IBX5A2F9222D4AE8

Jumat, 10 Juni 2016

Tips Panduan Dalam Memilih dan Mengenakan Kebaya

Tips Panduan Dalam Memilih dan Mengenakan Kebaya. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, melestarikan budaya bangsa merupakan salah satu cara bentuk kontribusi yang nyata. Tak perlu melakukan hal yang sulit untuk itu, karena dengan mengenakan pakaian batik atau kebaya misalnya, Anda telah berperan aktif dalam melestarikan budaya Indonesia.

Kini pakaian tradisional mulai menjadi salah satu pilihan dalam berbusana. Bahkan kini telah banyak digunakan masyarakat dalam berbagai acara dan kesempatan. Dengan menggunakan pakaian tradisional tentu akan mudah menunjukkan identitas diri kita. Tak hanya untuk acara keluarga saja, penggunaannya pun bisa juga untuk berbagai acara penting, misalnya saja wisuda, resepsi atau menghadiri berbagai acara resmi lainnya.

Dengan menggunakannya tentu saja seorang wanita akan terlihat lebih menarik, cantik dan anggun. Namun untuk mampu menampilkan kesan tersebut tentu saja Anda harus bisa memilih jenis pakaian kebaya yang cocok dengan karakter serta pembawaan diri Anda. Untuk itu, berikut adalah tips mudah memilih kebaya yang sesuai dan nyaman untuk digunakan di berbagai kesempatan.

Tips Panduan Dalam Memilih dan Mengenakan Kebaya
Beberapa Contoh Model Kebaya Karya Adi Mulyadi (Image credits: Liputan6)

1. Warna
Memperhatikan warna busana yang akan Anda kenakan sangatlah penting dalam menunjang penampilan. Dalam memilih pakaian tradisional, khususnya baju kebaya, untuk memaksimalkan penampilan agar tampak lebih anggun serta menawan, maka sesuaikanlah warna busana dengan warna kulit sehingga akan terlihat lebih mix and match. Misalnya untuk warna kulit putih, maka sebaiknya memilih warna pastel yang memberikan kesan lembut dan terang, misalnya seperti biru muda, krem, merah muda, putih dan lainnya. Sedangkan untuk warna kulit yang agak gelap, warna busana yang lebih tegas seperti biru tua, emas dan merah marun akan membuat penampilan terlihat lebih kontras dan bagus.

Baca juga: Tips Memakai Busana Muslim Untuk Pria

2. Model Serta Bentuk Badan
Berbagai macam pilihan model kebaya saat ini sangat bervariasi. Hiasan payet dan berbagai ornamen lainnya biasanya terdapat pada busana ini guna mempercantik tampilannya. Namun tentu tidak semua model busana bisa cocok di tubuh Anda. Perhatikanlah bentuk badan dalam memilih busana yang tepat sehingga fisik terlihat lebih anggun dan menawan. Berikut ini beberapa tips memilih busana sesuai bentuk badan, yaitu:
  • Untuk tubuh kurus dan tinggi, pilihlah busana dengan model kerah shanghai atau model lengan balon agar tubuh terlihat lebih berisi dan ideal.
  • Untuk tubuh tinggi dan berisi, hindarilah busana dengan aksen payet atau fokus di bagian perut karena bisa membuat tampilan fisik terlihat lebih besar.
  • Untuk tubuh pendek dan mungil, pilihlah busana dengan panjang hingga panggul atau paha untuk memberi kesan tubuh yang lebih tinggi.
  • Untuk tubuh pendek berisi, pilihlah busana dengan panjang sepinggul agar terkesan lebih ideal.

Baca juga: Tips Memilih Busana Muslim Yang Sesuai Bentuk Badan

3. Jenis Acara
Saat memilih kebaya, mulailah dengan menyesuaikan dengan jenis acara yang dihadiri. Dengan demikian tentu saja Anda tidak akan salah kostum dan membuat diri menjadi tidak percaya diri. Perlu Anda ketahui setiap acara tentu saja menggunakan jenis pakaian tradisional dengan merek yang berbeda. Untuk itu kenali jenis acara yang akan dihadiri dan mintalah pendapat orang lain yang lebih mengetahuinya.

4. Ukuran
Saat memiliki pakaian tradisional yang dikenakan hendaknya yang nyaman di tubuh dengan cara sesuai ukuran. Untuk itu ada baiknya Anda memilih ukuran yang membuat Anda tidak tersiksa. Pastikan bahwa sebelum menggunakannya pada acara tertentu cobalah pakaian tradisional kurang lebih dua hari sebelumnya. Dengan demikian akan membuat Anda memiliki persiapan apabila pakaian terlalu besar atau pun terlalu kecil.

5. Memakai Hijab
Apabila Anda menggunakan hijab tentu saja memilih jenis kebaya yang tertutup. Dengan demikian untuk lebih maksimal sesuai dengan warna pakaian tradisional tersebut. Misalnya saja apabila Anda mengenakan jenis pakaian tradisional dengan warna krem dan pink. Anda bisa memilih hijab dengan bagian yang lebih kaya akan warna. Dengan warna yang lebih variatif tentu akan lebih mudah menentukan warna manset yang akan digunakan.

Baca juga: Daftar Artis Indonesia Yang Berhijab

6. Kualitas
Mengamati setiap detail busana tradisional yang akan Anda beli sangatlah penting. Pastikanlah busana yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik, terbuat dari bahan material, kain, payet, brokat, kancing dan lain-lain yang berkualitas tinggi. Pastikan juga busana dirancang secara profesional oleh desainer yang ahli sehingga tampilan fisik akan semakin terlihat menarik berkat busana yang Anda beli. Selain itu, busana yang dibeli juga dijamin akan terasa nyaman untuk dipakai.

Selain beberapa hal di atas, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Pilihlah kebaya dengan harga yang sebanding dengan kualitasnya. Dengan memilih dan membeli kebaya secara selektif, maka otomatis Anda mendapatkan busana dengan kualitas yang sesuai sehingga Anda pun tidak akan merasa kecewa. Lebih dari itu, kualitas kebaya yang baik tentu akan membuat yang memakainya merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *