Jumat, 13 November 2015

Tips dan Cara Membersihkan Knalpot Motor 4 TAK

Tips dan Cara Membersihkan Knalpot Motor 4 TAK. Setiap kendaraan tentu memiliki beragam komponen yang cara perawatannya berbeda-beda. Misalnya saja knalpot motor, khususnya motor 4 tak atau bermesin 4 langkah. Mengapa demikian?. Sistem exhaust atau sistem pembuangan antara sepeda motor 2 tak dan 4 tak berbeda.

Knalpot motor 2 tak biasanya lebih awet karena sisa pembakarannya cenderung basah akibat bensin yang tercampur oli. Sehingga saat dioperasikan, knalpot untuk motor 2 tak memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan motor 4 tak.

Selain air dan kotoran, suhu knalpot yang tinggi merupakan salah stu penyebab utama karat dan keropos pada knalpot. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya knalpot motor 4 tak selalu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Knalpot termasuk salah satu komponen vital bagi sebuah kendaraan mengingat fungsi utama knalpot adalah untuk meredam ledakan-ledakan yang terjadi pada ruang pembakaran atau combustion chamber yang kemudian mengeluarkan gas sisa hasil pembakaran melalui pipa. Suara bising yang terjadi saat bensin dan udara bertemu di dalam ruang pemampatan, tidak langsung dibuang ke udara terbuka, akan tetapi melewati peredam suara atau muffler yang terdapat di dalam knalpot.

Selain menjadi peredam sebagaimana fungsi utamanya, knalpot juga mempunyai fungsi lain yang tak kalah penting, yaitu mendukung penampilan dari kendaraan Anda. Anda dapat membayangkan sebuah kendaraan yang bagus tapi tidak mempunyai knalpot?. Selain bisa melanggar ketertiban lalu-lintas, tentu sang pemilik kendaraan jadi tidak percaya diri untuk mengendarainya bukan?.

Lihat juga: #Tarif Denda Tilang Lalu Lintas Dan Pasal-Pasal Pelanggarannya

Dikarenakan fungsi knalpot yang begitu penting, oleh sebab itu knalpot memerlukan perawatan yang lebih optimal sehingga performanya akan selalu terjaga dalam kondisi prima setiap saat.

Sebenarnya knalpot mempunyai masa penggunaan yang relatif lama. Akan tetapi seiring usia penggunaannya, bisa jadi knalpot mengalami korosi dan karat akibat kotoran maupun perbedaan suhu luar dan dalam knalpot saat memuntahkan gas buang, khususnya saat musim hujan.

Tips dan Cara Membersihkan Knalpot Motor 4 TAK
Tips Bersihkan Knalpot Motor (FOTO: rpmsuper.com)

Bahkan bila Anda mempunyai tempat tinggal disekitar wilayah pantai, korosi akan cenderung lebih cepat terjadi karena kandungan garam yang tinggi di udara. Nah, untuk menghindari kerusakan knalpot pada sepeda motor Anda, khususnya sepeda motor 4 tak/4 stroke, maka berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat knalpot yang bisa Anda implementasikan.

  • Hidupkan mesin hingga knalpot menjadi panas, kira-kira 10 menit. Oleskan ke bagian yang berkarat. Nantinya knalpot akan mengeluarkan asap yang disebabkan oli yang menguap karena panas. Seiring itu pula karat pada knalpot akan hilang.

  • Selanjutnya bersihkan lubang pembuangan kemudian berikan sedikit oli secukupnya pada lubang silincer. Waktu yang baik adalah dua bulan sekali, hal ini dimaksudkan untuk mencegah kebocoran atau pengeroposan pada knalpot akibat suhu knalpot yang terlalu panas. 

  • Bila terjadi korosi pada knalpot, lebih baik segera melakukan pembersihan kotoran dengan sikat yang kuat. Anda bisa memanfaatkan cairan detergen yang dioleskan pada knalpot yang berkarat tersebut, 

  • Di bagian pipa yang telah bersih, Anda bisa membersihkan bagian ini dengan cara mengoleskan oli ke leher knalpot secara merata, hidupkan mesin sekitar 2 menit, 

  • Bila Anda selesai mencuci motor, lakukan pengeringan di bagian knalpot dengan lebih hati-hati, jika perlu Anda dapat melakukan penyemprotan dengan cairan anti karat seperti WD40.

Agar Anda bisa memperoleh hasil yang baik, lakukan perawatan knalpot motor Anda secara teratur. Seperti yang telah di jelaskan, untuk melakukan perawatan knalpot tidaklah sulit, Anda bisa melakukan perawatan dengan cara yang berkala agar penampilan sekaligus performa knalpot bisa tetap terjaga dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *