Rabu, 28 Desember 2016

Ingin Membahagiakan Orang Tua Dengan Cara Paling Sederhana?. Lakukan Tips Ini!

Orangtua adalah dua sosok tangguh yang telah merawat kita sedari kita kecil hingga kita dewasa. Mereka memiliki andil penting dalam perjalanan hidup kita sebagai seorang manusia. Ayah dan Ibu kita telah rela mengorbankan apapun yang mereka miliki demi melihat kamu sukses dan berhasil di kemudian hari. Mereka selalu berharap suatu hari kelak saat umur mereka telah semakin senja, kamu dapat gantian membahagiakan mereka.

Untuk menghargai jasa-jasa kedua orangtua yang tak akan mungkin terhitung jumlahnya. Kamupun dalam hati berjanji pada dirimu sendiri, jika nanti kamu telah sukses kamu akan membahagiakan kedua orangtuamu. Tetapi, pertanyaannya selanjutnya, apakah harus menunggu hingga kamu sukses untuk membahagiakan mereka? Apakah kamu yakin beliau masih dapat melihat kesuksesanmu itu sebelum menutup mata? Padahal, sukses itu relatif bagi tiap-tiap orang. Definisi sukses itu berbeda-beda bagi masing – masing individu. Termasuk kamu sendiri.

Sebenarnya, tanpa harus menunggu hingga sukses. Saat ini saja kamu bisa membuat kedua orangtuamu bahagia. Kamu dapat membuat mereka bangga telah membesarkanmu hingga detik ini. Bagaimana perilakumu pada orangtua yang telah sangat berjasa dalam hidupmu? Berikut sikap yang bisa kamu lakukan yang dapat membuat mereka tersenyum bahagia.



1. Katakan,”Ayah, Ibu, Aku Sangat Menyayangi Kalian”


Kamu sebagai anak sering kali merasa gengsi untuk menunjukkan perasaan yang kamu rasakan kepada kedua orangtuamu. Entah karena malu, atau karena alasan yang lainnya. Padahal saat di depan pacarmu sendiri, kamu tidak pernah merasa malu atau gengsi untuk secara terbuka mengungkapkan perasaan yang dirasa padanya. Lalu apa yang membuatmu gengsi mengungkapkan hal yang sama pada kedua orangtuamu? Bukankah dibanding pacar, orangtuamu jauh lebih berjasa dalam perjalanan hidupmu hingga detik ini. Merekalah sosok yang selalu ada untukmu dalam suka maupun duka di sepanjang perjalanan hidupmu. (baca: Cara Menjadi Sosok Orang Tua Yang Bijak)

Jadi, meskipun belum dapat membalas jasa-jasanya yang tak terhitung jumlahnya. Mengucapkan pada mereka seuntai kalimat,”Ayah, Ibu aku sangat menyayangi kalian”. Tentu dapat membuat mereka sangat bahagia karenanya. Mereka akan merasa bahwa selama ini upayanya dihargai oleh anaknya yang juga amat disayanginya ini.


2. Cium Kedua Tangannya Saat Bertemu


Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk senantiasa mencium tangan kedua orangtua kita saat hendak pergi sekolah, atau pulang sekolah. Mencium tangan adalah bentuk rasa hormat dan patuh kita kepada kedua orangtua kita. Tetapi, jika diingat kembali, kapan terakhir kali kamu melakukannya? Jika hingga saat ini kamu masih melakukannya, berarti kamu sudah membuat kedua orangtuamu bahagia karenanya.

Sebaliknya, jika terakhir kali kamu mencium kedua tangan orangtuamu itu bertahun-tahun yang lalu. Sekaranglah saatnya untuk melakukannya kembali. Cobalah untuk melakukannya kembali selagi kamu masih dapat berjumpa dengan mereka. Buang rasa gengsi dan malumu dan cium tangan beliau kembali. Pasti mereka akan merasa bahagia sekali. Tanpa harus menunggumu bergelimpangan harta. Sesederhana itu saja, mereka sebenarnya sudah bisa merasakan kebahagiaan.


3. Melembutkan Suara Saat Berkata Pada Mereka


Setelah berpeluh keringat banting tulang setiap hari selama bertahun-tahun hanya untuk membesarkanmu. Membantumu sedari kamu tidak bisa melakukan apa – apa hingga sekarang mampu melakukan semuanya sendiri. Selama ini, tak jarang kamu acap kali marah kepada mereka karena permintaanmu yang tak kunjung dituruti Atau berapa kali kamu nakal dan berani menantang ucapan beliau. Tanpa kamu sadar kamui, kamu sering kali menyakitinya lewat kata-katamu pada mereka. Padahal selama ini sudah pasti semua yang kamu butuhkan pasti akan mereka penuhi kan. Meski harus berusaha keras untuk memperolehnya, tetapi mereka tetap akan menepati janjinya untuk mengabulkan permintaanmu kan.

Jika kamu ingin melihatnya bahagia karenamu, turunkan saja nada suaramu saat berbicara pada mereka. Jangan tersulut emosi lagi jika kamu mulai tidak setuju dengan pendapat mereka. Tetapi, berikan mereka pengertian sehalus mungkin supaya mereka dapat menerima pendapatmu. Dengan melembutkan suaramu seperti itu saja sudah membuat kedua orangtuamu merasa sangat dihargai dan merasa bahagia.


4. Belajar Dengan Tekun, Jangan Sia-Siakan Kerja Kerasnya


Jika kamu ingin membuat kedua orangtuamu bangga. Cukuplah kamu belajar dengan tekun. Belajarlah dengan giat sehingga kerja kerasnya selama ini agar kamu bisa tetap bersekolah tidak sia-sia. Tekunilah bidang ilmu yang sekarng kamu ambil. Berikan usaha terbaikmu pada bidangmu sehingga karenanya kamu dapat berprestasi. Akan lebih membahagiakan lagi kalau ilmumu dapat kamu ajarkan kepada orang lain, atau ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk orang lain.

Meskipun prestasi tersebut untukmu sendiri, walau mereka tidak memperoleh apapun. Mereka sudah sangat bahagia melihatmu dapat berkembang dan menekuni bidangmu itu. Mereka sudah senang sekali melihatmu dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan melihatmu saja mereka sudah merasa sangat bahagia.


5. Rajin Ibadah dan Senantiasa Mendoakan Mereka


Setelah semua usahanya mendidikmu hingga detik ini mereka sesungguhnya tidak pernah sedikitpun mengharapkan imbalan darimu. Mereka tulus melakukannya untukmu. Pun jika dihitung – hitung jumlahnya, mungkin kamu tidak akan pernah mungkin bisa mengganti segala yang telah beliau berikan untukmu sejauh ini. Sebagai gantinya, dengan bekal pengetahuan agama yang mereka ajarkan padamu. Rajinlah melaksanakan ibadahmu, lalu selipkan sedikit doa untuk mereka diantara barisan doa yang kau panjatkan pada Tuhan yang Maha Kuasa.

Senantiasa doakan kedua orangtuamu semoga senantiasa diberikan pengampunan atas segala dosanya, kesehatan, kemudahan, dan kelancaran atas setiap usahanya. Mintalah pada Tuhan agar Tuhan selalu mengasihi kedua orangtuamu sebagaimana mereka telah mengasihimu di waktu kecil. Percayalah, doa anak yang berbakti untuk kedua orangtuanya niscaya akan dikabulkan doa-doanya. Jika kamu tak mampu membalas jasa mereka seluruhnya, biarkan Tuhan yang membalas segala kebaikannya kelak di akhirat nanti. Amin.


6. Mendengarkan Nasihat dan Menjaga Amanah Mereka


Sebagai orangtua adalah kewajiban mereka memberimu bekal berupa nasihat-nasihat. Bukan bermaksud untuk mengguruimu. Hanya saja sebagai orangtua mereka berharap agar kamu tidak salah mengambil langkah di tengah hiruk pikuk kehidupan yang penuh dengan segala kemungkinan ini. Mereka mengamanahkan padamu tuntunan-tuntunan hidup hanya demi kebaikanmu pula, bukan untuk kebaikan mereka. Agar dengan tuntunan tersebut kamu dapat menjadi sebaik-baiknya manusia. Untuk itu, alangkah bahagia perasaan mereka jika kamu mengindahkan nasihat yang mereka berikan padamu. (baca: Cara Mendidik Anak Yang Benar)

Alangkah senang dan lega hati mereka saat tahu kamu menjaga amanah yang beliau berikan padamu. Mengetahuimu tidak salah langkah, dan menempuh jalan yang diridhai untuk menggapai kesuksesan dan kebahagiaanmu sendiri saja sudah cukup membuat mereka sangat bahagia.


7. Meluangkan Waktu Sibukmu untuk Mereka


Saat kamu sibuk dengan berbagai rutinitasmu untuk mengejar semua hal yang diperlukan demi kesuksesanmu. Sebenarnya yang diinginkan orangtuamu untuk merasa bahagia karenamu hanya sederhana. Sesederhana kamu meluangkan waktu berhargamu untuk mereka. Sekedar untuk makan malam dirumah ketika teman-teman mengajakmu merayakan keberhasilanmu.

Sejenak pulang ke kampung halaman saat waktu libur, meski ajakan sahabat terasa lebih menyenangkan. Luangkanlah waktumu untuk mereka. Sesederhana itu sebenarnya permintaan mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *