IBX5A2F9222D4AE8

Jumat, 28 Agustus 2015

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge, Smartphone OS Android Lollipop Terbaru

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge, Smartphone OS Android Lollipop Terbaru. Siapa yang tak kenal dengan produsen ponsel raksasa asal Korea Selatan ini?. Selain sukses menjadi top seller produk smartphone dunia, Samsung juga sukses menginvasi pangsa pasar tanah air.

Terbukti jika produsen raksasa asal negeri ginseng tersebut hingga Q1 tahun 2015 masih menempati peringkat pertama penjualan ponsel jenis smartphone secara global dengan penjualan berada di angka 83,2 juta unit atau berada di kisaran 24%. Meskipun secara numerik data tersebut terlihat besar, namun sesungguhnya angka tersebut lebih kecil jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 34%. Tentunya banyak faktor yang melatari penurunan ini, diantaranya persaingan yang semakin ketat dari vendor-vendor smartphone di Asia dan Eropa, krisis ekonomi global hingga asumsi yang menyebutkan jika Samsung memang bersiap untuk menghadirkan ponsel pintar premium Samsung Galaxy series terbaru.

Dan prediksi itu pun nyatanya memang benar terbukti lantaran dirilisnya Samsung Galaxy S6 Edge smartphone Android OS, v5.0.2 terbaru. Samsung Galaxy S6 Edge ini memang tergolong kelas premium dengan segudang fitur dan teknologi high-end. Oleh sebabnya tak heran jika harga yang dibanderol oleh Samsung untuk seri terbarunya ini pun terbilang cukup lumayan menguras kantong, yaitu sekitar 12.5 juta rupiah. Namun tentu semua itu sepadan dengan spesifikasi dan kecanggihan fitur yang dibenamkan didalamnya. Bahkan, teknologi layar cekung (Curved Egde Screen) yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S6 Edge ini disebut-sebut sebagai satu-satunya teknologi inovatif pertama yang pernah ada dan hanya dimiliki oleh Samsung Galaxy S6 Edge. Ingin tahu bagaimana ulasan detail mengenai smartphoner terbaru dari Samsung ini?. Berikut ulasannya yang diperoleh dari situs lazada.co.id.

Samsung Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 Edge (img credits: samsung.com/id)

Fitur Display, Desain dan Bentang Layar
Salah satu penampilan sensasional yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy S6 Edge langsung nampak manakala melihat penampilan layarnya yang tak biasa. Layar lengkung atau curved egde screen di sisi kanan dan kiri smartphone ini tak hanya memiliki desain yang stylish, tapi juga fungsional. Layar Samsung Galaxy S6 Edge memang tampak berbeda dengan smartphone kebanyakan, namun bentuknya yang unik ternyata juga menyimpan fungsi utamanya yaitu menampilkan notifikasi-notifikasi tertentu seperti yang juga dibenamkan pada Note Edge.

Agar smartphone terasa jauh lebih personal, Anda juga bisa menambahkan warna dibagian layar edge untuk lima orang guna menampilkan fitur berbeda dari orang-orang terdekat Anda. Dengan melakukan setting warna yang berbeda-beda maka Anda dapat mengetahui dengan mudah siapa orang-orang terdekat yang sedang melakukan panggilan kepada Anda. Dengan inovasi layar lengkungnya, fitur tersebut bahkan bisa berfungsi meski disaat smartphone berada di posisi terbalik atau tertelungkup.

Samsung Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 Edge (img credits: via gsmarena.com)

Layar display lengkungnya menggunakan Super Amoled Display dengan tingkat resolusi Quad HD 1440 x 2650 piksel yang tentu saja memiliki kualitas gambar yang sangat baik berkat kerapatan pikselnya yang hingga ~577 ppi. Berkat layar ini, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman visual yang sangat tajam dengan tingkat kecerahan layar yang optimal baik saat digunakan di dalam maupun luar ruangan. Meskipun bentang layar Samsung Galaxy S6 Edge begitu luas hingga di bagian kanan dan kirinya, namun Anda tak perlu khawatir tergores karena Samsung Galaxy S6 Edge dipersenjatai dengan pelapis anti gores Gorilla Glass 4 yang mampu menutupi smartphone dengan sempurna dari depan hingga bagian belakang. Dengan lapisan tersebut, Anda pun bisa bebas dari rasa cemas smartphone dapat tergores. Terlebih lagi, rangka yang digunakannya pun berbahan material logam/metal.

Samsung Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 Edge (img credits: samsung.com/id)

Fitur Kamera Depan dan Belakang
Bagi Anda yang gemar berfoto selfie ria atau mengabadikan momen-momen penting dalam hidup, maka smartphone ini adalah pilihan yang tepat. Dengan mengandalkan kamera lensa F1.9 resolusi tinggi 5 MP di bagian depan dan 16 MP di bagian belakang menjamin setiap gambar dan video yang Anda abadikan dapat menghasilkan kualitas yang sempurna. Ditambah lagi dengan adanya fitur Auto Real-time High Dynamic Range (HDR), IR Detect White Balance dan Smart Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu memberikan solusi penggunaan kamera terbaik untuk dioperasikan saat berada di dalam maupun luar ruangan.

Fitur Ultra Fast Charging
Samsung Galaxy S6 Edge telah menggunakan teknologi pengisian daya secara wireless sehingga Anda tak perlu lagi menggunakan kabel serial USB untuk mengisinya. Pengisian daya baterai pun bisa dilakukan dengan cepat dan jauh lebih efisien berkat teknologi charging pad. Tercatat untuk lama penggunaan 4 jam bisa dihasilkan hanya dengan charging 10 menit saja.

Fitur Tambahan Keamanan
Samsung Galaxy S6 edge ini juga menghadirkan tambahan fitur keamanan pemindai sidik jari dan KNOX guna memaksimalkan semua data-data Anda yang tersimpan didalamnya hanya bisa diakses oleh si pemilik. Selain memastikan keamanan data pengguna terjaga dengan maksimal, teknologi sidik jari yang berada di home screen juga bisa digunakan sebagai sarana verifikasi transaksi online via Paypal.

Fitur Penghubung Perangkat Praktis
Dengan hanya sebuah sentuhan sederhana, Anda dapat langsung menghubungkan perangkat smartphone Anda dengan Samsung Smart TV via BLE (Bluetooth Low Energy). Dengan begitu maka Anda dapat dengan praktis melakukan transfer file film dari smartphone ke televisi atau sebaiknya.

Fitur Memory
Memory yang digunakan oleh Samsung untuk seri Samsung Galaxy S6 Edge ini adalah built-in atau dengan kata lain tidak memiliki slot tambahan untuk pemasangan memori eksternal. Oleh sebabnya Samsung dibagi menjadi 3 pilihan memory internal yaitu 32GB, 64GB, dan 128GB. Dengan 3 pilihan kapasitas memory ini tentu harganya pun akan berbeda-beda sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Meskipun dibagi menjadi 3 tipe memory internal namun kemungkinan untuk Samsung Galaxy S6 Edge berkapasitas 64GB, dan 128GB hanya disediakan di beberapa negara tertentu saja. Dan Indonesia merupakan salah satunya.

Harga Samsung Galaxy S6 Edge
Berdasarkan hasil pantauan berjibaku.com, salah satu toko online terkemuka di Indonesia, Lazada sudah melayani pemesanan pre-order sejak beberapa waktu lalu. Harga yang terpampang di dalam halaman website Lazada Indonesia pun cukup jelas, yaitu di kisaran Rp 12, 499 juta untuk satu buah unit Samsung Galaxy S6 Edge berkapasitas 64GB.

Analisa Dan Kesimpulan
Harganya yang cukup mahal tentu sebanding dengan kemampuan dan segudang teknologi terbaru yang dibawa oleh smartphone ini. Dengan harga yang berada di kisaran dua digit, tentu memang perlu pertimbangan yang matang untuk membelinya. Namun jika ditinjau dari aspek teknologi terbaru, fitur yang digunakan dan detail spek lainnya, Samsung Galaxy S6 Edge ini tentu dijamin tidak akan mengecewakan. Meskipun demikian, ada beberapa hal sekunder yang memang semestinya disematkan juga di dalam perangkat ini namun tidak ditemukan.

+-
KelebihanKekurangan
Resolusi layar kelas Quad HDHarga yang cukup mahal
Body logam, proteksi Gorilla Glass 4 (depan belakang)Built-in atau Tanpa slot memory tambahan
Chipset 16nm dan prosesor Octa Core 64 BitNon removable battery
RAM 3GB tipe LPDDR4Indonesia belum support Samsung Pay
Sensor sidik jari bersertifikasi PaypalTidak dilengkapi fitur anti air
Curved Egde Screen


PLATFORM
Sistem OperasiAndroid OS, v5.0.2 (Lollipop)
ChipsetExynos 7420
CPUQuad-core 1.5 GHz Cortex-A53, Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
GPUMali-T760
BODY
Dimensi142.1 x 70.1 x 7 mm (5.59 x 2.76 x 0.28 inchi)
Berat132 gram (4.66 oz)
SIMSingle, Nano SIM
Fingerprint sensor (PayPal certified)
Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
LAYAR
TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, Curverd Egde Screen, TouchWiz UI, 16M colors
Ukuran5.1 inches (~71.7% screen-to-body ratio)
Resolusi1440 x 2560 pixels (~577 ppi pixel density)
MultitouchYa
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
MEMORY
Slot KartuTidak
Internal32/64/128 GB, 3 GB RAM
NETWORK
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bandsLTE
Kecepatan DataHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
GPRSYa
EDGEYa
KAMERA
Primer16 MP, 2988 x 5312 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED Flash
Sekunder5 MP, 1080p@30fps, dual video call, Auto HDR
FiturFace detection, geo-tagging, touch focus, auto HDR, panorama
Video2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, dual-video rec
FITUR TAMBAHAN
Alert typesVibrasi, MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYa
Input/Output3.5mm jack
Wireless LANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP, LE, apt-X
GPSYa, with A-GPS, GLONASS, Beidou
NFCYa
Infrared portYa
RadioTidak
APLIKASI DAN LAYANAN
USBmicroUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), USB Host
SensorAccelerometer, compass, gyro, heart rate, SpO2, proximity, barometer
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
JavaYa, via Java MIDP emulator
WarnaWhite Pearl, Black Sapphire, Gold Platinum, Green Emerald
Wireless charging (Qi/PMA) market dependent
ANT+ support
S-Voice natural language commands and dictation
Smart stay
OneDrive (115 GB cloud storage)
Active noise cancellation with dedicated mic
MP4/DivX/XviD/WMV/H.264 player
MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
Photo/video editor
Document editor
BATERAI
TipeNon-removable Li-Ion 2600 mAh battery
Standby
Waktu BicaraDiatas 18 jam
InternetDiatas 10 jam
Video PlaybackDiatas 50 jam

Samsung Galaxy S6 Edge
Samsung Galaxy S6 Edge (img credits: samsung.com/id)
Demikianlah ulasan lengkap mengenai salah satu smartphone yang digadang-gadang akan segera menjadi topik hangat sekaligus incaran para penggemar gadget. Dari segi harga memang relatif cukup tinggi, namun menilik dari semua fitur yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S6 Edge, tentu gadget ini cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan. Lihat referensi seputar Samsung Galaxy S6 Series di Wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *