Selasa, 01 Maret 2016

Wisata Teluk Kiluan Lampung, Tempat Terbaik Menyaksikan Habitat Asli Lumba-Lumba di Alam Liar

Wisata Teluk Kiluan Lampung, Tempat Terbaik Menyaksikan Habitat Asli Lumba-Lumba di Alam Liar. Lampung sangat terkenal dengan wisata bahari karena posisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Selain Kalianda, Pulau Pahawang, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Mutun & Pulau Tangkil, Lampung juga memiliki Teluk Kiluan.

Jika Bali memiliki Pantai Lovina yang menyajikan atraksi lumba-lumba secara alami, maka Lampung memiliki Teluk Kiluan yang juga memperlihatkan aksi lumba-lumba yang lucu dan bersahabat. Teluk Kiluan adalah jalur migrasi bagi lumba-lumba berparuh panjang dan lumba-lumba bermulut botol. Di Teluk Kiluan, anda dapat melihat parade lumba-lumba dari dekat dengan latar air laut yang jernih dan hamparan pasir putih. Populasi lumba-lumba di Teluk Kiluan mencapai ratusan. Itulah mengapa Teluk Kiluan digadang-gadang sebagai habitat lumba-lumba terbesar di dunia.

Wisata Teluk Kiluan Lampung, Tempat Terbaik Menyaksikan Habitat Lumba-Lumba di Alam Liar
Wisata Lumba-Lumba Teluk Kiluan, Lampung

Menyaksikan Kawanan Ikan Lumba-Lumba di Habitat Asli


Untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba secara langsung, anda dapat menyewa perahu jukung yang hanya dapat memuat 4 orang. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pesisir pantai untuk berperahu menuju Laut Kiluan. Saat perahu mendekat, biasanya lumba-lumba akan melompat kegirangan seolah menyambut hangat tamu manusia mereka. Ada banyak ratusan lumba-lumba yang bersahabat bahkan mau disentuh. Lumba-lumba Teluk Kiluan dapat dilihat hampir setiap hari. Anda dapat melihat atraksinya pada pagi hari, tepatnya mulai dari pukul 06.00-10.00 WIB dan pada sore hari, tepatnya pukul 16.00-17.00.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Taman Safari Cisarua Bogor Terbaru 2016

Pulau Kelapa

Puas menyaksikan atraksi lumba-lumba, beranjaklah menuju pulau-pulau di sekitar Kiluan, salah satunya adalah Pulau Kelapa yang populer di kalangan wisatawan. Pulau Kelapa memiliki air laut berwarna toska yang jernih, pasir pantai yang putih bersih, ikan-ikan cantik di bawah laut, dan laguna di pinggiran pantai, yakni kolam yang terbuat secara alami dan dikelilingi batu karang besar. Untuk mencapai laguna ini, anda dapat melompat bebas di tebing bebatuan setinggi 10 meter. Mengingat alam bawah laut pulau ini sangatlah cantik, janganlah lewatkan kesempatan untuk snorkeling. Selain snorkeling, anda juga dapat berenang dan bermain volli pantai. Meskipun hanya sebatas pulau kecil yang terletak di tengah teluk, Pulau Kelapa sangat mempesona dengan rimbunan pohon-pohon tropisnya dan suasana tenang yang ditawarkan. Jangan beranjak dari Pulau Kelapa sebelum anda menyaksikan keindahan matahari terbenamnya.

Tips

Musim kemarau merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Teluk Kiluan, tepatnya pada kisaran bulan April hingga September. Jika anda berkunjung pada musim hujan, kemungkinan besar perjalanan anda akan terhambat mengingat kondisi jalan yang belum begitu baik. Untuk mengetahui informasi cuaca dan ada tidaknya lumba-lumba di Kiluan, anda dapat menghubungi pihak pengelola homestay di Teluk Kiluan. Adapun medan yang harus ditempuh untuk mencapai Teluk Kiluan sangat berat. Itu berarti anda harus mempersiapkan kondisi tubuh yang prima. Bila perlu bawalah obat anti mabuk. Begitu juga dengan bekal makanan-minuman. Akan sulit untuk menemukan pedagang makanan di kawasan Teluk Kiluan, sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari saat berada di tengah pantai, pakaian ganti, dan dry pack untuk melindungi gadget dan barang berharga lainnya.

Penginapan dan Akomodasi

Setibanya di Teluk Kiluan tentu anda akan merasa lelah. Sebelum menyelam di keesokan harinya, anda dapat menginap terlebih dulu untuk beristirahat. Sampai saat ini belum ada hotel dan penginapan di Teluk Kiluan. Hanya ada beberapa homestay sederhana berfasilitas minim namun tetap nyaman. Sementara di Pulau Kelapa, hanya ada satu homestay sederhana. Semoga semangat anda tak segera surut melihat penginapan berfasilitas minim ini. Karena itulah tantangan untuk mendapatkan liburan yang berkesan.

Akses

Teluk Kiluan berlokasi di Desa Kiluan Negeri, Tanggamus, Provinsi Lampung. Untuk mencapai tempat ini, anda harus menempuh 80 kilometer perjalanan atau 4 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Meskipun harus melalui perjalanan yang panjang dan lama, dijamin anda tak akan merasa bosan. Pasalnya, di sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan perbukitan yang berkelok serta pemandangan sawah di kanan-kiri jalan.

Bila anda menggunakan kendaraan umum, perjalanan dapat dimulai dari kota Bandar Lampung dengan menggunakan travel. Setibanya di kawasan Teluk Kiluan, anda akan disambut oleh pemandangan multietnis. Perlu diketahui, Lampung merupakan lokasi transmigran. Oleh karena itu tidaklah heran bila berbagai etnis seperti Jawa, Sunda, Bali, dan Bugis hidup berdampingan dengan harmonis di wilayah ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *