IBX5A2F9222D4AE8

Minggu, 13 Maret 2016

Wisata Malang, Pantai 3 (Tiga) Warna Pantai Terindah Bebas Sampah di Jawa Timur

Wisata Malang, Pantai 3 (Tiga) Warna Pantai Terindah Bebas Sampah di Jawa Timur. Kota Malang mungkin dikenal memiliki iklim wilayah yang sejuk dan dingin. Namun jangan salah, karena selain wisata alam pegunungannya yang elok, Malang juga memiliki sebuah pantai yang sangat indah bahkan menjadi salah satu pantai terindah yang ada di Jawa Timur. Selain memiliki keunikan warnanya, pantai ini juga sangat terjaga kebersihannya.

Kota Malang memang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia dan sangat dikenal dengan potensi wisatanya yang variatif. Selain memiliki Museum Angkut, Jatim Park, Batu Secret Zoo, dan Museum Satwa, Malang juga memiliki deretan pantai di Malang Selatan. Di sana ada Pantai Goa Cina, Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep, dan Pulau Sempu. Dan belakangan ada satu pantai yang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, yaitu Pantai Tiga Warna.

Sesuai dengan julukannya, Pantai Tiga Warna memiliki keunikan yang berupa perbedaan pada warna airnya. Perbedaan warna yang terdapat di pantai tersebut salah satunya adalah disebabkan oleh kedalaman dasar air laut yang berbeda, sehingga membuat air pantai ini tampak berwarna-warni. Meskipun terbilang cukup baru, tempat wisata pantai di Malang yang baru dibuka tahun 2014 lalu ini telah ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Wisata Malang, Pantai 3 (Tiga) Warna Salah Satu Pantai Terindah Bebas Sampah di Jawa Timur
Pantai 3 (Tiga) Warna, Malang. Salah satu pantai terindah di Jawa Timur

Keunikan Pantai 3 Warna

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa perbedaan kedalaman air membuat warna air pantai ini berbeda-beda. Keunikan warna air adalah salah satu daya tariknya, namun selain unik dari air, Pantai 3 Warna juga menawarkan keindahan terumbu karang bawah laut yang eksotis. Oleh sebabnya pantai ini pun didapuk menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Malang. Namun sebelum menjejakkan kaki di pantai ini, para pengunjung harus mematuhi peraturan yang diberlakukan oleh petugas pantai, yaitu petugas berhak untuk memeriksa seluruh barang bawaan wisatawan, mulai dari makanan-minuman, peralatan mandi dan sebagainya.

Jadi, semua barang yang dibawa sebelum dan setelah trekking pantai harus sama. Semua bungkusan makanan-minuman ataupun sisa-sisanya harus ditunjukkan kembali kepada petugas. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dari pelestarian alam serta partisipasi wisatawan dalam menjaga kebersihan kawasan pantai yang sejatinya adalah kawasan konservasi dan terumbu karang. Jika barang bawaan kamu berkurang, itu berarti kamu telah membuangnya di kawasan pantai, dan kamu pun harus menerima denda dari petugas. So, kamu mesti perhatikan aturan ini ya.

Jangan lewatkan: Teluk Kiluan Lampung, Wisata Habitat Asli Lumba-Lumba di Alam Liar

Trekking Pantai

Pantai 3 Warna memiliki bibir pantai yang cukup panjang sehingga sangat cocok bagi kamu yang hobi trekking. Namun sebelum memulai aktivitas trekking, pemandu biasanya akan memberikan dua pilihan. Pertama, perjalanan langsung menuju pantai, dimana pemandu akan mengajak kamu berjalan kaki selama 30-45 menit melewati perkebunan. Dan pilihan kedua, yaitu menyusuri perbukitan dan beberapa pantai, dimana Pantai 3 Warna menjadi rute terakhir. Jika kamu memilih rute ini, kamu harus siap berjalan selama 2 jam.

Jika kamu memilih opsi yang kedua, maka sebaiknya kamu menyiapkan air minum agar terhindar dari dehidrasi. Tapi pengorbanan kamu sebanding kok, karena selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan beberapa pantai, seperti Pantai Clungup, Pantai Savana, Pantai Gatra, dan Pantai Batu Pecah.

Snorkeling

Setibanya di Pantai 3 Warna, dipastikan kamu akan terpukau melihat air pantai yang kebiruan dan jernih dengan gradasi hijau toska. Di seberang pantai terdapat Pulau Sempu, sementara di sebelah kiri terdapat Pelabuhan Sendangbiru. Kamu juga akan melihat lalu-lalang perahu nelayan yang tengah menangkap ikan. Namun sebelum terjun ke air, pastikan kamu telah mengenakan pelampung keselamatan (life vest) ya karena meskipun kamu telah mahir berenang, disarakankan kamu tetap mengenakan alat keselamatan ini karena arus bawah laut yang terbilang cukup kencang.

Terumbu karang Pantai 3 Warna merupakan jenis hard coral warna-warni. Kamu juga akan menemukan sejumlah ikan yang asyik bermain di sekitar terumbu karang. Masyarakat sekitar sendiri telah terlibat dalam melindungi lingkungan pantai ini, dimana mereka telah memiliki kelompok pengelola terumbu karang dan pohon mangrove di pinggir pantai.

Jangan lewatkan: Tempat Wisata Pulau Seribu Terbaik Favorit Para Wisatawan

Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai 3 Warna, biayanya terbilang amat sangat murah kok. Kamu cukup membayar tiket masuk seharga Rp 5000 per-orang saja, serta biaya pemandu lokal sebesar Rp 100.000 per-kelompok, dimana dalam satu kelompok hanya maksimal 10 orang. Bila kelompok kamu kurang dari 10, kamu dapat bergabung dengan kelompok lainnya. Kamu juga tidak dapat langsung trekking, melainkan harus menunggu kelompok lainnya kembali barulah digantikan dengan kelompok berikutnya. Jadi kamu harus tetap bersabar.

Mengenai fasilitas snorkeling, kamu dapat menyewa peralatannya sebesar Rp 15.000 yang telah meliputi jas pelampung, alat bantu pernapasan, dan kacamata. Sementara fasilitas lainnya terbilang masih sangat minim karena Pantai 3 Warna tergolong baru. Kamu hanya akan menemukan toilet atau tempat bilas di sekitar pintu utama.

Begitu juga dengan warung disekitarnya. Jangan harap kamu bisa temukan warung yang menyediakan aneka jajanan seperti KFC atau MCD karena di spot wisata Malang ini hanya ada satu-dua warung saja. Itu pun hanya terbatas menyediakan air minum dan mie instan. Mengingat kunjungan Pantai 3 Warna per harinya sangat dibatasi, sebaiknya kamu mengkonfirmasi dulu ke pihak pengelola apakah kunjungan masih tersedia atau tidak. Tetapi jika ingin langsung, sebaiknya datanglah pada pagi hari agar kamu tetap bisa masuk dalam kuota kunjungan hari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *