Jumat, 15 Mei 2015

Cara menggunakan ATM setor tunai Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri

Cara menggunakan ATM setor tunai Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri. Meskipun mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jenis setor tunai (Cash Deposit Machine) ini sudah sejak lama dioperasikan oleh berbagai bank, namun tak dapat dipungkiri jika hingga saat ini ternyata masih banyak orang yang masih belum paham betul bagaimana cara mengoperasikannya, bahkan sebagian masyarakat masih sangat awam dalam menggunakan mesin ini.

Hal ini pula yang mengakibatkan pengoperasian ATM setor tunai menjadi tidak maksimal sehingga penggunaan ATM ini pun tidak sepopuler ATM jenis Tarik Tunai. Padahal pada kenyataannya, cara mengoperasikan ATM ini sangatlah mudah layaknya pengoperasian ATM Reguler yang biasa kita gunakan. Dan jika dilihat dari segi manfaat, ATM setor tunai juga tak kalah jika dibandingkan dengan ATM tarik tunai.

Beberapa manfaat dari ATM setoran tunai


Menabung tanpa harus antri
Ya, melalui ATM setor tunai Anda bisa menabung dengan lebih efisien dan lebih cepat karena tak perlu repot-repot mengantri di kasir bank (teller). Anda bisa melakukannya lewat setoran tunai di semua mesin ATM setor tunai.

Layanan 24 jam setiap hari
Tak seperti bank yang memiliki hari libur dan batas jam kerja, ATM ini bisa digunakan setiap hari selama 24 jam penuh pada hari apa pun termasuk hari libur.

Melakukan transfer ke sesama dan antar bank
Anda dapat menggunakan mesin ini untuk melakukan transfer ke sesama maupun antar bank di seluruh Indonesia.

Menarik lainnya: #Kode ATM Bersama seluruh bank di Indonesia 

Melakukan transaksi pembayaran secara online
Anda dapat melakukan berbagai jenis transaksi pembayaran dengan mesin ini secara online untuk berbagai keperluan diantaranya seperti tagihan listrik, gas, pembayaran langganan TV Kabel, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, PAM, Pajak, angsuran kendaraan, pinjaman bank, kartu kredit, pembelian tiket pesawat atau tiket kereta api, membeli pulsa, bayar BPJS dan berbagai jenis pembayaran lainnya.

Menarik lainnya: #Cara bayar BPJS lewat ATM

Selain beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari ATM setor tunai seperti yang telah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak lagi berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan adanya mesin setor uang tunai ini.

Cara menggunakan ATM setor tunai Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri
ATM Bersama Bank BCA

Cara menggunakan/mengoperasikan mesin ATM setor tunai


Bagi Anda yang pada saat ini masih belum familiar atau belum mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin deposit tunai atau Cash Deposit Machine ini, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam menggunakan ATM setor tunai.


  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  • Masukkan nomer PIN (Personal Identification Number) kartu Anda
  • Wadah penerima uang akan terbuka secara otomatis
  • Sebelum Anda mulai memasukkan lembaran-lembaran uang yang ingin disetorkan, pastikan jika Anda merapikan terlebih dahulu lembaran-lembaran uang yang ingin di setorkan dan jangan mencampur nominal dengan jumlah yang berbeda dalam mesin setor. Pisahkan antara lembaran uang 50 ribu dan 100 ribu rupiah.
  • Perlu Anda ingat jika mesin ATM ini hanya menerima nominal tertentu saja, yaitu lembaran uang 50 ribu rupiah dan 100 ribu rupiah dengan jumlah maksimal 50 lembar sekali setor
  • Saat uang dimasukkan, maka wadah akan tertutup dan mesin akan mulai menghitung jumlah uang yang Anda setorkan
  • Setelah mesin selesai menghitung, maka akan muncul jenis pilihan setoran pada layar, yaitu ingin disetorkan ke rekening sendiri atau rekening lain
  • Pilih salah satu dan tunggu hingga selesai dan Anda mendapatkan tanda terima atau struk
  • Selesai


Jika Anda ingin memastikan apakah uang yang Anda setorkan sudah masuk ke dalam rekening tujuan atau belum, maka Anda bisa langsung melakukan pengecekan lewat ATM, SMS Banking atau Internet Banking. Adapun batas maksimal/limit setor tunai setiap bank berbeda-beda, sebagai contoh misalnya limit setor tunai Bank BCA saat ini adalah 15 juta rupiah.

Meskipun sangat jarang terjadi, namun bisa saja terjadi permasalahan umum sewaktu menggunakan ATM setor tunai. Adapun kendala tersebut bisa saja disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah faktor teknis seperti misalnya tiba-tiba terjadi kerusakan pada mesin. Nah, jika hal-hal berikut ini terjadi pada Anda, jangan langsung panik karena sesungguhnya bisa Anda antisipasi dengan mudah.

1. Uang terselip dan ditolak mesin
Kemungkinan pertama adalah ada lembaran uang yang ditolak oleh mesin. Bisa saja permasalahan ini terjadi karena kondisi uang yang sudah tidak layak, lecek, kotor, tidak rata, tertekuk dan lain sebagainya. Solusinya adalah mencoba untuk merapikan uang tersebut lalu mencoba menyetorkannya kembali. Apabila ternyata masih ditolak, maka berarti uang tersebut harus diganti dengan lembaran uang baru.

2. Uang tertelan dan transaksi dibatalkan
Meskipun kemungkinannya sangat kecil, namun hal ini bisa saja terjadi. Nah, jika sesaat setelah Anda setor kemudian tiba-tiba terjadi kesalahan teknis seperti layar error yang mengakibatkan uang tertelan dan transaksi dibatalkan, maka janganlah panik. Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mencatat nomer ID atau nomer identifikasi ATM yang selalu tertera di bagian depan mesin ATM kemudian hubungi call center dari bank yang terkait. Nomer customer service Mandiri Call 14000 / 52997777, Halo BCA 500888, Call BRI 57987400 / 500017, BNI Call 500046. Segera telpon dan ceritakan kronologis kejadian yang Anda alami.

Biasanya proses pengembalian uang ke rekening Anda akan dilakukan oleh pihak bank setelah 7-14 hari kerja setelah pelaporan dilakukan. Selama rentang waktu tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan ke ATM terdekat untuk melihat apakah saldo yang Anda miliki sudah bertambah.

3. Transaksi selesai, kartu ATM tertelan
Sama sepeti halnya jika uang tertelan, maka Anda pun bisa langsung melaporkan ke pihak bank yang terkait apabila kartu ATM Anda tertelan untuk kemudian melakukan proses pemblokiran kartu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai tata cara menggunakan ATM setor tunai atau Cash Deposit Machine sekaligus informasi tambahan apabila terjadi masalah teknis saat Anda setor tunai. Jika Anda menilai artikel ini cukup bermanfaat dan mungkin sewaktu-waktu membutuhkannya kembali, Anda dapat dengan mudah melakukan bookmark halaman ini dengan cara menekan CTRL+D pada keyboard laptop yang Anda gunakan. Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *