Minggu, 13 Desember 2015

Beberapa Negara Tempat Tujuan Kuliah Di Luar Negeri Yang Berbiaya Paling Murah!

Berjibaku.com - Bisa kuliah di luar negeri mungkin masih jadi cita-cita terpendam bagi banyak orang, meskipun demikian, pada kenyataannya banyak juga dari mereka yang kemudian mengurungkan niat dan kemudian mengubur harapannya untuk meraih gelar sarjana di luar negeri. Alasan terbesarnya selalu saja masalah klasik, terbentur biaya.

Padahal, jika kamu cukup rajin mencari informasi, mungkin untuk kuliah di luar negeri bukan lagi hanya jadi angan-angan, karena percaya atau tidak, ada banyak negara di dunia yang biaya kuliahnya cukup murah. Bahkan beberapa diantaranya nyaris dibawah 120 juta rupiah. Jika dibandingkan dengan biaya perkuliahan di Indonesia, rasa-rasanya malah justru lebih mahal di sini.

Nah, buat kamu yang punya tekad lebih dan ingin mendapatkan gelar sarjana dengan kuliah di luar negeri dengan biaya yang cukup terjangkau, maka beberapa negara ini mungkin bisa jadi referensinya. Negara mana sajakah itu?. Berikut petikkannya:

Beberapa Negara Tempat Tujuan Kuliah Di Luar Negeri Yang Berbiaya Paling Murah!
Negara Tujuan Kuliah Murah di Luar Negeri

1. Jerman

Di negara maju, justru biasanya biaya pendidikannya malah lebih murah. Jerman misalnya. Negara ini merupakan salah satu negara yang kerap menjadi tujuan pelajar dari berbagai negara di dunia untuk menimba ilmu. Beberapa universitas di Jerman juga masih mematok tarif yang murah, yaitu hanya sekitar 5-7 juta rupiah saja perbulannya.

Jika biaya kuliah di total dengan biaya akomodasi serta biaya untuk keperluan jajan, mungkin dalam 1 tahun tak sampai 120 juta. Masih terbilang cukup murah bukan?.


2. Spanyol

Tak kalah dengan Jerman, Spanyol juga menjadi salah satu negara tempat tujuan kuliah berbiaya murah lainnya. Biaya kuliah di Spanyol pertahun hanya sekitar US$ 1000 atau setara dengan 130 juta rupiah. Bahkan jika kamu bisa lebih hemat mengatur anggaran untuk akomodasi serta biaya keperluan lain selama menetap disana, maka biaya pertahunnya hanya sekitar 150 juta rupiah saja.


3. Taiwan

Kamu takut homesick karena kuliahnya terlalu jauh dari keluarga?. Mungkin Taiwan-lah jawabannya. Selain masih di wilayah Asia, biaya kuliah di Taiwan juga bisa dibilang hampir mirip-mirip dengan rata-rata biaya kuliah di Indonesia, yaitu sekitar US$ 3, 270 atau sekitar 46 juta rupiah pertahun jika dirupiahkan. Jika dibagi perbulan, maka hanya berkisar Rp 3,8 juta saja. Adapun biaya hidup bagi kebanyakan orang di negara ini yaitu berkisar US$ 4.987 (70 juta rupiah) per-tahunnya atau Rp 5-6 juta/bulan. Hanya berselisih sedikit saja kan dengan Indonesia?.


4. Cina/Tiongkok

Masih di sekitar benua Asia, Tiongkok merupakan destinasi kuliah luar negeri yang biayanya juga terhitung murah. Di negara ini, biaya kuliah untuk mahasiswa internasional berkisar sekitar US$ 3.983 per tahunnya (50 juta rupiah pertahun) atau sekitar 5-6 juta rupiah perbulan. Jika ditambahkan dengan biaya akomodasi dan keperluan lainnya, maka dalam setahun total biayanya tak lebih dari 100 juta rupiah saja. Sedangkan biaya hidup rata-rata masyarakat Tiongkok saat ini berkisar US$ 4.783 pertahunnya.


5. Perancis

Negara Perancis mungkin masih menjadi salah satu negara tujuan kuliah luar negeri yang paling populer. Selain sebagai negara yang menjadi ikon mode dunia, Perancis juga menjadi ikon dalam bidang akademis, khususnya bidang studi pariwisata. Biaya kuliah di Perancis ternyata tak semahal yang dikira, karena jika kamu bisa sedikit berhemat, maka kamu bisa survive hanya dengan €350-€500 (Rp 5 - 8 juta rupiah) perbulannya.

Begitu juga dengan biaya kuliah disini yang tak kalah murah. Untuk biaya kuliah di universitas tinggi negeri di sini, kamu hanya perlu mengeluarkan budget 5 jutaan/semester.


6. Rusia

Meskipun Rusia masuk kedalam salah satu negara tempat kuliah yang paling murah. Namun bagi pelajar dari wilayah Asia, khususnya Indonesia, tantangan terbesar hidup di Negeri Beruang Putih ini adalah faktor iklim yang sangat dingin.

Tapi bagi kamu yang ingin merasakan bagaimana rasanya menuntut ilmu disini silakan saja untuk mencoba. Biaya kuliah mahasiswa internasional di Rusia berada di kisaran angka US$ 3.131 (Rp 40 juta) pertahunnya atau sekitar hanya Rp 3.5 juta perbulan. Sedangkan untuk biaya hidup, rata-rata masyarakat di negara ini mengantongi US$ 6.310 (Rp 82 juta) pertahunnya.

Nah, itulah beberapa negara di dunia yang bisa menjadi referensi kamu berkuliah tanpa bikin bangkrut. Sebenarnya masih banyak lagi negara-negara di dunia, baik di Eropa maupun Asia dengan biaya kuliah yang minim, beberapa diantaranya seperti Hongkong, India, Filipina, Turki dan berbagai negara lainnya. Melihat fakta dan kenyataan ini, harusnya untuk bisa berkuliah di luar negeri tak lagi sekedar menjadi angan-angan, sehingga patut untuk diperjuangkan demi masa depan kamu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *