Kamis, 10 Desember 2015

Metode / Cara Investasi Emas Syariah Serta Keuntungannya!

Berjibaku.com - Investasi emas sebenarnya bukanlah hal baru. Investasi emas bahkan sudah ada sejak zaman dahulu dan dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang paling menguntungkan.

Saat masih konvensional, masyarakat cenderung melakukan investasi emas dengan cara menyimpan logam mulia tersebut dirumah secara fisik. Namun seiring perkembangan wakut, ada cara yang lebih baik dalam menyimpan emas, yaitu melalui bank atau pegadaian.

Meskipun emas memiliki nilai yang fluktuatif, namun pada kenyataannya hingga kini masih banyak orang yang lebih memilih untuk berinvestasi di logam mulia. Memilih investasi jangka panjang dengan menyimpan emas bukanlah tanpa alasan, karena mayoritas pelaku investasi memiliki tujuan utama, beberapa diantaranya seperti upaya untuk mengamankan harta kekayaan, memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang, bahkan tak sedikit yang berpikir untuk menginvestasi emas guna menambah kekayaan.

Dalam perkembangannya, investasi logam mulia mengalami banyak perubahan, dari mulai yang disimpan di rumah hingga akhirnya disimpan di lembaga keuangan yang menawarkan program investasi emas syariah.

Bagi Anda yang masih bingung mengenai bagaimana metode yang bisa dipilih untuk melakukan investasi emas yang menguntungkan, berikut adalah penjelasannya.

Metode / Cara Investasi Emas Syariah Serta Keuntungannya!
Metode / Cara Investasi Emas Syariah Serta Keuntungannya!

Menabung Emas
Cara menabung emas adalah dengan membeli emas ketika harga emas sedang turun dan menjualnya kembali ketika harga emas tersebut sudah naik dan telah memiliki untung. Hal ini merupakan cara invetasi emas yang paling sederhana dan paling umum dilakukan di Indonesia. Menabung atau invetasi emas batangan juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi rencana di masa yang akan datang.

Investasi Emas di Pegadaian Syariah
Cara investasi emas di Pegadaian misalnya dengan metode membeli emas terlebih dahulu dan menggadaikannya di bank syariah. Dana dari bank syariah kemudian bisa digunakan sebagai modal usaha sehingga bisa membayar cicilan gadai emas tersebut. Hingga pada saatnya bisa menebus emas serta masih mendapatkan keuntungan berupa aset usaha.


Tabungan Emas di Bank Syariah
Cara memiliki emas di Bank Syariah yaitu memiliki emas dengan cara mencicil terlebih dahulu sampai waktu yang telah ditetapkan. Saat emas sudah lunas dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, baru kemudian investasi Anda yang berupa emas batangan bisa diambil.

Melihat bagaimana keuntungan yang bisa didapatkan melalui investasi emas syariah ini, kemudian membuat investasi emas menjadi populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Meski demikian sebagai pemula dalam bisnis investasi emas, maka diperlukan beberapa strategi agar investasi yang dipilih bisa mendatangkan keuntungan.

Sebelum melakukan investasi, ada baiknya jika Anda memperhatikan kondisi maupun harga emas di pasaran terlebih dahulu, sehingga ketika harga emas sedang turun, Anda bisa melakukan investasi emas syariah di bank ataupun pegadaian.

Anda bisa memilih lembaga investasi emas syariah dengan penawaran biaya cicilan yang paling rendah, perhatikan juga tujuan investasi emas Anda, apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Hal ini akan sangat berpengaruh pada penentuan waktu maupun profit harga investasi emas syariah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain bank syariah, investasi emas syariah juga bisa dilakukan di pegadaian yang telah menyediakan program investasi emas syariah baik secara cash maupun kredit. Penawaran yang diajukan oleh pegadaian syariah dalam investasi emas dianggap sesuai untuk masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Hal ini dikarenakan program investasi emas syariah dari pegadaian lebih ringan dan sangat menguntungkan, dimana masyarakat bisa menabung untuk membayar cicilan biaya investasi logam mulia tersebut setiap bulannya.


Adapun jangka waktu investasi emas syariah yang ditawarkan oleh pegadaian cukup variatif, yaitu mulai dari jangka waktu yang terpendek yaitu 6 bulan hingga jangka waktu 3 tahun. Untuk berat minimum emas 24 karat tersedia mulai dari 5 gram hingga berat maksimum mencapai 1000 gram atau 1 kg.

Salah satu keuntungan dalam mencicil emas di Pegadaian salah satunya adalah adanya kebebasan dalam pembayaran cicilan kreditnya yang bisa dibayar tanggal berapapun selama belum berganti bulan. Dengan begitu maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan denda akibat keterlambatan dalam membayar cicilan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *