Senin, 14 September 2015

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga Yang Tanpa Sengaja Terblokir Karena 3 Kali Salah Input PIN

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga Yang Tanpa Sengaja Terblokir Karena 3 Kali Salah Input PIN. Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami hal kurang menyenangkan ini. Meskipun bisa dikatakan jarang sekali terjadi, namun kekeliruan maupun kesalahan saat menginput nomer PIN dapat terjadi terhadap siapa pun dan dimana pun. Wajar adanya memang, mengingat sifat manusia yang tak pernah luput dari salah dan lupa.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan mengapa seorang pemilik kartu ATM bisa sampai salah memasukkan nomer PIN-nya, bahkan hingga 3 kali. Faktor yang paling sering terjadi biasanya dikarenakan lupa, lalai untuk mencatatnya, dalam keadaan yang tergesa-gesa, pikiran yang kurang fokus atau bahkan mungkin karena kurang memahami cara kerja mesin ATM. Tentu saja selain faktor-faktor tersebut, masih banyak lagi penyebab teknis lainnya.

Lihat juga: #Cara Melakukan Setor Tunai Menggunakan ATM Cash Deposit Machine (CDM)

Ilustrasi Kartu ATM Yang Terblokir (img credits: netlaw.de)

Bagi Anda pemilik kartu ATM wajib tahu jika Anda melakukan kesalahan memasukkan nomer PIN sebanyak 3 kali, maka secara otomatis kartu ATM Anda akan terblokir oleh sistem. Hal ini merupakan langkah antisipasi pihak penerbit kartu, dalam hal ini bank, untuk meminimalisir sekecil apa pun potensi-potensi kejahatan maupun penyalahgunaan kartu ATM yang mungkin terjadi, misalnya kartu ATM yang dikarenakan suatu sebab hingga akhirnya dipegang oleh orang lain.

Lihat juga: #Kode Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI dan ATM Bersama

Jika Anda mengalami situasi tersebut, tak perlu panik karena untuk mengaktifkan kembali kartu ATM khususnya bank BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga sangatlah mudah. Yang diperlukan hanyalah sebuah telepon singkat yang hanya berdurasi kurang dari 10 menit saja. Dan kartu ATM milik Anda pun dapat dipergunakan kembali.

Hal berbeda jika Anda dihadapkan pada situasi lain, misalnya seperti kartu tanpa sengaja tertelan di mesin ATM, kartu ATM hilang, kartu ATM rusak dan lain sebagainya yang hanya dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke bank tempat Anda membuka rekening.

Lihat juga: #Batas Maksimal Tarik Tunai Dan Transfer ATM BCA, Mandiri, BNI, BRI dan CIMB Niaga

Bagi Anda yang dihadapkan pada situasi diatas, berikut adalah daftar nomer telepon layanan konsumen (Call Center) bank BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga yang bisa Anda hubungi untuk unblock atau mengaktifkan kartu ATM kembali saat kartu terblokir.

  • Bank Mandiri
Bank Mandiri memberikan kemudahan bagi para nasabah yang kartu ATM miliknya terblokir tanpa sengaja untuk menghubungi Mandiri Call Center 24 jam di nomer 14000 atau 021 - 5299 7777 untuk unblock maupun permintaan pengiriman ulang PIN via Mandiri SMS. Adapun proses unblock atau pengiriman PIN dilakukan pada hari yang sama.

  • Bank BNI
Bagi nasabah Bank BNI, Anda dapat langsung menghubungi BNI Call Center di nomer 500046 tanpa 021 jika menghubungi via fixed line dan telkomflexi. Sedangkan jika mengakses via ponsel (GSM dan CDMA), maka menggunakan kode area 021 - 500046 atau 68888. Adapun tarif Call Center adalah panggilan lokal yaitu dengan rate sekitar 220 rupiah/2 menit dari seluruh wilayah di Indonesia.

  • Bank BCA
Bank BCA juga memberikan layanan yang sama, yaitu dengan menghubungi Halo BCA di nomer 1500888 atau bisa juga menghubungi telpon kantor pusat BCA di nomer 021 - 235 88000.

  • Bank CIMB Niaga
Bagi nasabah bank CIMB Niaga, Anda dapat melakukan panggilan telpon ke Call Center CIMB Niaga di nomer 14041 untuk meminta proses re-aktivasi kartu ATM.

Tata Cara dan Hal Yang Diperlukan Saat Proses Aktivasi (Berlaku Untuk Semua Bank)

1. Semua panggilan telepon ke Call Center berbayar, itu artinya Anda wajib mengecek terlebih dahulu jumlah pulsa yang Anda miliki sebelum menelepon agar pembicaraan tidak terputus di tengah jalan.

2. Proses memerlukan waktu sekitar 5 menit hingga 10 menit (kondisional). Dengan lamanya waktu proses, pastikan terlebih dahulu jika baterai ponsel Anda mencukupi.

3. Ingat atau catat nomer rekening yang tertera pada buku tabungan karena pasti akan ditanyakan oleh customer service.

4. Akun rekening bank bersifat pribadi dan sangat rahasia, oleh sebab itu Anda juga akan diminta untuk memberikan verifikasi berdasarkan data-data yang Anda cantumkan saat Anda membuka rekening untuk memastikan 100% jika kartu ATM tersebut adalah benar milik Anda.

5. Call Center akan menanyakan, "Apakah Bapak/Ibu masih ingat nomer PIN kartu ATM-nya?". Anda hanya perlu menjawab "Ya" atau "Tidak" tanpa perlu menyebutkan nomer PIN Anda karena nomer PIN tersebut hanya boleh diketahui oleh Anda sendiri, tidak terkecuali oleh Call Center bank yang bersangkutan. Jika Anda masih ingat PIN yang Anda miliki, maka proses aktivasi dapat dilakukan via telepon, akan tetapi jika Anda tidak ingat, maka Anda harus datang secara langsung ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM.

6. Setelah langkah-langkah tersebut selesai, kartu ATM dapat digunakan kembali di hari yang sama (beberapa bank bahkan tak sampai 1 jam).

Selain keempat bank diatas, ada juga beberapa bank yang cara pengaktifannya hanya dapat dilakukan secara langsung. Misalnya Bank BRI yang mewajibkan nasabahnya untuk datang langsung ke kantor Bank BRI dimana nasabah tersebut membuka rekening dengan menyertakan KTP, kartu ATM dan buku tabungan. Sedangkan biaya untuk proses pengaktifan kembali dikenakan sebesar 5.000 rupiah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *