Selasa, 07 Juli 2015

Tips Memilih Ponsel Smartphone Yang Sesuai Budget

Tips Memilih Ponsel Smartphone Yang Sesuai Budget. Seiring dengan kemajuan jaman yang semakin canggih, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini telah terhubung ke internet dengan begitu mudahnya.

Kemudahan dalam mengakses internet tentu menjadi salah satu pemicu dasar mengapa ponsel pintar atau smartphone hampir menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Berangkat dari hal tersebut, tentu tak heran jika ponsel menjadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan sekaligus sebagai penyumbang akses internet terbesar dalam masyarakat.

Hampir semua perangkat telpon seluler pada saat ini memiliki berbagai macam fitur baru yang semakin canggih. Namun seringkali dengan begitu banyaknya tambahan fitur, merk, fungsi serta kegunaan justru membuat kita menjadi dilema dan bingung saat memutuskan untuk membeli salah satu diantaranya.

Nah, guna semakin mempermudah Anda dalam memilah serta memilih ponsel mana yang hendak dibeli, maka ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini yang diulas selengkapnya oleh berjibaku.com:

Tips Memilih Ponsel Smartphone Yang Sesuai Budget
Tips Memilih Ponsel Smartphone Yang Sesuai Budget

1. Ukur Budget
Hal pertama yang paling rasional sebelum membeli sebuah perangkat komunikasi tentunya adalah dengan mengukur budget Anda terlebih dahulu. Umumnya budget yang tersedia akan berbanding lurus dengan ponsel yang akan Anda dapatkan. Namun untuk mendapatkan ponsel yang sesuai dengan anggaran, ada baiknya jika Anda mencari-cari informasi atau membandingkan terlebih dahulu beberapa ponsel sejenis dengan harga yang sama untuk mendapatkan satu yang memiliki spesifikasi serta fitur yang lumayan bagus.

Selain membandingkan secara langsung di toko ponsel, Anda juga dapat menggunakan layanan beberapa situs gadget untuk membandingkan beberapa produk-produk ponsel yang sejenis sekaligus.

2. Model dan Desain
Pada saat ini ponsel memiliki bentuk dan desain yang beragam, dari mulai bentuk candy bar dengan tombol keyboard konvensional hingga yang ber-layar sentuh. Selain dua tipe interface tersebut, ada juga sebagian ponsel yang baterainya bisa dilepas dan baterai ponsel yang jadi satu dengan perangkatnya (built-in). Keduanya tentu memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda untuk bertanya detail seputar keunggulan serta kelemahan ponsel-ponsel tersebut kepada penjual sebelum memutuskan untuk membelinya. Dan yang paling utama adalah tentu memilih desain yang paling Anda sukai.

3. Ukuran Layar
Berbeda dengan bentuk layar ponsel beberapa tahun lalu, saat ini lebih banyak ponsel yang memiliki ukuran layar jumbo dengan bentuk yang tipis, dari mulai ukuran terkecil 3.5 inch hingga yang berukuran diatas 6 inchi. Tren ponsel yang bergeser dari segi ukuran memang membawa dampak yang positif bagi pemakainya karena akan jauh lebih mudah saat dioperasikan. Selain itu layar smartphone pada saat ini juga sebagian besar telah memiliki proteksi terhadap goresan (Gorilla Glass).

4. Resolusi Kamera
Bagi sebagian orang, kamera merupakan salah satu fitur penting lain yang harus dimiliki oleh sebuah ponsel pintar. Terlebih lagi bagi mereka yang gemar mengabadikan momen-momen spesial atau sekedar berfoto selfie. Pilihlah kamera dengan resolusi kamera yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan tersebut, terutama yang bisa menunjang aktivitas fotografi dan multimedia. Saat ini banyak ponsel yang menawarkan kamera dengan resolusi yang cukup besar dari mulai 8 MP hingga yang terbesar saat ini yaitu berukuran 20.7 MP.

5. Fitur Tambahan
Faktor lain yang jadi pertimbangan adalah fitur tambahan smartphone, misalnya seperti perangkat handsfree, tambahan bonus memory microSD, aplikasi ponsel tambahan, personalisasi (UI) yang lebih bagus serta komplit dan lain sebagainya.

6. Konektivitas
Jika memang budget yang Anda miliki mencukupi, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan dari segi konektivitasnya. Saat ini telah banyak bermunculan beberapa smartphone dengan konektivitas yang sudah diatas 3G, diantaranya seperti Asus Zenfone 2, Zenfone Zoom, Lenovo P90, Lenovo Vibe X2 Pro, Samsung Galaxy S6, Galaxy A5, Xiaomi Redmi 2, Sony Experia E3 LTE, Polytron Zap 5 dan lain sebagainya yang telah memiliki fitur konektivitas 4G yang super cepat.

Menarik lainnya: #ASUS Zenfone 2 Spesifikasi Review

7. Daya Tahan
Dan yang terakhir adalah mempertimbangkan ketahanan dari sebuah ponsel yang hendak dibeli. Setelah Anda membandingkan desain, kamera, fitur, konektivitas, harga dan sebagainya, maka pertimbangan yang terakhir adalah dari segi kemampuan/daya tahan baterai maupun perangkat tersebut secara keseluruhan. Selain mengeceknya secara langsung di toko untuk mengetahui kualitas casing yang digunakan, Anda juga dapat melihat uji ketahanan perangkat ponsel yang kerap diunggah oleh beberapa channel review gadget di situs youtube.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *