Kamis, 10 Maret 2016

Jalur, Kawasan dan Jam Pemberlakuan Sistem 3 in 1 Wilayah DKI Jakarta

Jalur, Kawasan dan Jam Pemberlakuan Sistem 3 in 1 Wilayah DKI Jakarta. Bagi kamu yang tinggal di sekitar daerah Jakarta dan memiliki kendaraan roda empat, mungkin pemberlakuan sistem 3 in 1 (Three in one) menjadi hal yang cukup familiar, apalagi jika setiap hari kamu selalu melakukan aktivitas rutin di area tersebut.

Namun tentu tidak demikian dengan kalian yang berasal dari daerah di luar Jakarta dan masih terbilang jarang bepergian ke beberapa titik jalan di wilayah ini. Salah-salah malah kamu bisa diberhentikan oleh petugas Kepolisian meskipun secara tak sengaja telah melanggar peraturan tersebut. Pada awalnya, setidaknya ada 10 ruas jalan yang diberlakukan sistem ini, akan tetapi akhirnya pada September 2012, peraturan 3 in 1 direvisi menjadi 5 ruas jalan saja.

Baca juga: Tarif, Pasal dan Denda Tilang Pelanggaran Lalu-Lintas 2016

Pada dasarnya pemberlakuan kawasan 3 in 1 merupakan bertujuan untuk mengurai kemacetan di kota Jakarta saat jam sibuk dengan cara mengefisiensikan jumlah penumpang dalam sebuah kendaraan roda empat pada jam-jam tertentu. Sebagaimana telah kita ketahui jika beberapa ruas jalan di Jakarta menjadi begitu padat di saat jam berangkat maupun pulang kerja. Bahkan terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam seperti telah menjadi keseharian masyarakat Jakarta yang lumrah dan dapat dimaklumi.

Nah, khususnya buat kamu yang belum mengetahui kapan dan di ruas-ruas jalan mana saja 3 in 1 diberlakukan, berikut adalah informasi beberapa ruas jalan di wilayah DKI Jakarta yang menerapkan sistem berkendara 3 in 1 saat jam-jam tertentu.

Jalur, Kawasan dan Jam Pemberlakuan Sistem 3 in 1 Wilayah DKI Jakarta
Ilustrasi Kawasan 3 in 1 Jakarta
  • Jalan Jenderal Sudirman, pemberlakuan 3 in 1 di jalur cepat serta jalur lambat
  • Jalan MH. Thamrin, pemberlakuan 3 in 1 di jalur cepat serta jalur lambat
  • Jalan Sisimangaraja, pemberlakuan 3 in 1 di jalur cepat serta jalur lambat
  • Jalan Medan Merdeka Barat
  • Jalan Majapahit
  • Disebagian ruas Jalan Jenderal Gatot Subroto antara persimpangan Jalan Jenderal Gatot Subroto - Jalan Gerbang Pemuda (Balai Sidang Senayan) hingga persimpangan Jalan HR. Rasuna Said - Jalan Jenderal Gatot Subroto
  • Kebijakan sistem 3 in 1 hanya diberlakukan pada hari kerja (Senin - Jum'at) antara jam 07.00 - 10.00 WIB dan jam 16.30 - 19.00 WIB dan tidak berlaku di hari Sabtu, Minggu (weekend) serta hari libur nasional (tanggal merah).

Baca juga: Awal Puasa Ramadhan 2016 (1437 H), Cuti Bersama Idul Fitri dan Hari Libur Nasional

Demikianlah informasi seputar pemberlakuan jalur 3 in 1 di beberapa wilayah di Jakarta. Meskipun informasi ini bukan informasi yang terbilang baru, namun semoga tetap bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *