Senin, 28 Maret 2016

Ragam Manfaat Yang Didapat Perusahaan Dengan Menggunakan Software HR Terintegrasi

Ragam Manfaat Yang Didapat Perusahaan Dengan Menggunakan Software HR Terintegrasi. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui seluk-beluk dari HRD atau Human Resource Development, sebuah divisi penting dalam perusahaan. Tugasnya yang banyak dan kompleks dalam sebuah perusahaan tentu mau tak mau membuat divisi ini memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Namun seiring perkembangan teknologi informasi, kini personil HRD bisa dengan mudah mengerjakan seluruh tugas-tugasnya berkat bantuan sebuah aplikasi software HR. Salah satu perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi ini adalah Sleekr.co. Selain memiliki fitur input dan output yang dapat diakses dengan mudah, software ini juga memiliki fitur payroll sistem dan manajemen SDM yang lengkap dari hari pertama karyawan tersebut bekerja di perusahaan tersebut. Tak hanya itu, aplikasi sistem payroll Indonesia dan software HR buatan Sleekr juga gratis untuk digunakan oleh sebuah perusahaan menengah yang memiliki jumlah karyawan tak lebih dari 25 orang. Sehingga apabila pada saat ini Anda memiliki UKM (Usaha Kecil Menengah) dan tak ingin repot dengan manajemen karyawan Anda, maka aplikasi dari Sleekr ini mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda gunakan.

Software HR Yang Terintegrasi
Software HR Yang Terintegrasi (FOTO: Sleekr.co)
Sudah jadi rahasia umum jika di dalam sebuah perusahaan terdapat begitu banyak divisi dan departemen yang bekerja. Namun pada prinsipnya tetap memiliki tujuan yang sama yaitu untuk keberhasilan perusahaan dimana mereka bekerja. Beberapa bertugas di bagian marketing, ada juga bagian keuangan hingga yang tak kalah penting adalah HRD, mereka memiliki tugas untuk memantau sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Dan yang tak kalah pentingnya yaitu melakukan evaluasi karyawan hingga tugas untuk perekrutan tenaga kerja yang baru untuk mengisi posisi yang kosong.

Baca juga: Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Diajukan HRD

Beberapa mungkin menganggap bahwa pekerjaan sebagai seorang HRD tak terlalu sulit karena memang tugasnya hanya rekrutmen dan pengawasan saja, namun jangan salah karena mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Jika salah dalam memberikan orang lain sebuah posisi di dalam perusahaan tersebut tentunya sudah ada konsekuensi yang di dapatkan, untuk itulah biasanya bagian yang satu ini hanya dipercayakan pada mereka yang sudah ahli, tak bisa untuk tenaga yang masih pemula.

Namun kini tugas dari HRD bisa menjadi jauh lebih mudah dengan sebuah program aplikasi komputer yang digunakan untuk mengelola tata laksana sebuah perusahaan serta mendukung penyediaan informasi mengenai sumber daya manusia yang ada dalam instansi tersebut. Secara khusus sistem tersebut akan memberikan beberapa fitur, diantaranya sebagai berikut:

1. Informasi manajemen semua karyawan, artinya meliputi keseluruhan data-data umum mengenai karyawan dalam ruang lingkup perusahaan tersebut.

2. Informasi mengenai laporan analisa serta evaluasi karyawan. Selain memberikan evaluasi secara umum, software payroll/HR Indonesia dari Sleekr ini juga akan mengisikan berbagai analisa mengenai kinerja karyawan yang berguna untuk mengambil keputusan bagi pimpinan untuk memberikan reward maupun punishment terhadap karyawan yang bersangkutan.

3. Dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perusahaan, bukan hal-hal yang bersifat rahasia melainkan hanya data-data seperti buku pedoman untuk seorang karyawan, prosedur dan petunjuk keselamatan kerja.

4. Administrasi, data yang masuk kedalam bagian ini diantaranya seperti data-data perusahaan, tata laksana perkantoran, kegiatan kantor, pengorganisasian kantor, pengawasan kantor, fasilitas kantor serta data-data umum dari sebuah perusahaan lainnya.

5. Integrasi yaitu sistem informasi meliputi kegiatan akunting atau perhitungan terhadap keuangan perusahaan, pajak perusahaan, perhitungan pajak penghasilan PPh 21 karyawan dan lain sebagainya.

6. Manajemen resume, yaitu semua data pelamar untuk mengisi posisi dalam perusahaan tertentu ada di bagian ini, mulai dari yang paling lama hingga terbaru. Semuanya dapat diakses dengan mudah oleh para personil HRD yang aksesibilitasnya telah terverifikasi.

Beberapa poin diatas setidaknya mampu untuk merepresentasikan betapa pentingnya menggunakan software HR. Dengan memasukkan semua hal ke dalam satu komponen tanpa harus terpencar-pencar dan tanpa kertas (paperless) sehingga memudahkan dalam pencarian dan input data. Tak dapat dipungkiri jika kecanggihan teknologi seperti ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk diantaranya untuk menunjang kemajuan sebuah perusahaan. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar teknologi informasi yang terintegrasi dalam divisi HR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *