Sabtu, 02 Mei 2015

Ciri-ciri batu akik black jade atau giok hitam, khasiat, manfaat dan harganya

Ciri-ciri batu akik black jade atau giok hitam, khasiat, harga dan perbedaannya dengan black opal. Batu black jade atau yang dalam dunia gemologi disebut sebagai black nephrite jade mungkin tak sepopuler batu giok pada umumnya. Sebut saja seperti giok Aceh (giok Sumatera), giok Garut atau bahkan giok China yang namanya telah melegenda.

Meskipun tingkat kepopuleran maupun harganya berada dibawah batu giok jenis lain, namun batu yang berasal dari Desa Gayo, Propinsi Aceh ini konon memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan.

Bahkan saking terkenalnya batu ini sebagai media untuk kesehatan, maka batu ini pun mendapat julukan sebagai batu kesehatan.

Batu black jade Aceh memiliki formula mineral yang terdapat pada grup piroksen sebagaimana yang ditemukan juga pada batuan giok dan black opal dari Banten yaitu mineral silika dengan rumus formula (Ca, Na)(Mg, Fe2+, Al)Si2O6. Meskipun keluarga jade (jadeite) memiliki tingkat kekerasan yang kurang lebih hampir sama dengan black opal yaitu sekitar 6 mohs, namun batu akik black jade memiliki struktur batu yang jauh lebih rapat dan padat. Selain batu ini lebih tahan saat dibentuk, batu ini juga memiliki ciri warna hijau tua saat tertembus cahaya senter. Cahaya yang dipancarkan juga jauh lebih tua jika dibandingkan dengan giok hijau maupun black opal.

Batu giok hitam Aceh yang berwarna hitam legam seperti arang dan memiliki penampilan serupa black opal ini umumnya digunakan sebagai hiasan cincin, giwang, kalung, liontin atau gelang. Sebagaimana giok lainnya, black jade juga dipercaya dapat memberikan khasiat serta manfaat yang baik terhadap kesehatan, terutama masalah kesehatan yang berhubungan dengan ketenangan secara psikologis maupun emosional.

Ciri-ciri batu akik black jade atau giok hitam, khasiat, manfaat dan harganya
Bahan batu black jade (img credits: outbackmining.com)

Menarik lainnya: #Cara merawat batu black opal agar keluar kembang jarong

Selain itu, batu yang termasuk dalam keluarga giok ini juga dipercaya dapat memancarkan energi positif yang memiliki efek sangat baik bagi kesehatan jantung, kelancaran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh. Dan yang tak kalah pentingnya yaitu dapat menyerap racun dalam tubuh atau yang biasa disebut detoksifikasi.

Adapun cara membedakan batu black jade asli atau palsu sangatlah mudah. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan beberapa tetes cairan antiseptik (misalnya betadine) kedalam gelas kemudian tambahkan sedikit air hingga air terlihat berwarna seperti teh. Selanjutnya adalah memasukkan batu black jade ke dalamnya kemudian diaduk-aduk perlahan-lahan lalu perhatikan apa yang terjadi.

Jika batu giok hitam yang Anda miliki benar-benar asli, maka perlahan-lahan cairan akan kembali menjadi berwarna bening. Sedangkan apabila batu tersebut tidak asli atau black opal, maka warna cairan tidak akan memudar sebagaimana yang terjadi pada giok hitam atau dalam kata lain tidak terjadi efek apa-apa.

Ciri-ciri batu akik black jade atau giok hitam, khasiat, manfaat dan harganya
Batu black jade yang sudah dijadikan cincin

Menarik lainnya: #Tips dan cara membedakan batu akik asli atau palsu

Itulah salah satu keunikan dari batu black jade yang terbukti memiliki kemampuan untuk menyerap kandungan iodine atau yodium. Meskipun hingga saat ini belum ditemukan bukti literatur ilmiah yang menyebutkan secara otentik khasiat batu black jade untuk kesehatan, namun kandungan inframerah jauh atau Far Infrared (FIR) yang konon terdapat pada black jade telah terbukti memiliki begitu banyak manfaat kesehatan dalam dunia medis. Diantaranya seperti:


  • Menetralisir kandungan racun (detoksifikasi) yang terdapat dalam tubuh yang mampu mengurangi beban kerja organ hati dan ginjal
  • Mengaktifkan molekul air yang terdapat pada tubuh. Molekul air ini kemudian memiliki efek berantai terhadap meningkatnya cairan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari dehidrasi
  • Memperbaiki sirkulasi darah mikro dengan cara memperbesar jaringan kapiler yang mengalir ke jantung
  • Meningkatkan stamina dan metabolisme tubuh secara keseluruhan
  • Sinar inframerah jauh juga dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh, percepatan penyembuhan serta membentuk imunitas atau kekebalan tubuh terhadap bakteri serta kuman penyebab penyakit


Selain khasiat dan manfaat sinar inframerah jauh yang disebutkan diatas, sinar infrared jauh juga masih memiliki banyak khasiat lagi lainnya. Nah, sinar inframerah jauh ini pulalah yang juga disinyalir terdapat pada batu black jade. Teknologi Far Infrared pada saat ini juga telah dikembangkan di berbagai peralatan medis dan alat-alat kesehatan.

Menarik lainnya: #Khasiat dan manfaat batu akik menurut warnanya

Harga batu giok hitam dipasaran saat ini masih sangatlah terjangkau yaitu hanya berkisar ratusan ribu rupiah saja atau paling mahal seharga 1 atau 2 juta tergantung dari ukuran serta kualitasnya. Nah, bagaimana dengan Anda?. Apakah Anda tertarik untuk memiliki batu black jade setelah membaca ulasan tentang khasiat dan manfaat yang telah disebutkan diatas?.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *