IBX5A2F9222D4AE8

Selasa, 29 Desember 2015

5 Pertimbangan Penting Sebelum Mengoleksi Action Figure

Berjibaku.com - 5 Pertimbangan Penting Sebelum Mengoleksi Action Figure. Setiap anak memiliki tokoh favorit mereka sendiri, dan dari tokoh-tokoh inilah terkadang mereka memiliki cita-cita khayalan, salah satu contohnya adalah keinginan untuk menjadi super hero, padahal di kehidupan nyata hal tersebut tak ada.

Beberapa produsen mainan pun kemudian menggunakan tokoh-tokoh imajiner maupun tokoh nyata tersebut dalam bentuk action figure, yaitu mainan-mainan yang umumnya ditawarkan dalam bentuk tokoh-tokoh favorit, misalnya Naruto, One Piece, Spiderman, Superman, Ironman dan lain sebagainya. Action figure seperti itu mungkin sudah mulai Anda kenal semenjak masa kecil, atau mungkin Anda tergolong sebagai salah satu kolektornya.

Sekarang maupun dulu, tak dapat dipungkiri jika mainan ini tetap banyak digemari oleh anak-anak. Hanya saja dikarenakan dunia semakin modern, maka munculah tokoh-tokoh baru. Hal ini tak mengherankan mengingat industri perfilman dunia selalu menghadirkan karya-karya baru.

Nah, action figure tersebut umumnya hadir dalam berbagai bentuk dengan harga yang juga beragam. Bagi Anda yang tertarik untuk mengoleksi satu atau beberapa diantaranya, maka nya berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diketahui sebelum mengoleksi mainan-mainan ini, yaitu:

Ragam Tokoh Action Figure Yang Dijual di Pasaran
Ragam Tokoh Action Figure Yang Dijual di Pasaran

1. Tentukan Tujuan Anda Mengkoleksi Action Figure
Mungkin sebagian orang gemar mengoleksi hanya sebatas hiasan saja, sebagian lagi memang digunakan sebagaimana fungsinya, yaitu dimainkan, namun ternyata juga ada yang menjadikannya sebagai barang investasi, mengapa?. Percaya atau tidak, ternyata produk mainan ini akan semakin langka seiring waktu. Selain masanya yang memang sudah berlalu, produsen pun tidak akan mengeluarkan produk tersebut. Kelangkaan inilah yang kemudian menyebabkan banyak kolektor yang memburu mainan ini.

Baca juga: #Permainan Tradisional Anak Tempo Dulu Yang Edukatif

Sebagaimana prinsip ekonomi permintaan (demand) dan penawaran (supply), maka jika permintaan besar tapi ketersediaan terbatas, maka apa pun barangnya pasti akan mahal. Hal ini pula yang terjadi terhadap barang-barang kolektor yang salah satunya adalah action figure. Mungkin bagi sebagian besar anak-anak, produk ini hanya digunakan untuk mainan semata sehingga tak terlalu memperdulikan keaslian produk tersebut, begitu juga perawatannya. Akan tetapi di tangan seorang kolektor, mainan ini bisa disulap menjadi barang berharga yang harganya selangit.

2. Perhatikan Perawatannya
Untuk membuatnya tetap awet dan selalu terlihat seperti baru, tentunya Anda perlu mengetahui cara perawatan yang tepat. Produk action figure yang asli pasti terdapat cara-cara perawatan di pada label kemasan maupun didalam dusnya. Selain mengetahui bagaimana cara merawatnya, Anda juga harus mengetahui bahan pembuatannya agar Anda tahu bagaimana cara memperlakukan mainan-mainan tersebut. Selain itu, tempat penyimpanan yang baik, tidak lembab dan bersih juga tak kalah pentingnya.

3. Fokus Action Figure Mana Yang Dikoleksi
Ada puluhan bahkan ratusan mainan tokoh-tokoh favorit yang hadir di pasaran. Dengan harga yang biasanya mahal, tentu Anda tak bisa membeli semuanya. Oleh sebab itu Anda perlu lebih mengerucutkan fokus pada jenis, model ataupun tokoh-tokoh tertentu saja supaya anggaran Anda tetap terjaga dengan baik.

4. Tentukan Pilihan Berdasarkan Usianya
Jika bicara soal budget, maka opsinya adalah beli yang masih baru atau sudah lama. Jika budget berlebih, mungkin memiliki action figure baru dengan harga yang mahal tak jadi masalah. Namun bagaimana jika budget Anda terbatas?. Jadi tipsnya adalah jangan hanya mencari yang baru saja, akan tetapi juga bisa mempertimbangkan untuk membeli yang bekas untuk menghemat pengeluaran.

Kira-kira dimana tempat untuk mencari action figure baru dan bekas yang paling mudah?. Nah, kini Anda bisa mendapatkan berbagai macam model dan jenis mainan tokoh favorit di Bukalapak.Com yang menjual action figure murah berbagai koleksi baru dan bekas.

5. Rajin Membersihkannya
Meskipun Anda menaruhnya dalam wadah atau kemasan, namun jika jarang dibersihkan tentunya ada potensi kerusakan. Untuk mencegah action figure Anda tampak lusuh dan buruk, Anda harus rajin-rajin memeriksa sekaligus membersihkannya. Selain akan lebih tampak lebih enak dipandang, action figure dengan kondisi yang terawat dapat membuat harga jualnya kembali tetap tinggi.

Itulah kira-kira 5 hal penting yang wajib diketahui sebelum Anda memutuskan untuk mengoleksi action figure. Pada intinya ada banyak sekali alasan seseorang terjun untuk mengoleksi sesuatu dengan jenis barang koleksi yang berbeda-beda, baik itu karena hobi atau lebih kepada investasi. Nah, silakan Anda tentukan sendiri kira-kira Anda yang mana?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *