Selasa, 01 November 2016

Lapor Pungli Lewat Saberpungli.Com Dengan 3 Cara Ini!

Lapor Pungli Lewat Saberpungli.Com Dengan 3 Cara Ini!. Praktek pungutan liar atau yang dikenal dengan istilah pungli memang bukan lagi jadi hal baru. Bahkan entah sudah berapa lama praktik-praktik ini berlangsung di negeri ini. Tak cuma yang tersembunyi, praktik ini bahkan berani dilakukan secara terang-terangan.

Lama tak ditindak, aktivitas meresahkan ini pun kian tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Bahkan seperti telah mengakar, praktik pungli nampaknya begitu mustahil untuk dihapuskan. Benarkah demikian?.

Bulan Oktober (11/10) lalu, Presiden Joko Widodo datang ke kantor Kementerian Perhubungan, setelah menerima laporan jika terjadi praktek pungli di instansi pemerintah tersebut terkait izin perkapalan. Datang bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Presiden Jokowi langsung naik ke lantai 6 dan 12 kantor Kemenhub untuk melihat barang bukti penangkapan berupa uang puluhan jutaan rupiah dari hasil praktik pungli yang terjadi. Pada kesempatan itu ia juga menegaskan kepada seluruh lembaga pemerintah untuk menghentikan praktek pungli, terutama yang memiliki kaitan dengan layanan publik.

Saber Pungli
Lapor Pungli Lewat Saberpungli.Com Melalui 3 Cara

Kejadian itu pun seakan-akan menjadi momentum bagi pemerintah untuk berbenah dan bersih-bersih terhadap kegiatan pungli di semua lembaga. Hingga pada akhirnya pemerintah pun mencanangkan gerakan Sapu Bersih Pungutan Liar atau yang dikenal sebagai Saber Pungli yang berkantor di Jalan Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat, dengan alamat website saberpungli.id. Gerakan ini memiliki visi dan misi menggalang kepedulian warga Indonesia untuk memberantas praktek pungutan liar yang terjadi dengan cara melaporkan pungutan liar yang ada di masyarakat.

Menko Polhukam melalui konferensi resmi, Jumat (21/10), mengatakan akan menjamin kerahasiaan setiap identitas warga masyarakat yang melakukan pelaporan kegiatan pungli yang terjadi. Pada kesempatan itu ia mengatakan kepada publik agar tak mencemasi masalah identitas yang bocor atau disebarluaskan, karena keamanan identitasnya di jamin pemerintah.

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan praktik pungli dapat melalui 3 cara, diantaranya:

1. Situs saberpungli.id dengan cara registrasi atau via email di alamat lapor@saberpungli.id
2. Melalui call center di nomor 193 atau 0821-1213-1323
3. SMS 1193 atau 0856-8880-881 / 0821-1213-1323

Praktek pungli berkembang karena azas pembiaran sehingga terus menerus terjadi. Parahnya lagi, hal itu seakan-akan telah menjadi hal yang lumrah. Padahal kenyataannya praktek tersebut telah sangat merugikan kepentingan masyarakat dan negara. Oleh karena itu, jangan biarkan praktek pungli ini terjadi di sekitar kita. LIHAT PUNGLI, LAPORKAN SEGERA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *