Senin, 20 Juni 2016

5 Tempat Wisata Pulau Belitung Tema Laskar Pelangi Yang Paling Indah

5 Tempat Wisata Pulau Belitung Tema Laskar Pelangi Yang Paling Indah. Sejak film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata rilis dan membooming, seketika nama Belitung atau yang juga disebut Belitong kian populer, khususnya bagi pariwisata Indonesia. Keindahan tersembunyi yang sukses diungkap film tersebut tak sedikit membuat wisatawan kemudian berkunjung ke Belitung. Salah satu motif utamanya sudah jelas, yaitu untuk melihat lokasi dimana film tersebut dibuat.

Ada salah satu tempat yang paling mudah diingat dari film Laskar Pelangi, yaitu SD Gantong yang mana dalam film Laskar Pelangi diceritakan Lintang, Ikal, Mahar, dan Laskar Pelangi lainnya menuntut ilmu. Meskipun sesungguhnya SD Gantong yang asli sudah tidak ada dan digantikan dengan replika SD Gantong, namun sekolah replika tersebut dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Konon hal ini sesuai dengan permintaan sang penulis, Andrea Hirata kepada Pemda Belitung. Yang menarik dari lokasi ini adalah lokasinya yang berada di atas sebuah bukit berpasir dengan pasir yang berwarna putih dan sangat halus. Sehingga sepintas, sekolah dasar Gantong yang nyaris rubuh ini berada ditengah-tengah lautan pasir berwarna putih yang begitu kontras dengan latar sekolahan.

Tempat lainnya yang juga populer adalah Pantai Tanjung Tinggi. Tempat ini merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Belitong. Dalam filmnya, tempat ini sebagai sarana bagi anak-anak bermain menghabiskan waktu setelah pulang sekolah. Setidaknya ada 5 tempat wisata di Pulau Belitung yang tak kalah indahnya yang terdapat dalam film Laskar Pelangi. Apa saja?. Berikut ulasannya:

1. Pantai Tanjung Tinggi
Konon pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai terindah dan tercantik nomer 1 di pulau Belitung. Namun sejatinya daya tarik utama Pantai Tanjung Tinggi bukanlah karena keindahannya, melainkan karena pantai ini juga digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Berjalanlah ke sisi timur pantai, maka Anda akan menemukan banyak batu-batu granit besar. Untuk mengakses pantainya, maka Anda harus berjalan kaki melewati bongkahan batu-batu yang luar biasa besarnya. Nah, di sinilah Ikal, Lintang, dan teman-teman sering bermain. Saat berada disini, Anda bisa menjelajahi batu-batu tersebut sambil berfoto.

Perpaduan bebatuan granit ini dengan pasir putih yang bersih dan air laut berwarna hijau kebiruan membentuk pemandangan yang begitu menawan. Jangan beranjak dari pantai sebelum Anda menyaksikan sunset. Cahaya temaramnya menjadi penutup yang manis untuk hari Anda. Tapi jangan kemalaman, sebab lokasi tempat ini termasuk terpencil dan masih jauh dari rumah-rumah penduduk. Pantai Tanjung Tinggi sendiri berjarak sekitar 30 kilometer dari Tanjung Pandan. Untuk mencapainya, kurang lebih memiliki waktu tempuh 1 jam 30 menit menggunakan mobil.

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

2. Replika SD Gantong
Dalam film Laskar Pelangi, ada 10 anak yang belajar di sebuah sekolah dengan gedung reyot di daerah pedalaman Belitung. Sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah Gantong yang mewakili sekolah asli tempat dimana Andrea Hirata belajar. Faktanya, SD Muhammadiyah asli telah runtuh termakan usia. Namun kala syuting, replika SD Muhammadiyah dibangun dengan kondisi yang menyerupai aslinya.

Baca juga: Raja Ampat, Tempat Wisata Terbaik di Timur Indonesia

Anda penggemar filmnya? Itu berarti Anda harus mengunjungi replika SD Muhammadiyah Gantong. Untuk mencapainya, Anda harus menempuh perjalanan darat selama 1-2 jam dari Tanjungpandan menyusuri lokasi perbukitan dan pesisir pantai. Setibanya di sana, Anda dapat langsung melihat replika SD Muhammadiyah Gantong yang sekarang lebih dikenal dengan SD Laskar Pelangi yang berdiri diatas pasir yang berwarna putih bersih.

Replika SD Gantong
Replika SD Gantong

3. Tanjung Pandan
Sebagai ibukota Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan tak luput menjadi lokasi syuting film laris ini. Ingat adegan pawai sekolah?. Adegan tersebut berlokasi di Tanjung Pandan. Masih ingat dengan adegan Lintang yang selalu dihalangi oleh seekor buaya besar.  Ternyata buaya tersebut merupakan penghuni Kebun Binatang Mini Tanjung Pandan. Puas bernapak tilas Laskar Pelangi, beranjaklah menuju toko-toko souvenir dan kuliner khas Belitung. Beberapa tempat yang tentunya sayang untuk dilewatkan disini diantaranya adalah monumen batu satam atau batu meteor serta menikmati kopi Manggar di kedai-kedai kopi yang banyak terdapat di pinggir jalan.

Monumen Satam, Tanjung Pandan
Monumen Satam, Tanjung Pandan

4. Museum Kata Andrea Hirata
Sejak membooming di rentang tahun 2005 hingga 2008, Belitung menjelma menjadi tujuan wisata wajib di kalangan traveller. Dan sang pengarang, Andrea Hirata membangun sebuah museum yang ia buat atas kecintaannya pada dunia sastra. Museum ini dinamakan Museum Kata Andrea Hirata.

Museum Kata yang beralamat di Jalan Laskar Pelangi No. 7, Desa Gantong ini menjadi tempat yang cocok untuk Anda penggemar dunia sastra. Setibanya di museum ini, Anda akan langsung disambut oleh kalimat “Membaca adalah esensi menikmati sebuah museum sastra”. Museum Kata sendiri bukanlah rumah masa kecil Andrea, melainkan rumah peninggalan Belanda yang telah berusia 200 tahun, yang kini telah dipugar menjadi Museum Kata Andrea Hirata. Konon rumah ini merupakan rumah penduduk yang ia beli kemudian ia pugar sebagai tempat ia menyalurkan hobinya di dunia sastra. Di dalam Museum Kata, Anda dapat menikmati kopi hangat sambil berfoto dengan latar belakang tulisan-tulisan sastra atau barang-barang antik yang terdapat didalamnya.

Selain menampilkan segala sesuatu berbau sastra, museum ini juga menampilkan gambar cuplikan film Laskar Pelangi. Beberapa ruangan di dalam museum ini dinamai sesuai dengan nama tokoh-tokoh Laskar Pelangi, seperti Ruang Ikal, Ruang Lintang, dan Ruang Mahar. Ada satu lagi pojok yang memberikan magnet tersendiri bagi pengunjung, yaitu Kantor Pos ala Museum Kata. Di kantor pos ini, pengunjung diperbolehkan menuliskan pesan pada secarik kartu pos kepada orang yang disayang untuk kemudian dikirimkan.

Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata

5. Kampung Ahok
Kampung Ahok berlokasi tak jauh dari Museum Kata, kira-kira hanya sekitar 700 meter atau sekitar 15 menit berjalan kaki. Di tempat ini Anda dapat melihat rumah dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Gubernur DKI Jakarta saat ini. Rumahnya cukup megah jika dibandingkan dengan rumah-rumah penduduk disekitarnya. Diseberang rumahnya, terdapat sebuah rumah adat khas Belitung yang mana didalamnya terdapat penjual souvenir yang bisa Anda beli.

Kampung Ahok
Kampung Ahok

Belitung merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki pemandangan sangat indah. Salah satu keunikan dari pulau ini adalah Anda dapat menemukan pasir putih hampir disemua tempat, bahkan di halaman rumah penduduk. Hal ini konon dikarenakan Pulau Belitung dahulunya berasal dari pulau karang. Nah, itulah 5 tempat wisata Belitung bertemakan Laskar Pelangi yang mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk berlibur. Dijamin gak bakal rugi ketempat ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *