Selasa, 16 Juni 2015

10 Makanan Dan Minuman Favorit Menu Takjil Buka Puasa

10 Makanan Dan Minuman Favorit Menu Takjil Buka Puasa. Saat Adzan Maghrib berkumandang, maka tibalah saatnya umat muslim untuk berbuka puasa. Jika kita cermati akan selalu ada hal menarik khusus dari apa yang telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia saat berbuka puasa, yaitu terbiasa mengkonsumsi takjil yang sebagian besar bercita rasa manis.

Rasa manis memang efektif untuk mengembalikan tenaga yang terkuras saat beraktivitas seharian. Meskipun lapar, namun hal yang perlu diingat saat berbuka puasa adalah tidak terlalu banyak saat mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Salah satu alasannya adalah supaya perut dapat beradaptasi dengan baik setelah seharian dikosongkan. Perut kosong yang secara tiba-tiba terisi penuh makanan berat dikhawatirkan dapat menyebabkan perut menjadi nyeri, sakit hingga berujung pada kram.

Nah, untuk menghindari permasalahan yang terjadi pada perut saat berbuka, maka berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman favorit untuk berbuka puasa yang bisa Anda pilih sebagai takjil.

1. Teh manis
Minuman ini tergolong minuman favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Selain simpel, hampir semua warung di pinggir-pinggir jalan memiliki minuman "darurat" bernama teh ini. Mulai dari yang manis sampai tawar, hangat hingga dingin, yang di gelas sampai yang disajikan di botol bahkan dari yang berbayar hingga teh manis gratis dibagikan di lampu-lampu merah jelang maghrib. Tinggal pilih saja mana yang Anda inginkan, yang berbayar atau yang gratis?.

2. Kurma
Selain di negara asalnya, Arab, kurma juga cukup populer disini sebagai salah satu "teman berbuka" yang setia. Meskipun kecil, namun jangan pernah sangsikan kedahsyatan buah padang pasir ini karena buah kurma mengandung zat garam mineral, kalsium dan potasium yang berfungsi untuk menetralisasi asam dalam lambung. Oleh sebabnya, kurma kerap menjadi salah satu pilihan favorit dalam urusan berbuka puasa.

3. Kolak
Tak lengkap rasanya jika berbuka puasa tanpa makanan manis yang satu ini. Bahkan, buat sebagian besar masyarakat Indonesia, kolak merupakan 1 dari 10 makanan buka puasa atau takjil yang wajib tersedia, terutama pada awal-awal bulan Ramadhan. Kolak pisang, kolak ubi dan kolak labu merupakan jenis-jenis kolak yang paling umum dan dikenal oleh masyarakat.

Meskipun agak kurang matching, tapi ternyata kolak juga kerap disajikan saat sahur lho. Terutama bagi mereka yang malas untuk makan nasi atau bangun sahur kesiangan maka kolak bisa jadi makanan alternatif yang cukup mengenyangkan juga. Nah, apakah Anda termasuk seorang penggemar makanan manis yang sering muncul saat bulan puasa ini?.

Menarik lainnya: #Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2015/1436H

10 Makanan Dan Minuman Favorit Menu Takjil Buka Puasa
10 Makanan Dan Minuman Favorit Menu Takjil Buka Puasa

4. Bubur kampiun
Meskipun namanya agak sedikit aneh, namun justru berbanding terbalik dengan rasanya. Makanan asal Minangkabau yang didaerah asalnya disebut dengan nama bubua kampiun ini selalu menjadi teman yang menyenangkan saat berbuka. Bubur kampiun merupakan hasil kolaborasi dari bubur sumsum, pisang, ubi, candil dan ketan yang kemudian disiram dengan campuran santan dan gula merah. Soal rasa, tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi.

5. Puding
Puding merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, berbuka dengan puding juga membuat perut jadi adem sehingga puding sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan lambung. Untuk semakin memperkaya rasa, puding juga bisa ditambahkan dengan fla, susu, butiran coklat dan topping lainnya.

6. Es cendol
Selain es buah, es cendol merupakan minuman yang cukup mendapatkan hati di kalangan penikmatnya. Hal ini bisa kita lihat di 10 sampai 15 menit jelang waktu berbuka. Biasanya pedagang-pedagang es cendol di kios maupun gerobak pinggir jalan sampai kewalahan menanggapi antrian order para calon pembeli yang sudah menunggu sejak lama.

7. Es sop buah
Ada sebagian orang yang mengklaim jika minuman buah dingin ini berasal dari Cirebon, namun tak sedikit juga yang mengatakan asalnya dari Bandung. Tapi darimana pun asalnya tentu itu tak jadi masalah karena yang terpenting adalah siap disantap jelang berbuka. Es sop buah memiliki bermacam-macam buah yang bersatu padu dan semakin kontras dengan kuahnya yang berwarna putih karena susu. Ditambah sedikit es, tentu minuman takjil ini siap untuk menggoyang lidah.

8. Bakwan dan gorengan
Berbuka ditemani minuman saja tentu tak akan cukup untuk mengganjal perut tanpa kehadiran yang makanan garing ini. Ya, gorengan bakwan aka bala-bala, gorengan pisang, tahu dan rekan-rekannya merupakan pengganjal perut yang efektif untuk mengembalikan kembali energi sebelum berangkat tarawih. Usai tarawih, baru kemudian menyantap makanan yang berat-berat lainnya.

9. Bubur sumsum
Jangan langsung berasumsi jika makanan lunak ini adalah makanan untuk bayi karena pada kenyataannya justru makanan ini untuk dikonsumsi oleh orang dewasa. Hampir sama dengan makanan favorit takjil lainnya yang memiliki tekstur lembut, bubur yang berbahan tepung beras ini namanya juga ikut melambung saat Ramadhan.  

10. Bubur kacang ijo dan ketan item
Makanan pilihan lainnya untuk berbuka adalah kacang ijo dan ketan item. Cara untuk menyantap makanan ini ada 3 macam, yaitu bisa di pisah kacang ijonya saja, ketan itemnya saja atau juga bisa di combine antara keduanya tergantung selera karena rasanya akan tetap sama saja.

Nah itulah 10 Makanan Dan Minuman Favorit Menu Takjil Buka Puasa yang bisa jadi pilihan Anda. Selain harganya murah, makanan dan minuman tersebut juga sangat gampang untuk didapatkan sehingga bagi Anda yang tak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri dirumah, maka tentu akan lebih mudah untuk langsung membelinya saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *