sangat baik karena mengandung ion-ion pengganti cairan di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka asupan air dalam tubuh menjadi terpenuhi. Akibatnya, batuk yang di derita akan reda dengan sendirinya karena gejala batuk biasanya kerap kali bersumber pada kurangnya meminum air putih.


Jahe

Minuman jahe mempunyai banyak manfaat. Jahe baik sebagai herbal untuk menghangatkan badan, menambah nafsu makan dan juga meredakan dahak-dahak pada tenggorokan. Aliran nafas juga menjadi plong dengan meminum-minuman yang berbahan jahe. Untuk digunakan sebagai obat batuk tradisional, yaitu dengan cara membakar jahe yang masih ada kulitnya hingga layu kemudian di kupas kulitnya. Tumbuk kasar lalu direbus bersama dengan gula merah dengan dicampur sedikit serai/sereh. Minum hangat-hangat.


Pandan

Pandan mempunyai aroma khas yang sangat harum dan biasa digunakan sebagai pewangi alami pada makanan atau minuman. Selain harum, ternyata pandan sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk meredakan batuk.


Serai/Sereh

Serai kerap kali dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan. Kendati demikian, serai sendiri sebenarnya adalah termasuk dalam rumpun rumput-rumputan. Serai yang dapat melezatkan makanan ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat pereda batuk yang Anda alami. Bagi yang terkena penyakit batuk, bisa dengan cara meminum air serai yang dicampur dengan gula merah dengan air panas.

Selain jenis buah dan sayuran yang ada diatas, ada juga beberapa buah yang dapat dikonsumsi sebagai obat batuk seperti kesemek, pir, dan salak. Hal yang paling baik untuk terhindar dari batuk adalah menjaga diri dari gejala-gejala yang dapat menimbulkan penyakit ini. Tentu akan sangat baik jika kita secara rutin mengonsumsi jenis buah dan sayuran yang ada diatas. Selain berkhasiat untuk penyakit batuk, juga mempunyai banyak khasiat yang lain yang berguna bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *