Senin, 20 Juni 2016

Keuntungan Memilih Timbangan Digital Daripada Timbangan Manual Untuk Usaha

Keuntungan Memilih Timbangan Digital Daripada Timbangan Manual Untuk Usaha. Di jaman yang serba praktis seperti sekarang, banyak sekali alat yang bermigrasi cara pengoperasiannya, yakni dari pengoperasian manual ke pengoperasian digital. Hal ini, tak hanya merambah sektor media saja, hal ini juga di lakukan oleh pihak pengembang alat ukur, salah satunya adalah timbangan. Timbangan merupakan alat ukur untuk menentukan bobot barang sebagai acuan dalam pemberian harga maupun untuk keterangan berat/volume suatu barang.

Sebelum diciptakan timbangan digital, dulu orang biasa menggunakan timbangan manual yang menggunakan sistem mekanisme sederhana dalam proses penggunaannya, material yang di gunakan juga cukup sederhana. Timbangan ini terbuat dari besi dan kuningan yang di bentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah timbangan manual. Sayangnya, timbangan manual ini tidak dapat mengukur bobot barang secara rinci dan presisi, sebab timbangan manual ini hanya menggunakan anak timbangan sederhana dengan berbagai bobot ukuran sebagai alat ukur yang menjadi patokannya.

Ukuran tersebut hanya dapat di lakukan pengukuran dengan tepat bila menggunakan anak timbangan. Barang yang akan di ukur pun menjadi terbatas, baik dari sisi ukuran maupun bobot barang yang akan ditimbang. Jika terlalu berat atau terlalu besar, maka timbangan manual ini tidak lagi dapat diandalkan. Oleh karenanya pada saat ini ini timbangan manual penggunaannya mulai di tinggalkan, baik itu oleh pedagang-pedagang tradisional, pedagang modern, hingga perusahaan-perusahaan yang memiliki skala industri yang besar.

Timbangan Manual Konvensional Jenis Bebek
Timbangan Bebek

Dengan di tinggalkannya timbangan manual, maka praktis timbangan digital masuk sebagai alat ukur yang mulai dipercaya untuk menunjang kegiatan masyarakat setiap hari. Hal ini dikarenakan timbangan digital yang memiliki berbagai macam keunggulan. Dengan berbasis digital, timbangan yang menggunakan sistem elektronika sebagai mekanisme dasar penghitungan ini memiliki akurasi yang jauh lebih baik dibandingkan timbangan manual. Soal harga, kualitas serta tingkat keawetan, timbangan modern ini pun tidak kalah dari timbangan konvensional.

Baca juga: Timbangan Koper Digital, Solusi Hitung Beban Bagasi Saat Naik Pesawat

Kualitas mengalahkan kuantitas, seperti penggalan kalimat tersebut merupakan fakta adanya dari timbangan digital. Dikarenakan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari timbangan manual, harga yang di patok untuk unit timbangan ini juga memang sedikit diatas timbangan manual karena alat komponen elektronik didalamnya memang cukup mahal.

Meskipun lebih mahal, tentu tak rugi jika Anda menggunakannya dikarenakan beberapa keunggulan dari timbangan digital berikut ini.

1. Portable
Timbangan digital ini sama seperti timbangan manual, yaitu mengusung konsep portable yaitu dapat di gunakan di mana saja dan kapan saja dengan dukungan sumber daya dari bateri yang di gunakan. Bila baterai sudah habis maka anda tidak perlu lagi mengganti baterai dengan cara manual, karena telah di sediakan charger sebagai pengisi dayanya.

2. Fitur Anti Air
Nah ini adalah fitur yang cukup menarik dan memang harus di sematkan ke dalam timbangan digital. IP68 Water resistance merupakan teknologi terobosan terbaru untuk menjaga elektronik selalu kedap terhadap air. Uniknya lagi, fitur ini dapat menjaga komponen timbangan dari semprotan air, guyuran hujan hingga di rendam sekalipun masih bisa bertahan dengan ketentuan selama 30 menit dengan tingkat kedalaman air hingga 1,5 meter.

3. Akurasi Tingkat Tinggi
Dan yang terpenting adalah akurasi yang di berikan. Ya, keunggulan utama dari timbangan digital ini adalah akurasi penimbangan tingkat tinggi yang memuaskan. Selain itu, ukuran timbangan digital ini juga cukup beragam mulai dari ukuran 60 kilogram hingga 100 kilogram. Sedangkan untuk ukuran dimensi pun timbangan digital ini cukup fleksibel, tidak memakan banyak tempat dan dapat di gunakan di mana saja. Tentu saja ini dapat menunjang kegiatan bisnis atau usaha yang Anda miliki, terutama jika tempat usaha Anda terbilang cukup sempit.

Selain keuntungan menggunakan timbangan digital yang dijelaskan diatas, timbangan ini pun bergaransi sehingga bisa Anda tukarkan jika rusak saat digunakan dalam masa garansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *