Sabtu, 12 September 2015

10 Resep Infused Water, Minuman Sehat Berkhasiat Selain Air Putih Dan Cara Membuatnya

10 Resep Infused Water, Minuman Sehat Bermanfaat Selain Air Putih Dan Cara Membuatnya. Tahukah kamu jika ternyata jumlah air yang terdapat di dalam tubuh kita memiliki berat 2/3 atau sekitar 60% sampai 70%?.

Mengingat begitu besarnya jumlah kandungan air dalam tubuh kita, maka tentu perannya pun menjadi sangat krusial dan penting. Itulah alasannya mengapa sangat dianjurkan bagi kamu untuk bisa mengkonsumsi air minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas perhari untuk menjaga tubuh kamu tetap dalam kondisi sehat dan terhindar dari kekurangan cairan/dehidrasi.

Jangan menganggap enteng kurangnya cairan dalam tubuh. Pasalnya, tubuh yang kurang cairan menjadi lebih rentan terhadap sejumlah penyakit, dari mulai penyakit ringan hingga yang berat. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh diantaranya seperti menurunkan daya konsentrasi, cepat lelah, masalah pencernaan, kulit kusam, gangguan pada ginjal, pusing, menurunkan kinerja sel-sel otak dan berbagai macam masalah lainnya.

Meskipun bisa kita lihat betapa banyaknya bahaya potensial yang bisa datang disaat tubuh kurang cairan, tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang masih malas untuk mengkonsumsi air putih. Dan alasan-alasannya pun klasik, misalnya seperti dikarenakan tidak memiliki rasa yang khas, tidak memiliki aroma dan berbagai macam alasan lainnya yang menyebabkan seseorang enggan mengkonsumsi air putih.

Nah, bagi kamu yang bukan termasuk dalam golongan orang yang rajin mengkonsumsi air putih, mengapa tidak mencoba resep infused water saja. Apa sih arti dari infused water?. Infused water adalah air putih yang disisipkan dengan berbagai macam buah-buahan sehingga tak hanya memiliki rasa yang lebih enak, akan tetapi juga sehat.

Infused water dinilai jauh lebih sehat ketimbang kamu mengkonsumsi buah secara langsung atau dalam bentuk jus. Kenapa?. Karena minuman ini mengandung semua kebaikan buah seperti rasa dan vitamin yang tidak berlebih jumlahnya sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan buah yang dimakan secara langsung atau di jus yang kadang gula alaminya pun terkadang dalam jumlah yang berlebih.

Infused Water
Aneka macam infused water (img credits: greenblender.com)

Meskipun namanya hampir mirip dengan cairan infus yang biasa dijumpai di rumah sakit, tapi jangan khawatir karena infused water yang kita bahas ini sama sekali berbeda. Bahkan, tidak ada hubungannya sama sekali. Penasaran seperti apa sih tampilan infused water itu, yuk kita simak beberapa variasi resep infused water dan cara membuatnya dari berjibaku.com berikut ini.

1. Infused water dengan bahan lemon atau jeruk nipis
Mungkin ini adalah resep infused water yang paling sering kamu minum meskipun kamu tidak sadari. Resep infused water ini sangatlah mudah. Cukup campurkan 1 buah jeruk nipis yang diiris kedalam 2 liter air matang kemudian simpan di dalam kulkas. Jika ingin rasanya lebih kuat, jeruk nipis bisa langsung diperas. Bagi kamu yang tidak ingin ada pahit, bisa dengan mengupas kulitnya sebelum dimasukkan.

Infused water dengan bahan lemon atau jeruk nipis
Infused water lemon (img credits: sumber dari internet)

2. Resep infused water dengan bahan daun mint
Daun mint memiliki rasa yang segar di mulut sekaligus menyehatkan karena mengandung anti-oksidan pencegah sel-sel kanker. Cara meraciknya juga sangat sederhana. Cukup campurkan beberapa helai daun mint yang sudah dirobek atau di remas kedalam air didalam botol. Simpan di dalam kulkas dan minum saat cuaca panas. Segarrr!.

Resep infused water dengan bahan daun mint
Infused water daun mint (img credits: istimewa)

3. Resep infused water dengan bahan mentimun
Mentimun banyak mengandung nutrisi baik bagi kulit, lambung, ginjal dan juga perbaikan otot-otot. Oleh sebabnya mentimun atau ketimun dapat juga dijadikan bahan campuran infused water. Caranya hanya mengambil satu buah mentimun yang sudah matang, iris-iris lalu masukkan ke dalam air. Biarkan hingga 12 jam untuk mendapatkan citarasa yang terbaik.

Resep infused water dengan bahan mentimun
Infused water mentimun (img credits: istimewa)

4. Resep infused water dengan bahan strawberry, lemon, daun mint dan mentimun
Kombinasi infused water berikutnya adalah dengan menggunakan bahan strawberry, lemon, daun mint dan mentimun yang dicampur bersama-sama. Rasanya asam, segar sekaligus menyehatkan.

Resep infused water dengan bahan strawberry, lemon, daun mint dan mentimun
Infused water strawberry, lemon, mint, mentimun (img credits: internet)

5. Resep infused water nanas dan daun mint
Ambil 2 potong buah nanas matang dan 10 lembar daun mint. Cuci bersih lalu campurkan kedalam air putih lalu simpan dalam kulkas selama 8 hingga 10 jam agar rasa nanas bisa tercampur dengan baik dalam air.

Resep infused water nanas dan daun mint
Infused water nanas daun mint (img credits: internet)

6. Resep infused water dengan bahan strawberry dan belimbing
Rasa strawberry yang masam dicampur dengan belimbing yang manis akan menghasilkan perpaduan rasa yang unik. Coba deh.

Resep infused water dengan bahan strawberry dan belimbing
Infused water belimbing strawberry (img credits: internet)

7. Resep infused water semangka dan mint
Potong 1/4 semangka matang tanpa biji dan 10 lembar daun mint. Semangka dengan rasa yang manis akan menjadi lebih segar saat bercampur dengan daun mint. Campurkan bahan tersebut ke dalam air putih lalu simpan dalam kulkas.

Resep infused water semangka dan mint
Infused water semangka daun mint (img credits: internet)

8. Resep infused water apel merah dan kayu manis
Ambil 1 buah apel merah dan 3 cm kayu manis. Agar warnanya airnya tetap jernih, kupaslah kulit apel kemudian langsung masukkan kedalam air putih yang dingin. Simpan dalam kulkas selama beberapa jam sehingga rasanya berlahan-lahan larut di dalam air.

Resep infused water apel merah dan kayu manis
Infused water apel kayu manis (img credits: istimewa)

9. Resep infused water mentimun dan melon
Bagi kamu yang suka rasa melon yang khas juga dapat membuat infused water dengan bahan ini. Agar rasanya lebih enak dan vitaminnya lebih banyak, dapat juga dicampur dengan irisan mentimun.

Resep infused water mentimun dan melon
Infused water mentimun melon (img credits: internet)

10. Resep infused water jeruk mandarin
Kamu yang suka dengan rasa jeruk manis juga bisa membuat infused water dengan bahan ini. Siapkan beberapa buah jeruk mandarin yang manis lalu masukkan ke dalam botol berisi air putih kemudian diamkan selama beberapa jam di dalam kulkas.

Resep infused water jeruk mandarin
Infused water jeruk mandarin (img credits: istimewa)

Nah, itulah beberapa resep infused water yang bisa kamu coba buat sendiri saat dirumah. Selain beberapa resep diatas, kamu juga bisa bereksperimen untuk membuat berbagai macam infused water dengan buah-buahan yang kamu gemari. Semua sah-sah saja karena infused water memang tidak memiliki pakem khusus yang harus menggunakan buah-buah tertentu.

Selain sehat dan gampang untuk dibuat, infused water ini juga sangat baik bagi kamu yang mungkin pada saat ini tengah menjalankan program diet karena mengandung serat buah yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Agar lebih mudah menyimpannya, kamu bisa gunakan botol khusus infused water atau drinking jar yang banyak dijual di pasar maupun dijual secara online.

Botol untuk membuat infused water
Botol untuk membuat infused water

Lihat juga : #Menu Diet Mayo dan Aneka Resep Diet Sehat

Seperti yang kita ketahui jika buah-buahan memiliki berbagai macam kandungan vitamin, mineral serta zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh serta menjaga stamina agar tetap bugar. Jadi tunggu apalagi, yuk buat minuman sehat infused water-mu sekarang!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *