Minggu, 30 Oktober 2016

Sirkuit MotoGP Jakabaring Palembang Siap Dibangun 2017, Sambut MotoGP 2018

Sirkuit MotoGP Jakabaring, Palembang Siap Dibangun 2017, Sambut MotoGP 2018. Tak seperti gembar-gembor rumor mengenai bakal digelarnya MotoGP di sirkuit Sentul tahun depan yang ternyata gagal dilaksanakan, kabar kali ini bukan cuma sekedar harapan kosong. Setidaknya hal tersebut ditegaskan oleh Alex Noerdin lewat postingan Facebook miliknya dengan tagline "Sirkuit MotoGP Pasti Kita Bangun".

Gubernur Sumatera Selatan tersebut mengatakan jika Sirkuit Jakabaring yang ditaksir bakal menelan biaya sekitar Rp 2 trilyun tersebut akan dimulai pembangunannya pada tahun 2017. Lokasinya juga sudah ditentukan, yaitu akan berlokasi di Kompleks Olah Raga Jakabaring dekat dengan ski air JSC Palembang.

Hal ini ditegaskan Alex saat bertemu dengan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Kehadirannya ditemani juga oleh Romy Winata yang menjabat penasihat Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Sepang, Malaysia saat sesi kualifikasi MotoGP digelar (Sabtu, 29/10/2016). Diskusi seputar penggarapan Sirkuit Internasional Indonesia itu juga dihadiri oleh Chief Designer Hermann Tilke GmbH & co asal Jerman dan KG Engineers & Architects, Ulrich Merres.

Sirkuit MotoGP Jakabaring Masterplan
Sirkuit MotoGP Jakabaring Masterplan

Hermann Tilke merupakan creator dari beberapa sirkuit yang kini digunakan untuk gelaran balap motor internasional termasuk MotoGP. Beberapa hasil karyanya seperti Sirkuit Sepang (Malaysia), Sirkuit Marina Bay (Singapura), Sirkuit Sakhir (Bahrain), Sirkuit Shanghai (China), Sirkuit Chang (Thailand), Sirkuit Buddh (India) dan Sirkuit Yas Marina (UEA).

Dalam sesi itu, Alex Noerdin yang diundang secara resmi oleh Dorna juga memperlihatkan blue-print atau konsep pembangunan sirkuit Jakabaring yang rencananya bakal memiliki spesifikasi panjang lintasan 4,314 km dengan 14 tikungan yang diantaranya 5 tikungan ke kanan dan 9 tikungan ke kiri, 8 area tribun kapasitas 130 ribu penonton, landscape untuk parkir serta keperluan logistik seluruh kru MotoGP lengkap dengan paddock dan sirkuit tersebut juga sekaligus bisa difungsikan untuk ajang balapan gokar.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2017



Pada kesempatan sebelumnya, Hermann Tilke juga dikabarkan sudah terjun langsung untuk melakukan survei lanskap Jakabaring, yaitu berlokasi tak jauh dari ski air JSC yang memiliki luas area 120 hektar.

Baca juga: Daftar Susunan Rider MotoGP 2017


Saat ditanya mengenai sumber pendanaannya, Alex Noerdin menegaskan jika pembangunan sirkuit Jakabaring 100% dari investasi yang dilakukan oleh pihak swasta tanpa tambahan biaya yang mengambil dari dana pemerintah, baik dari APBN maupun APBD.

Pria kelahiran Palembang, 9 September 1950 itu sepenuhnya menyadari jika pasti akan ada pro dan kontra yang terjadi seputar pembangunan sirkuit yang menelan anggaran besar tersebut. Meskipun begitu, ia meyakini jika sirkuit Jakabaring rampung, bakal jadi aset negara yang tak ternilai serta tambahan devisa yang sangat besar bagi negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *