Jumat, 31 Juli 2015

7 Pertimbangan Bank Dalam Menaikkan Limit Kartu Kredit Nasabahnya

7 Pertimbangan Bank Dalam Menaikkan Limit Kartu Kredit Nasabahnya. Jika Anda seorang nasabah pemilik kartu kredit, tentu sudah tidak asing lagi jika mendengar limit kartu kredit. Ingin mengetahui bagaimana dan apa saja yang jadi pertimbangan bank saat hendak menaikkan kartu kredit milik nasabahnya?. Simak ulasan berikut ini.

Limit kartu kredit adalah istilah untuk batas maksimum transaksi dari pihak penerbit kartu kredit atau bank terhadap nasabahnya. Sebuah bank memang bisa menaikkan limit kartu kredit yang dimiliki oleh nasabahnya, namun tentu dalam menaikkan limit tersebut bank memiliki aturan-aturan maupun pertimbangan sendiri sebelum melakukannya.

Prosedur dalam menaikkan limit kartu kredit memang bukan perkara mudah buat bank mengingat faktor resiko yang menjadi lebih besar di kemudian hari. Semakin menaikkan limit kartu kredit nasabahnya, tentu bank juga semakin berpeluang untuk menderita kerugian jika nasabahnya tidak disiplin dalam menggunakannya, terutama dalam masalah pembayaran.

Hal inilah yang kemudian membuat bank memiliki pertimbangan-pertimbangan khusus sebelum menaikkan batas atau limit kartu kredit nasabahnya. Setidaknya ada 7 faktor pertimbangan bank saat hendak menaikkan limit kartu kredit, diantaranya ialah:

1. Nasabah Yang Loyal Di Cintai Bank
Penilaian nasabah loyal ini mereka pertimbangkan dengan melihat berapa lama si pemilik kartu kredit telah menjadi nasabah mereka. Jika Anda terhitung jadi nasabah dalam jangka waktu 1 tahun, maka biasanya bank akan sedikit sulit untuk menaikkan limit.

2. Nasabah Butuh Kenaikan Limit
Bila Anda merupakan pemegang kartu kredit dengan usia lebih dari 1 tahun dan Anda di anggap butuh kenaikan, maka bank bisa mempertimbangkan untuk menaikkan limit kartu kredit Anda. Kebutuhan kenaikan limit ini dapat di lihat dari rekam jejak tagihan belanja atau transaksi yang Anda pernah lakukan selama 1 tahun. Jika transaksi Anda cenderung mendekati batas maksimum, maka pihak bank biasanya akan menyetujui permintaan kenaikan limit kartu kredit yang Anda miliki.

7 Pertimbangan Bank Dalam Menaikkan Limit Kartu Kredit Nasabahnya
7 Pertimbangan Bank Dalam Menaikkan Limit Kartu Kredit Nasabahnya

3. Anda Selalu Bayar Tagihan Tepat Waktu
Jika Anda merupakan nasabah disiplin yang tak pernah bermasalah dalam pembayaran, maka tanpa di minta pun bank akan berbaik hati untuk menaikkan limit. Hal ini dikarenakan bank akan lebih menitik beratkan nasabah yang dianggapnya potensial serta terpercaya menggunakan kartu kredit, terutama dalam hal pembayaran yang selalu tepat waktu.

4. Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Yang Disukai Bank
Bayar tagihan diatas minimum atau bayar penuh tagihan kartu kredit Anda. Sangat disarankan bagi Anda untuk membayar diatas/melebihi pembayaran minimum atau jika memungkinkan bisa membayar tagihan secara penuh. Dengan cara pembayaran seperti itu maka reputasi dan penilaian Anda sebagai nasabah sekaligus pemilik kartu kredit akan semakin baik di mata bank.

Menarik lainnya: #Kode Bank Dan ATM Bersama Seluruh Indonesia

5. Pendapatan Anda Meningkat
Biasanya pihak bank akan menawarkan penaikan limit kartu kredit seiring dengan meningkatnya pendapatan bulanan Anda. Darimana mereka tau?. Percayalah, mereka tau.

6. Melakukan Transaksi Secara Berkala
Lakukanlah transaksi secara berkala karena dengan melakukan transaksi berkala maka pihak bank akan melihat Anda sebagai nasabah yang aktif dalam menggunakan kartu kredit dan mempergunakan kartu kredit sebagaimana fungsinya.

7. Bertransaksi Sesuai Batas Maksimum Kartu Kredit
Pergunakan kartu kredit dengan sebaik-baiknya dan pastikan jika transaksi keuangan yang Anda lakukan tidak melebihi batas yang telah ditetapkan. Hal tersebut menunjukkan jika Anda merupakan seorang nasabah yang mampu mengontrol keuangan dengan baik. Dengan pertimbangan ini, maka di saat Anda meminta bank untuk menaikkan limit kartu kredit, pihak bank akan segera mengabulkannya.

Dengan sistem yang dimiliki, bank akan selalu memonitor sekaligus menganalisa nasabah yang mereka miliki. Jika nasabah tersebut terlihat potensial, mereka akan menaikkan limit dengan cepat. Bukan hanya itu saja, pihak bank juga tidak akan ragu untuk menawarkan Anda berbagai produk keuangan lain yang mereka miliki seperti pengajuan kredit rumah KPR, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, kredit kendaraan, kredit multiguna bahkan hingga kredit tanpa agunan dengan nominal pinjaman yang fantastis.


Potensial atau tidaknya seorang nasabah bisa dilihat dari catatan perbankan dan catatan kartu kredit yang di miliki. Jika nasabah membayar tepat waktu dan jumlah belanjanya selalu mendekati limit, tentu di anggap menjadi nasabah potensial.

Ingin menaikkan atau menurunkan limit, hal tersebut menjadi hak Anda. Bila limit Anda sudah dinaikkan namun Anda merasa kurang penting, Anda juga bisa mengajukan penurunan limit kembali. Contohnya jika limit kartu Anda semula 50 juta, dinaikkan menjadi 60 juta, Anda bisa tetap meminta limit semula senilai 50 juta. Tentu dengan di sertai alasan-alasan yang logis.

Nah, itulah sedikit ulasan seputar pertimbangan bank saat hendak menaikkan batas maksimum kartu kredit. Semoga bermanfaat dan selalu gunakan kartu kredit Anda dengan bijaksana dan penuh rasa tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *