Minggu, 03 Mei 2015

Cara cicil emas (logam mulia) di Pegadaian Syariah, simulasi kredit emas dan keuntungannya

Simulasi kredit emas dan cara mencicil emas di Pegadaian Syariah serta keuntungannya. Mungkin banyak dari Anda yang pernah mendengar atau mendapati rekan, saudara, tetangga atau bahkan sahabat Anda yang memiliki kepemilikan emas di Pegadaian dengan cara di cicil atau kredit.

Sebagaimana kita ketahui bahwa emas merupakan salah satu investasi yang dinilai paling menguntungkan disamping investasi lain seperti reksadana, deposito, rumah, asuransi dan berbagai macam investasi lain.

Selain memiliki nilai investasi yang terus menerus bergerak naik, emas juga memiliki nilai tambah tersendiri karena kerap dijadikan sebagai simbol kemakmuran, kekayaan sekaligus kejayaan yang dapat meningkatkan seseorang dari segi status sosial.

Bagi Anda yang ingin memiliki investasi emas di Pegadaian dengan cara di cicil pada saat ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda dapat dengan mudah datang secara langsung kantor Pegadaian yang terdekat untuk memilih logam mulia yang diinginkan, membayar uang muka (DP), menentukan jumlah tenor serta jumlah angsuran yang dikehendaki dan emas pun bisa Anda miliki di kemudian hari. Selain mendatangi secara langsung ke outlet kantor Pegadaian, kredit emas juga dapat Anda lakukan secara online dengan mengakses ke situs website Pegadaian.

Dan melalui artikel ini, berjibaku.com akan memberikan informasi lengkap mengenai bagaimana cara mencicil emas di Pegadaian, prosedur atau tahapan yang harus dilakukan, apa saja keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan kepemilikan emas atau logam mulia serta sejumlah alasan-alasan kuat mengapa investasi emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat.

Simulasi kredit emas (logam mulia) dan cara mencicil emas di Pegadaian Syariah serta keuntungannya
Ilustrasi: Cicil emas di Pegadaian (img credits: kabarbisnis.com)

Cara kredit/cicil emas di Pegadaian Syariah


Prosedur kredit emas secara offline atau datang langsung ke kantor Pegadaian:

  • Untuk sistem pembelian emas secara tunai, Anda bisa langsung datang ke kantor Pegadaian terdekat dan membayar sejumlah nilai logam mulia yang diinginkan. Setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan surat bukti pembayaran serta sertifikat, maka emas pun bisa langsung dibawa pulang.
  • Bagi nasabah yang ingin memiliki emas dengan sistem di cicil, maka Anda dapat menetapkan jumlah emas yang ingin diambil, membayar sejumlah uang muka yang besarannya antara 20% hingga 45% dari nilai emas yang dikehendaki kemudian menentukan berapa lama waktu cicilannya atau yang disebut tenor. Adapun besaran cicilan sangat tergantung dari jumlah tenor yang diambil. Semakin lama tenor maka semakin kecil pula jumlah angsurannya, begitupun sebaliknya, semakin pendek tenornya maka semakin besar pula jumlah cicilan yang Anda harus bayarkan.


Prosedur kredit emas secara online atau via website Pegadaian:

  • Bagi Anda yang ingin membeli emas di Pegadaian secara online via internet, maka dapat langsung masuk ke halaman website Pegadaian yang beralamat di http://www.pegadaian.co.id/.
  • Tahap selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran atau registrasi kemudian Anda tentukan jumlah emas serta cicilan yang dikehendakai kemudian melakukan pembayaran yang dilakukan secara online melalui fasilitas simulasi emas yang disediakan di halaman Pegadaian yang beralamat disini http://www.pegadaian.co.id/simulasi-pembiayaan-mulia.php. Adapun cara pembayaran emas secara online di Pegadaian dapat dilakukan dengan sistem Multi Pembayaran Online yang dapat Anda lihat disini http://www.pegadaian.co.id/pegadaian-MPO.php.
  • Tahap selanjutnya yang sekaligus menjadi tahap akhir adalah menentukan lokasi pengambilan emas di Pegadaian Galeri 24 yang Anda inginkan.


Kepemilikan logam mulia dibagi menjadi 3 (tiga) golongan yang dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel pembiayaan kredit logam mulia Pegadaian
Tabel pembiayaan kredit logam mulia Pegadaian (img credits: pegadaian.co.id)

Keuntungan berinvestasi emas atau logam mulia:


1. Emas memiliki tingkat keamanan yang tinggi (Security)
Menabung di bank mungkin menguntungkan, akan tetapi sebagian besar bank menerapkan potongan tabungan untuk biaya administrasi dengan pajak bunga di kisaran angka 20%. Selain itu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dari pemerintah juga hanya memberikan jaminan perlindungan (coverage) sebesar 100 juta rupiah per-rekening tabungan yang dimiliki nasabah.

2. Harga emas cenderung naik dan relatif terlindung dari inflasi maupun deflasi (Protection)
Mata uang rentan dengan inflasi dan deflasi yang cenderung kurang stabil. Selain aman, investasi emas juga memberikan perlindungan serta keuntungan yang besar di masa yang akan datang. Menurut penelitan, harga emas akan naik sekitar 13% jika terjadi inflasi 10%. Dengan mengacu pada laju inflasi global/dunia yang rata-ratanya adalah 2% sampai 3% pertahun, maka bisa diasumsikan jika inflasi berada di kisaran 20% harga emas akan naik menjadi 30% dan bila inflasi hingga 100% maka harga emas pun akan naik 3x lipatnya yaitu sebesar 300%.

Dengan laju inflasi rata-rata yang terjadi di Indonesia sebesar 6%, maka bisa dipastikan emas akan mengalami kelonjakan harga sebesar 50% dalam jangka waktu 5 tahun kedepan. Dengan hitung-hitungan secara kasar saja investasi emas dinilai jauh lebih unggul dari segi keuntungan jika dibandingkan dengan deposito yang hanya memiliki rata-rata prosentase keuntungan sebesar 30% selama 5 tahun dipotong pajak.

3. Emas gampang untuk dilakukan pencairan (Liquiditas Tinggi)
Jika dibandingkan dengan investasi lainnya seperti properti, kendaraan, deposito, obligasi, reksadana atau saham atau asuransi, emas lebih cepat untuk dicairkan. Jika Anda membutuhkan dana cepat, maka Anda dapat mencairkan emas di banyak tempat dari mulai Pegadaian, toko emas, lembaga keuangan, toko gadai dan banyak lagi tempat-tempat lainnya untuk mencairkan emas. Investasi lain disamping emas biasanya memerlukan waktu lebih dari sehari untuk dicairkan, selain itu peminatnya juga terbatas mengingat investasi lain selain emas memiliki kemungkinan resiko penyusutan dari segi nilai dan juga harga jual kembali.

4. Emas sebagai investasi yang menguntungkan di masa depan (Profitable)
Jika mengacu pada grafik kenaikan emas yang diambil dari tahun 2001 hingga 2015, maka harga logam mulia murni pada tahun 2001 berada di kisaran angka rata-rata USD 272 / troy ounce = 31,103 gram. Dan hingga Mei 2015 harga emas telah berada di kisaran harga USD 1.179 / troy ounce dan terus menunjukkan grafik kenaikan yang positif.

Menarik lainnya: #Investasi paling menguntungkan tahun ini dan di masa yang akan datang

5. Emas mudah untuk dipindahkan (Simple dan Portable)
Bayangkan jika Anda ingin memindahkan uang sebesar 500 juta rupiah dari bank ke deposit Anda yang ada dirumah. Mungkin Anda akan membutuhkan kendaraan lapis baja atau pengawalan mengingat resikonya yang tinggi serta ruangan yang besar untuk menaruhnya. Namun jika di konversi menjadi batang emas, maka hanya diperlukan sekitar 1 kilogram untuk memiliki nilai yang sama. Selain itu juga bisa dipecah menjadi 4 bagian yang muat di amplop atau bahkan kantong celana Anda.

6. Emas merupakan logam yang kuat, tahan lama dan tahan berbagai kondisi (Durable)
Selain beberapa keuntungan yang telah di jelaskan dalam poin-poin sebelumnya, emas juga memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan tahan di dalam berbagai kondisi. Jika rumah, kendaraan atau surat-surat berharga yang Anda miliki rentan terhadap air, kebakaran, kelembaban, cuaca dan segala bentuk kerusakan lainnya maka tidak demikian dengan emas. Logam mulia ini tahan hampir terhadap apa pun bentuk korosi termasuk terhadap karat, api dan penyimpanan dalam waktu yang amat sangat lama.

7. Emas dapat dimiliki oleh perorangan dan dikelola sendiri (Ownership dan Stewardship)
Meskipun dalam jumlah besar, emas dapat dimiliki oleh perorangan dan dapat dikelola sendiri sesuai dengan keinginan pemiliknya. Namun yang mesti diperhatikan adalah tempat menyimpannya. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman atau bisa juga dengan cara menyimpannya di bank dengan menggunakan kotak deposit pribadi.

8. Kepemilikan emas bersifat sangat pribadi (Secrecy dan Privacy)
Tak seperti investasi lainnya yang dapat dilacak dan ditelusuri kepemilikannya dengan mudah seperti properti, kendaraan, rekening bank, saham, surat-surat berharga, obligasi, deposito, asuransi dan sebagian besar investasi pada umumnya, namun tidak demikian halnya dengan emas. Emas bersifat sangat pribadi sehingga berapa gram atau berapa banyak batang-batang emas yang Anda miliki hanyalah diketahui oleh Anda sendiri.

Menarik lainnya: #Pengertian asuransi dan perkembangannya di Indonesia

9. Emas memiliki tingkat resiko yang sangat rendah (Low Risk)
Resiko emas terbilang amat sangat kecil jika dibandingkan dengan investasi lain. Resiko terbesar dari kepemilikan emas hanyalah hilang, dicuri atau dirampok. Oleh sebabnya penyimpanan serta penempatan emas dengan menggunakan deposit boks di bank sangatlah disarankan karena emas Anda akan jauh lebih aman dan dijamin oleh bank. Meskipun pemilik akan dibebankan biaya penyimpanan, namun jika dibandingkan dengan keuntungannya yang mencapai lebih dari 250% selama 7 tahun terakhir atau 37% pertahunnya, maka tentu biaya tersebut relatif sangat kecil.

10. Kepemilikan emas bebas pajak dan administrasi (Tax dan Admin Fee Free)
If you choose fine gold, fee become free. Mungkin kalimat itu menjadi jaminan bahwa investasi emas menjadi salah satu investasi paling menguntungkan sepanjang jaman. Berbeda dengan investasi properti, kendaraan, surat tanah dan lainnya yang selain bisa mengalami penyusutan juga dibebankan pajak bulanan, pajak tahunan lengkap dengan biaya administrasi, maka tidak demikian dengan emas karena emas bebas pajak dan biaya administrasi.

11. Emas lambang keindahan, kejayaan dan kebanggaan (Beauty, Prosperity dan Pride)
Emas merupakan salah satu logam berharga terbaik yang pernah ditemukan di sepanjang peradaban manusia dari jaman dahulu kala hingga saat ini. Emas juga dinilai dapat menjadi simbol sejati dari kejayaan, kekayaan, kebanggaan, kemurnian, kehormatan serta representasi dari keindahan yang bernilai seni tinggi.

Dengan semua manfaat serta keuntungan yang dimiliki oleh emas, maka tentu tidaklah salah kiranya jika Anda mulai berpikir mengenai investasi menguntungkan yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda memiliki komentar seputar topik pembahasan ini?. Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tentang Berjibaku

Selamat datang di Berjibaku, blog yang menyediakan ragam informasi menarik dari dalam maupun luar negeri. Berjibaku menyediakan berbagai artikel dengan tema lifestyle, unik, karir, hubungan asmara, otomotif, motogp, teknologi, wisata, hiburan dan umum.

Semoga waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel-artikel di blog ini menjadi waktu-waktu yang menyenangkan dan menghibur.

Salam,
Admin

Ikuti via email

Kontak Admin

Nama

Email *

Pesan *