Rabu, 28 Oktober 2015

10 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dengan Cepat Dan Efektif

10 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dengan Cepat Dan Efektif. Tak dapat dipungkiri jika bahasa Inggris saat ini masih menjadi semacam momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Bahkan tak jarang dari kita yang merasa gugup saat diharuskan berbicara menggunakan bahasa Inggris saat berada di depan umum.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa dunia yang paling umum digunakan untuk berkomunikasi. Oleh karenanya, saat ini begitu banyak test-test lisan maupun tulisan yang mewajibkan seseorang untuk bisa menguasai bahasa Inggris untuk bisa mendapatkan kelulusan. Misalnya pada saat ujian kenaikan kelas, tes kelulusan, tes masuk universitas hingga tahap wawancara kerja yang hampir semuanya menuntut kelihaian seseorang dalam menguasai bahasa universal tersebut.

Meskipun pelajaran bahasa Inggris sudah diberikan semenjak sekolah menengah, namun pada kenyataannya, hanya kurang dari 8% masyarakat Indonesia yang mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar (sumber: Republika). Meskipun demikian, Indonesia masih tetap sedikit lebih unggul dari Cina. Sedangkan untuk tiga negara yang menguasai bahasa Inggris terbaik pada saat ini masih dipegang oleh Norwegia, Swedia dan Finlandia.

Saat ini bahasa Inggris memiliki peran yang begitu penting, terutama dalam hal karir. Sebuah penelitian menyebutkan jika memiliki kemampuan atau skill dalam berbahasa Inggris, maka Anda memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan hingga sebesar 30% - 50% lebih tinggi dibanding mereka yang tidak menguasai bahasa Inggris. Terlebih lagi Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang dengan potensi ekonomi sangat besar dan berpengaruh di dunia.

Kedepannya, pengamat ekonomi dunia memprediksikan jika Indonesia akan menjadi salah satu negara terkuat di Asia Tenggara yang memiliki pengaruh yang besar dalam sektor perekonomian bersama China dan India. Hal ini bisa kita amati dengan munculnya berbagai bisnis baru (start up) yang begitu marak belakangan ini. Sebut saja Lazada, Gojek, Zalora, Bukalapak, Tokopedia dan berbagai start up lainnya yang mendapatkan pendanaan dari luar negeri. Hal inilah salah satu faktor yang membuat bahasa Inggris menjadi begitu penting.

Lihat juga: #Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris dan Indonesia

Untuk menguasai bahasa Inggris sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Terlebih lagi di era globalisasi seperti sekarang. Banyak sumber yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Mulai dari berbagai jenis permainan test bahasa Inggris, artikel yang membahas pelajaran bahasa Inggris di internet, koran, radio, televisi dan berbagai media lainnya. Tak hanya itu saja, berbagai macam kursus kilat bahasa Inggris pun bisa Anda pilih sesuai kebutuhan serta kondisi keuangan Anda. Dari mulai kursus yang intensif, kursus kilat, kursus bahasa Inggris untuk bisnis dan semacamnya.

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak Dengan Cepat Dan Menyenangkan
Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak (img credits: istimewa)

Nah, khususnya bagi Anda yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat secara otodidak, maka berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Perbanyak Perbendaharaan Kata (Vocabulary)
Jika sulit merangkai kalimat dalam bahasa Inggris, maka bisa saja faktor penghambatnya adalah perbendaharaan kata yang minim. Cobalah untuk menghafal minimal satu buah perbendaharaan kata dalam satu hari yang berhubungan dengan rutinitas Anda, kemudian hafalkan. Jika dianggap terlalu mudah, maka cobalah untuk menghafalkan lebih banyak lagi kosa kata dalam satu hari.

2. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris
Tips belajar bahasa Inggris menyenangkan berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu favorit Anda. Belajar dengan menggunakan lagu merupakan hal yang menyenangkan, menghibur sekaligus melatih listening skill atau kemampuan Anda dalam mendengar rangkaian kata bahasa Inggris. Cobalah terka liriknya kemudian bandingkan dengan lirik versi aslinya. Berapa banyak terdapat kesalahan?. Jika cukup banyak, maka Anda bisa mengulangnya kembali.

3. Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Teks
Tips selanjutnya adalah menonton film berbahasa Inggris tanpa teks. Untuk pertama kalinya mungkin akan sulit menerka apa yang sebenarnya diucapkan oleh para aktor dalam film tersebut. Anda tidak dituntut untuk harus mengerti setiap detail dialog yang di dalam film. Sebaiknya pilih film-film yang memiliki dialog singkat kemudian diikuti oleh interval tanpa dialog seperti film drama atau film romantis. Sebab film seperti itu dapat memberikan Anda waktu untuk dapat menyerap setiap dialognya.

4. Gunakan Google Translate, Bing Translator Atau Aplikasi Kamus Bahasa Inggris
Di era teknologi seperti saat ini, apa pun jenis informasi yang ingin Anda ketahui bisa dengan mudah di dapatkan berkat mesin pencari atau search engine seperti Google atau Bing, tak terkecuali untuk belajar bahasa Inggris. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi penerjemah yang bisa Anda akses melalui halaman Google Translate atau pun Bing Translator melalui ponsel Anda.

Bahkan jika dirasa belum cukup, Anda juga dapat dengan mudah menginstal aplikasi kamus gratis yang bisa Anda dapatkan di Google Playstore.

5. Baca Koran Berbahasa Inggris
Bagi Anda yang bekerja di kantor yang kebetulan berlangganan koran berbahasa Inggris misalnya seperti The Jakarta Pos, maka hal ini bisa juga Anda manfaatkan untuk mengasah keterampilan Anda dalam membaca kalimat berbahasa Inggris.

6. Obrolan Chatting
Selain aplikasi kamus online dan offline, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi obrolan melalui chatting room. Cobalah untuk mencari beberapa teman yang berbahasa Inggris dan mulai mempraktekkannya. Jangan sungkan untuk mengatakan kepada lawan bicara Anda jika pada saat ini Anda memang sedang mengasah keterampilan dalam berbahasa Inggris.

7. Belajar Bicara Dengan Anggota Keluarga Dirumah
Jika Anda masih memiliki keraguan untuk mempraktekkannya dengan orang yang belum Anda kenal dengan baik, maka ajaklah adik, kakak, ibu atau anggota keluarga lainnya untuk berlatih. Selain lebih seru, bicara dengan orang yang Anda kenal akan secara otomatis membuat Anda merasa percaya diri.

8. Belajar Bicara Di Depan Cermin
Bagi Anda yang ingin melatih artikulasi mengucapkan kata dalam bahasa Inggris, maka Anda juga dapat memanfaatkan cermin untuk berlatih. Cobalah untuk berbicara dengan lantang sambil memperhatikan teknik-teknik pengucapan kata (pronunciation) dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

9. Gabung Dengan Komunitas
Ingin mengasah kemampuan dengan lebih cepat?. Cobalah bergabung dalam komunitas English Corner. Komunitas ini biasanya ada di tempat-tempat umum misalnya seperti di toko buku. Jangan sungkan untuk ikut bergabung dan berlatih bersama.

10. Jangan Malu Untuk Praktek
Inti dari penguasaan bahasa Inggris adalah praktek. Dan praktek yang dilakukan secara terus menerus lama kelamaan pasti bisa membuat Anda fasih dalam berbahasa Inggris. Bisa ala biasa adalah kuncinya. So, teruslah berlatih!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *