Rabu, 09 Maret 2016

Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari Buat Kamu Yang Super Sibuk!

Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari Buat Kamu Yang Super Sibuk!. Sebagian orang mungkin merasa sedikit grogi, lemas atau kaku saat mereka terbangun di pagi hari. Di saat seperti ini, mungkin kamu masih merasa agak aneh tatkala kamu mulai mengawali hari untuk latihan atau hanya sekedar melakukan olahraga ringan.

Namun percayalah, kegiatan peregangan otot yang melatih kemampuan jantung justru akan memberi semburan energi serta membantu mood kamu tetap terjaga dengan baik hingga sepanjang hari. Buat kamu yang malas berolahraga dan menganggap olahraga itu aktivitas 'menakutkan', coba deh mulai saat ini pilihlah aktivitas olahraga yang menarik bagi kamu sehingga kamu dapat lebih enjoy dan menikmati kegiatan olahraga kamu di setiap pagi.

Meskipun olahraga itu baik dan memiliki segudang manfaat bagi tubuh, tapi pada kenyataannya masih banyak saja orang yang malas untuk melakukannya. Padahal menurut sebuah penelitian, ternyata level mood seseorang saat pagi hari adalah yang paling tinggi tingkatannya. Hal ini diketahui berdasarkan survey yang dilakukan kepada orang-orang produktif yang begitu paham jika pagi hari merupakan saat yang paling tepat untuk melakukan kegiatan.

Dalam sebuah buku berjudul What the Most Successful People Do Before Breakfast, karangan Laura Vanderkam, disebutkan bahwa pagi hari merupakan saat yang tepat untuk berkreasi, berolahraga serta meluangkan momen berharga (quality time) untuk diri kamu sebelum rutinitas memanggil.

Olahraga Ringan di Pagi Hari
Olahraga Ringan di Pagi Hari
Ingin punya tubuh yang sehat sekaligus punya mood yang bagus sepanjang hari?. Makanya jangan malas!. Berikut ini adalah beberapa olahraga ringan yang dapat kamu lakukan setiap pagi. Simak yuk!.

1. Berjalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling alami, murah sekaligus dapat dilakukan dimana saja. Bahkan tanpa kita sadari. setiap hari kita melakukannya. Jika kamu hobi berjalan kaki, maka kamu bisa mencoba melakukan olahraga ringan ini setidaknya 20 sampai 30 menit setiap pagi. Selain menyehatkan tubuh, berjalan kaki juga memiliki dampak resiko maupun kemungkinan cedera yang kecil. Dengan melakukan aktivitas jalan kaki, maka secara alami otot cardio kamu juga akan menjadi terlatih. Menurut Cleveland Clinic, dengan melakukan latihan dasar ini setiap pagi secara rutin, maka imunitas kamu akan selalu terjaga dalam kondisi yang baik.

2. Latihan Senam Yoga

Awali pagi hari kamu dengan berlatih dasar senam yoga selama beberapa menit. Latihan ini akan memberikan fleksibilitas pada otot-otot sekaligus melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Menurut HelpGuide.org, senam yoga memiliki tingkat efektifitas yang tinggi untuk menghilangkan stres serta meningkatkan relaksasi. Selain itu, latihan yoga secara teratur juga dapat membentuk serta mengencangkan otot-otot tubuh secara maksimal. Bagi kamu yang kerap merasa otot-otot kaku atau nyeri di pagi hari, cobalah untuk melakukan serangkaian gerakan lembut saat mengawali latihan senam yoga, dan selalu pastikan dimulai dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu.

Bagi kamu yang tidak memiliki latar belakang yoga, kamu juga bisa untuk mencoba mengikuti kelas yoga pagi hari bersama dengan kawan-kawan. Atau jika tidak memungkinkan, maka kamu juga bisa mempraktekkannya sendiri di rumah dengan sebuah DVD yoga yang kini banyak di jual di toko-toko serta di pinggir-pinggir jalan.

3. Angkat Beban Dengan Barbel

Olahraga ringan ini juga bisa kamu lakukan setiap pagi untuk membakar kalori. Dengan angkat beban, tubuh kamu jadi lebih sehat serta dapat membentuk otot-otot tubuh. Selain itu olahraga ini juga dapat membantu kamu yang memiliki kesulitan dalam hal merampingkan tubuh. Menurut Harvard School of Public Health, otot yang aktif secara metabolik dapat membakar kalori dan lemak jauh lebih banyak.

Cobalah mulai rutin setiap pagi untuk berlatih dasar terlebih dahulu, seperti mengangkat barbel (dumbbells) yang enteng sambil melakukan peregangan otot ringan. Untuk mendapatkan manfaat kardiovaskular dari latihan berbasis kekuatan ini, kamu juga bisa mengkolaborasikannya bersama senam aerobik dengan komposisi interval 5 menit latihan beban dari setiap 10 menit aktivitas aerobik yang kamu lakukan.

4. Olahraga Lari

Seperti halnya berjalan kaki, lari juga merupakan salah satu olahraga paling ekonomis yang bisa kamu lakukan. Bosan dengan treadmill?, kamu juga bisa mencoba untuk berlari pagi dengan berkeliling di sekitar tempat tinggal kamu sambil cuci mata. Selain bagus untuk membangun mood di pagi hari, lari pagi juga baik untuk memberikan asupan udara segar yang bermanfaat bagi paru-paru, peredaran darah di tubuh serta asupan oksigen ke otak. Dengan melakukan aktivitas ini, di jamin otak serta pikiran kamu bakal jauh lebih fresh lagi sebelum kamu mulai melakukan rutinitas sehari-hari.

5. Bersepeda

Selain mengasyikkan, bersepeda setiap pagi juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung serta melatih lower body kamu dalam keadaan prima. Lakukan olahraga bersepeda setidaknya 30 menit setiap pagi untuk merasakan berbagai manfaatnya bagi tubuh. Dan agar kamu terhindar dari cedera saat bersepeda, pastikan untuk selalu mengenakan helm serta perlengkapan keselamatan lainnya.

6. Berenang

Ingin punya tubuh yang sehat sekaligus ideal?. Maka renang adalah jawabannya. Olahraga yang satu ini memiliki gerakan yang hampir melibatkan semua anggota tubuh, sehingga olahraga ini pun menjadi salah satu olahraga yang paling efektif sekaligus digemari. Renang memiliki manfaat yang banyak, beberapa diantaranya seperti meningkatkan stamina tubuh, membakar lemak, menjaga kesehatan jantung serta melatih otot-otot tubuh kamu.

Baca juga: Jenis Olahraga Untuk Bikin Bentuk Tubuh Jadi Bagus

Olahraga memiliki arti yang penting dan begitu banyak manfaatnya, terutama terhadap kesehatan serta ketahanan tubuh kamu. Oleh sebab itu, bagi kamu yang saat ini masih malas berolahraga, coba deh untuk mulai melakukan berbagai opsi olahraga ringan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *