Rabu, 09 November 2016

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic (Transmisi Otomatis) Yang Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan Untuk Membeli

Berjibaku.com - Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic (Transmisi Otomatis) Yang Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan Untuk Membeli. Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli mobil, biasanya salah satu hal mendasar yang jadi pertimbangan adalah mengenai jenis transmisi yang digunakannya. Apakah berjenis matic ataukah manual?.

Sebenarnya baik mobil jenis matic atau manual layak untuk dipilih, karena masing-masing punya kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri. Pertanyaannya adalah, apakah mobil yang nantinya dibeli akan sesuai dengan kebutuhan, medan jalan maupun jenis mana yang paling Anda kuasai.

Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, biasanya memiliki kecenderungan untuk menggunakan mobil matic. Alasan mendasar mengapa orang-orang yang tinggal di kota besar lebih memilih mobil jenis ini adalah ingin lebih praktis saat dihadang kemacetan. Ya, tentu saja, tak seperti transmisi manual yang harus bolak-balik mengoper gigi dan menginjak kopling, mobil transmisi otomatis tinggal dlosor saja.

Namun meskipun demikian, pada kenyataannya tak semua pengendara memilih mobil matic karena penjualan mobil manual pun cukup tinggi di kota-kota besar meskipun tetap tak setinggi mobil matic.

Bagi Anda yang pada saat ini bingung dalam menentukan pilihan apakah akan membeli mobil manual atau matic, berikut adalah beberapa ulasan mengenai kelebihan serta kekurangan apa saja yang dimiliki oleh mobil transmisi otomatis atau matic.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic (Transmisi Otomatis) Yang Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan Untuk Membeli
Tampilan interior mobil matic (transmisi otomatis)

Keunggulan/Kelebihan Mobil Matic


1. Sistem Pengoperasian Yang Praktis

Banyak orang yang beranggapan jika mobil matic pengoperasiannya jauh lebih mudah jika dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Terutama kaum hawa menganggap jika pengoperasian mobil matic itu lebih mudah jika dibandingkan mobil manual karena hanya memiliki 2 pedal saja, yaitu pedal rem dan gas.


2. Tidak Repot

Bagi mereka yang ingin berkendara dengan lebih simpel, maka mobil matic menjadi pilihan yang tepat karena hanya memiliki dua pedal untuk mengoperasikannya, yaitu gas dan rem.


3. Tidak Capek

Dengan dua pedal, maka tentu gerakan kaki menjadi lebih minim jika dibandingkan berkendara dengan mobil manual yang ber-pedal kopling. Terlebih lagi jika berkendara di jalanan yang padat dan kerap macet. Dengan begitu maka energi yang dikeluarkan pun menjadi lebih sedikit sehingga membuat pengendara tidak merasa cepat capek saat mengoperasikannya.


4. Lebih Nyaman

Beberapa orang, khususnya kaum perempuan merasa lebih nyaman jika menggunakan mobil matic karena lebih mudah untuk dikendarai serta tidak membuat kaki cepat menjadi capek.


5. Purna Jual Lebih Baik

Dengan segala kenyamanan dan kepraktisan yang dimiliki oleh mobil matic, permintaan pasar terhadap mobil transmisi matic pun semakin tinggi. Oleh karenanya unit mobil matic baru maupun bekas memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil transmisi manual.

Baca juga: Mobil Yang Cocok Untuk Anak Muda/Remaja


Kekurangan Mobil Matic


1. Harga Lebih Mahal

Harga jual mobil matic baik unit baru maupun unit bekas dipasaran terbilang tinggi. Namun, jika Anda memiliki budget yang cukup, maka tentu tidak menjadi masalah.


2. Perawatan Ekstra

Perawatan mobil matic terbilang lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dikarenakan sparepart matic yang lebih kompleks sehingga membutuhkan biaya perawatan yang lebih banyak serta teratur. Terutama saat servis serta penggantian oli transmisi.


3. Lebih Boros Bahan Bakar

Dikarenakan putaran mesin diatur secara otomatis meskipun pada saat dalam keadaan konstan, maka output-nya adalah konsumsi bahan bakar yang relatif lebih boros jika dibandingkan dengan mobil manual.


4. Akselerasi Kurang Agresif

Berbeda dengan mobil manual yang pengaturan tenaga dapat dilakukan dengan cara penyelerasan pedal kopling dan gas untuk menghasilkan tenaga yang lebih spontan, terutama saat di tanjakan. Berbeda dengan mobil manual, mobil matic membutuhkan jeda untuk menghasilkan tenaga.


5. Minus Engine Brake

Tanpa kopling, maka praktis mobil dengan transmisi otomatis tidak memiliki rem mesin (engine brake). Oleh karena itu pengendara harus lebih berhati-hati saat menggunakan rem terutama di jalanan yang menurun karena rem dapat kehilangan daya cengkram idealnya, terutama saat pengendara menginjak rem secara terus menerus yang disebabkan oleh pemuaian cakram akibat peningkatan suhu yang terjadi karena gesekan.

Baca juga: Cara Hilangkan Lecet dan Goresan Pada Cat Mobil

Itulah beberapa keunggulan serta kekurangan mobil matic (transmisi otomatis) yang mungkin dapat menjadi referensi bagi Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Bagaimana?. Apakah mobil matic menjadi pilihan Anda?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *