Jumat, 02 Oktober 2015

1001 Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

1001 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh. Bagi Anda yang hobi bercocok tanam atau menghias halaman di rumah pasti sudah akrab dengan tanaman yang satu ini.

Lidah buaya atau yang memiliki nama lain Aloevera merupakan tanaman yang memiliki bentuk daun berduri berwarna hijau bertekstur halus dan tebal dengan bentuk daun yang panjang dan menyudut di bagian ujungnya.

Meskipun sekilas tanaman ini mirip dengan bagian moncong buaya, namun secara masyarakat lebih akrab menyebut tanaman yang memiliki lendir di daunnya ini dengan sebutan lidah buaya karena memiliki ruas pelepah yang panjang seperti lidah.

Bagian yang paling bermanfaat dari tanaman lidah buaya adalah dagingnya yang jika di belah maka akan mengeluarkan gel atau lendir bening yang dingin. Tak hanya dapat digunakan secara langsung, namun dagingnya yang berlendir ini juga dapat dijadikan bahan untuk membuat jus atau minuman ringan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Selain memiliki segudang manfaat, tanaman yang memiliki bentuk daun unik ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang ditempatkan di pekarangan rumah. Cara menanamnya pun terbilang sangat gampang karena lidah buaya termasuk tanaman yang tahan berbagai cuaca serta kondisi tanah.

Semenjak lama lidah buaya terkenal karena memiliki begitu banyak khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Ada begitu banyak kandungan zat gizi dan fitonutrien yang dimiliki oleh lidah buaya. Fitonutrien merupakan nutrisi yang ada di dalam tanaman yang dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga menjaga stamina tubuh agar selalu dalam kondisi yang bugar. Dengan besarnya kandungan fitonutrien yang terdapat di dalam tanaman lidah buaya, maka praktis tanaman ini pun memiliki begitu banyak khasiat.

1001 Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh
Daun Lidah Buaya atau Aloevera (img credits: sumber dari internet)

Apa saja khasiat yang terkandung dalam lidah buaya/aloevera?. Berikut petikkannya yang dirangkum oleh berjibaku.com.

Manfaat Serta Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan


Lidah Buaya Untuk Rambut
Ada banyak khasiat lidah buaya terutama untuk kesehatan rambut. Lidah buaya kerap kali dijadikan bahan utama pembuatan sampo karena lidah buaya mengandung asam amino, protein, mineral dan vitamin yang sangat diperlukan oleh rambut. Berikut beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan rambut:

Mencegah Rambut Rontok
Mencegah rambut rontok dengan lidah buaya caranya sangat mudah dan sederhana, cairan yang berbentuk lendir pada daging lidah buaya bisa langsung di usapkan ke bagian rambut secara merata. Setelah diusapkan kemudian biarkan beberapa menit hingga kering kemudian di bilas dengan air. Setelah pemakaian, makan rambut akan terasa jauh lebih halus dan sehat.

Menghilangkan Ketombe
Bagi yang memiliki masalah dengan minyak berlebih pada kulit kepala penyebab ketombe, lidah buaya juga bisa menjadi alternatif pengobatan tradisional yang sangat baik. Caranya juga sangat sederhana yaitu dengan secara rutin mengoleskan gel atau lendir lidah buaya pada rambut lalu diamkan satu jam setelah itu bilas dengan air. Setelahnya Anda juga dapat menggunakan shampoo anti ketombe untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengatasi Rasa Gatal Pada Kulit
Gatal-gatal pada kulit seperti biang keringat, kadas, kurap dan penyakit kulit sejenisnya juga dapat diobati dengan menggunakan tanaman ini. Adapun cara mengobati penyakit kulit dengan lidah buaya juga terbilang sangat praktis yaitu hanya dengan mengoleskan gel atau lendir dari lidah buaya secara langsung di bagian kulit yang terasa gatal.

Lidah Buaya Untuk Kulit
Ingin memiliki kulit yang halus dan lembab?. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mendapatkan kulit tubuh yang halus, lembut dan lembab. Khasiat lidah buaya bagi perawatan kulit sudah terkenal sejak turun temurun dan menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Jadi, tanaman lidah buaya memang tak hanya sebatas untuk rambut saja. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit:

Sebagai Obat Luka Bakar
Pada bagian kulit yang luka atau terkena bahan bakar dapat diobati dengan lidah buaya karena lidah buaya juga memiliki kandungan zat antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab infeksi. Luka bakar yang telah dioleskan dengan gel atau lendir lidah buaya akan mengurangi infeksi luka bakar pada kulit dan mampu membuat luka bakar dalam keadaan steril.

Menarik lainnya: Cara Alami Mengobati Gatal Iritasi Pada Kulit Bayi

Mencegah Penuaan Dini
Dalam hal pemanfaatan lidah buaya untuk kecantikan kulit. Tanaman ini memiliki zat kolagen yang berkhasiat untuk mencegah efek penuaan dini sekaligus berfungsi sebagai pelembab kulit yang mudah untuk diserap kulit.

Mengobati Gigitan Serangga
Tak hanya menjengkelkan, gigitan-gigitan serangga pada kulit juga dapat menimbulkan bekas yang berwarna kemerah-merahan. Lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat sekaligus penangkal gigitan serangga.

Mengatasai Jerawat
Bagi yang sedang bermasalah dengan wajah yang berjerawat, lidah buaya dapat juga dijadikan sebagai sebuah alternatif. Lidah buaya dapat mengatasi jerawat yang ada pada kulit. Caranya adalah dengan hanya mengoleskan lendir lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat secara rutin dan hingga jerawat menghilang.

Pelembab Kulit
Kandungan gel atau lendir pada lidah buaya juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Gel yang ada pada lidah buaya dingin dan sangat mudah diserap oleh kulit. Kulit akan menjadi sehat dan tidak mengalami kekeringan. Efeknya adalah membuat kulit tampak terlihat jauh lebih sehat, berkilau dan terlihat muda.

Lidah Buaya Untuk Pencernaan
Selain dimanfaatkan langsung, aloevera juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan jus atau minuman ringan. Dengan rutin mengkonsumsinya, Anda dapat merasakan banyak khasiatnya secara langsung bagi tubuh Anda.

Lidah buaya yang kaya akan kandungan antioksidan terbukti secara klinis mampu menangkal zat radikal bebas penyebab penyakit kanker pada tubuh. Selain itu, mineral dan serat yang terkandung pada lidah buaya dapat memperlancar pencernaan jika dikonsumsi secara rutin.

Selain digunakan untuk obat alami luar tubuh, lidah buaya juga berkhasiat bagi kesehatan pencernaan terutama untuk melawan racun pada tubuh, mencegah konstipasi serta menambah vitamin pada tubuh karena mengandung banyak zat gizi dan fitonutrien. Diantaranya seperti vitamin B1, B2, C, mineral kalsium, potassium atau kalium, magnesium, mangan, seng, tembaga, kromium, aloesin, saponin, anraquinon, lignin dan serat.

Kandungan Fitonutrien Dalam Warna Sayur Dan Buah


Obat Tradisional Untuk Turunkan Panas Dan Demam
Dan satu lagi khasiat lidah buaya yang tak kalah pentingnya adalah sebagai obat tradisional untuk menurunkan panas dan demam. Caranya adalah dengan membelah daun lidah buaya menjadi dua kemudian diletakkan di bagian atas kepala atau dahi layaknya alat kompres.

Dengan melihat dan mengetahui betapa banyaknya manfaat lidah buaya untuk kesehatan, tentu menanam lidah buaya bisa menjadi sebuah nilai tambah bagi Anda. Pada dasarnya menanam dan memelihara lidah buaya tidaklah sulit serta memerlukan banyak lahan. Anda bisa menggunakan pot sederhana dengan menanam bagian tunas daunnya kemudian menyiramnya secara rutin setiap hari.

Menarik lainnya: Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah

Anda juga dapat menaruh tanaman lidah buaya pada beranda rumah, digantung di tembok atau bisa juga di area kamar mandi namun tentunya tetap harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *