IBX5A2F9222D4AE8

Rabu, 29 Juni 2016

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Tips dan Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh. Di era modern seperti sekarang, insomnia merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang sebagian orang. Meskipun penyakit yang kerap diawali oleh kebiasaan ini tidak terlalu membahayakan, namun insomnia akut dapat menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari kesulitan dalam berkonsentrasi, badan terasa lemas, kurang bergairah hingga mempengaruhi produktivitas atau kinerja seseorang.

Gejala insomnia dapat juga diartikan sebagai gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami kesulitan dan tidak bisa tidur pada waktu jam-jam normal istirahat atau pada malam hari. Terdapat beberapa penyebab utama dari gejala ini, diantaranya yaitu seperti masalah emosional psikologis, kelainan fisik serta pengaruh atau efek samping dan hiper-sensitif dari obatan-obatan tertentu yang mungkin sering di konsumsi.

Gejala Insomnia
Ilustrasi: Gejala Insomnia
Selain mengganggu, insomnia juga menjadi salah satu hal yang paling di khawatirkan oleh para karyawan atau siapapun yang harus bekerja pada pagi hari karena secara otomatis pasti akan mempengaruhi kinerja saat jam-jam kerja. Selain itu, insomnia kerap kali menjadi sumber penyakit lain akibat kurangnya istirahat dan sering begadang pada waktu malam hari.


Gejala insomnia dapat di alami oleh siapapun orangnya, bahkan mungkin hampir setiap orang pernah menderita gejala ini. Mengatasi gejala insomnia adalah salah satu langkah untuk seseorang dapat menjalani kehidupan yang sehat dan baik. Bagi Anda yang tengah didera gejala insomnia, berikut adalah 9 cara ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi insomnia :

1. Tenangkan Hati dan Pikiran

Menenangkan hati dan pikiran adalah hal yang akan membuat seseorang mudah tertidur. Faktor utama penyebab insomnia adalah hal yang berasal dari aspek emosional dan psikologis seseorang. Jika kita berada dalam posisi stress atau depressi, kita akan begitu sulit untuk tertidur, apalagi jika ada perasaan resah, gelisah dan beban pikiran berat yang melanda. Mengatasi hal semacam itu dengan hati dan pikiran yang tenang akan membuat kita dapat cepat tertidur, bahkan akan berdampak ke tidur yang pulas dan mimpi yang indah.

2. Hindari Rokok Serta Makanan / Minuman Dengan Kandungan Simultan

Merokok dan makanan atau minuman yang mengandung simultan seperti kopi, teh dan juga minuman yang mengandung alkohol akan merangsang sistem saraf seseorang untuk terus bekerja. Ini adalah hal yang dapat mempersulit kita untuk cepat tertidur. Bagaimana tidak, merokok kerap kali akan membuat kita semakin berpikir, begitu juga dengan teh dan kopi akan membuat kita terus terjaga. Mengindari hal semacam demikian di saat waktu tidur adalah cara yang kita harus lakukan jika kita ingin tidur dan terbebas dari insomnia.

3. Hindari Tidur Siang

Tidur siang adalah sesuatu hal yang sangat baik untuk kesehatan. Namun bagi para penderita insomnia, menghindari tidur siang adalah cara tepat untuk membiasakan diri cepat tidur pada waktu malam hari. Terlebih lagi jika kita menambah jumlah dan ukuran akifitas kita pada siang hari akan membuat proses tidur pada waktu malam hari akan semakin cepat. Tidak tidur siang bagi para penderita insomnia akan membuat waktu tidur normal akan berkurang. Kekurangan tidur akan membuat seseorang akan mengantuk. Biasanya para penderita insomnia memanfaatkan waktu untuk tidur pada siang hari. Menahan diri dengan tidak tidur siang adalah sebuah terapi dan latihan yang baik bagi penderita insomnia.

Baca juga: Bentuk, Warna Kuku Tangan Menurut Medis dan Metafisika

4. Mengatur Waktu tidur

Melatih diri untuk mempunyai jadwal waktu tidur adalah salah satu cara utama yang kerap dilakuan oleh para penderita insomnia. Hal ini disebabkan karena salah satu faktor insomnia adalah waktu tidur yang tidak menentu. Kita bisa memulai ini dengan membuat jadwal kgiatan sehari-hari untuk kita lakukan dengan mencantumkan jadwal jam berapa kita harus tidur. Pada awalnya hal ini terasa berat, namun lama kelamaan ini akan menjadi mudah karena faktor kebiasaan. Banyak orang sukses dengan cara seperti ini, bahkan hidupnya menjadi lebih disiplin.

5. Hindari Bekerja di Ranjang

Ranjang atau kasur adalah tempat untuk beristirahat. Dari hasil penelitian, melakukan aktifitas dengan melakukan hal yang berbeda dengan semacam yang tadi disebutan akan membuat seseorang itu terjaga dan sulit untuk tidur cepat. Hal semacam ini mungkin kerap di lakukan oleh seseorang dan akhirnya membuat seseorang itu menjadi tak bisa tidur cepat karena perhatiannya tertuju kepada objek lain selain tidur.

6. Dekorasi Kamar

Kerap kali kita tak bisa tertidur karena kondisi kamar yang berantakan dan juga mempunyai bau-bau yang tidak sedap. Kamar yang indah, nyaman, dan menentramkan akan membuat seseorang akan mudah tidur lelap. Jika kita mempunyai gejala insomnia, kita perlu menata kamar kita sebaik mungkin. Bila perlu mendekorasinya dengan hal-hal yang menentramkan, semisal, mengganti warna kamar dengan warna yang lebih gelap, memakai kasur yang empuk, menggunakan pengharum ruangan dan lain sebagainya yang mungkin diperlukan untuk membuat kita dapat tidur senyaman mungkin.

7. Memakan Makanan Yang Sehat

Banyak makanan yang akan membantu seseorang agar cepat tertidur pulas. Memakan sayuran hijau semisal kangkung dan biji-bijan seperti kedelai, dipercaya akan membantu orang untuk cepat tertidur. Hal semacam ini patut di coba dan menjadi menu makan malam pilihan bagi para penderita gejala insomnia.

8. Melakukan Aktifitas Olahraga

Ketika tubuh kita mengalami kelelahan, maka akan memicu keinginan kita untuk beristirahat. Ini dapat menjadi metode yang paling ampuh untuk di lakukan oleh penderita gejala insomnia. Olahraga adalah aktivitas yang akan menguras banyak keringat sekaligus juga menyehatkan. Dengan sering melakukan olahraga, maka praktis penderita insomnia akan dapat mengatasi gejala yang dia derita. Hal semacam ini juga dapat di lakukan pada malam hari sebelum tidur.

9. Meminum Ramuan Herbal

Cara yang paling ampuh nan manjur untuk tertidur lelap adalah dengan meminum ramuan herbal dari bahan-bahan alami yang bebas efek samping atau yang biasa disebut jamu. Namun pastikan ramuan tersebut terdaftar dan terbuat dari bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan. Saat ini ramuan herbal dengan bahan-bahan alami sudah banyak tersedia di apotek atau toko-toko herbal yang ada. Ketika memang berbagai cara sudah dilakukan, namun Anda masih tak kunjung dapat tertidur dengan cepat, meminum herbal adalah salah satu opsi terakhir yang bisa dilakukan.

Nah, itulah 9 cara ampuh untuk mengatasi gejala insomnia. Apalabila 9 cara tersebut ternyata belum membuahkan hasil, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan langkah-langkah medis apabila diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *